Kelebihan dan Kekurangan Hosting Terbaik Gratis

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa kelebihan dan kekurangan dari hosting gratis. Sepertinya cukup menarik jika kita membandingkan kelebihan dan kekurangan hosting gratis dengan hosting berbayar. Dengan demikian, kita bisa menentukan dan memilih hosting terbaik yang cocok untuk website atau blog kita.

Memangnya ada hosting gratis? Apa definisi hosting gratis? Seperti yang sudah kita ketahui bersama adalah tempat meletakkan atau menyimpan data atau file untuk website atau blog Anda. Terutama bagi Anda yang menjalankan website atau blog untuk berbisnis.

Pada umumnya, hosting adalah sebuah layanan berbayar yang banyak jenisnya. Lalu adakah hosting gratis? Ada, saat ini kita ketahui ada dua perusahaan penyedia hosting gratis paling populer di dunia dan paling banyak digunakan, yaitu blogger dan wordpress.

Sedangkan contoh hosting murah berbayar diantaranya adalah idwebhost, masterwebnet, dan sebagainya. Lalu apa kelebihan hosting gratis ketimbang hosting berbayar?

Meskipun gratis, tetapi hosting gratis ternyata memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan hosting berbayar. Dan bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging, pasti Anda sudah merasakan beberapa kelebihan berikut ini:

1. Gratis!

Namanya juga gratis, jadi Anda sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya sewa sepeserpun untuk menggunakan hosting tersebut.

2. Bebas Biaya Perawatan

Mungkin bagi para pengelola hosting berbayar cukup sering mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah serangan hacker. Dan biasanya setelah itu Anda membutuhkan perawatan yang pasti mengeluarkan biaya. Sedangkan untuk hosting gratis seperti wordpress ataupun blogger, sangat jarang terkena masalah-masalah seperti itu.

3. Lebih Handal

Untuk memilih hosting terbaik, Anda tentu ingin memilih hosting yang lebih handal, bukan? Handal dalam bidang apa? Perhatikan beberapa poin penting berikut:

Loading lebih cepat

Bagi Anda para pengguna hosting berbayar, mungkin Anda akan merasakan situs Anda mengalami “lola” atau loading lama ketika situs Anda semakin banyak dikunjungi. Dengan demikian, beban server akan semakin berat dan pasti loading halamannya menjadi makin lambat. Namun jika Anda menggunakan layanan gratis seperti blogger ataupun wordpress, hal ini akan sangat jarang terjadi.

Uptime

Sampai saat ini blogger ataupun wordpress sangat jarang sekali mengalami server down dan membuat semua situs blogger ataupun wordpress menjadi tidak bisa dibuka. Dan bahkan ada fakta yang mengatakan bahwa server blogger belum pernah mengalami down.

Space dan bandwidth 

Apa itu bandwidth? Penjelasan sederhananya, bandwidth adalah besarnya file yang bisa diunduh dari sebuah website atau blog dalam satu bulan. Dan hosting terbaik seharusnya memiliki bandwidth yang besar.

Selain memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan hosting berbayar, hosting gratisan ternyata juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan, diantara-nya ;

1. Fasilitas yang terbatas
Jika dibandingkan dengan hosting berbayar, tentu saja fasilitas yang dimiliki oleh hosting gratisan masih berada di bawahnya.

2. Terms of Service yang Ketat
Karena gratis, biasanya hosting gratisan memiliki aturan-aturan yang lebih ketat dibandingkan dengan hosting berbayar.

3. Kurang Profesional
Ketika menggunakan hosting gratis, pasti Anda akan menemukan embel-embel lain di belakang nama situs Anda, seperti .blogspot.com atau .wordpress.com sehingga terlihat kurang profesional.

Dan demikian penjelasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari hosting gratis. Semoga setelah ini Anda bisa memilih hosting terbaik untuk website atau blog Anda. Semoga bermanfaat.