Software Gratis Untuk Membuat Sebuah Video Tutorial

Software gratis untuk membuat video tutorial memang sangat diperlukan jika anda suka membuat sebuah video dengan kreasi dan efek suara sendiri. Apalagi jika anda suka berbagi ilmu di Youtube maka memiliki sebuah aplikasi untuk membuat sebuah video tutorial tersebut sangat dianjurkan.

Aplikasi gratis membuat video memang telah banyak dibagikan oleh para developer atau penyedia ruang download software demi membuat sebuah video tutorial ini, sehingga anda dapat meghemat biaya tanpa harus membeli aplikasi untuk membuat sebuah video tutorial, karena dapat di download dengan gratis.

Karena banyaknya jenis aplikasi gratis ini, maka anda sebaiknya mengetahui beberapa fungsi dan kelebihan serta kekurangan dari setiap masing-masing aplikasi video tutorial ini. Aplikasi yang sedang trend dan banyak dipilih oleh para pembuat video tutorial akan kami jelaskan di bawah ini.



Beberapa Software Gratis Untuk Membuat Sebuah Video Tutorial


Berikut beberapa software gratis untuk membuat video tutorial yang dapat anda download dan instal di PC anda. 


1. Free screen video recorder

Aplikasi gratis membuat video satu ini mampu merekam semua aktifitas yang ada di layar laptop anda, kemudian dapat anda simpan menjadi sebuah file video, dapat di burn CD atau DVD, dan juga dapat diupload ke Youtube.

Ukuran file : 20 MB

2. CamStudio

Camstudio fungsinya hampir sama dengan aplikasi yang ada pada nomor 1, hasil resordnya adalah AVI dan SWF yang sangat cocok untuk presentasi tutorial di website ataupun streaming video.
Ukuran file: 4.3 MB

3. Wink

Aplikasi ini juga dapat membuat video presentasi atau tutorial, akan membuat penjelasan anda lebih detail, dapat menambah kotak  suara, teks dan sangat mudah untuk digunakan.

Ukuran filenya : 3.20 MB

4. Ezvid

Aplikasi ini bukan sekedar video screen record saja, sebab aplikasi ini memiliki kelebihan yang lengkap dengan kemampuan editing video juga. Jadi, untuk anda yang mencari sebuah software screen cast untuk menunjang presentasi ataupun untuk membuat video tutorial maka program aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan.

Ukuran file : 80 MB

5. Aplikasi : Jing

Aplikasi Jing screenshot memiliki fungsi yang sama dengan yang lainnya, namun dengan aplikasi satu ini anda akan lebih mudah berbagi hasil video buatan anda ke teman-teman yang lain.

Ukuran file : 7.7 MB

6. Aplikasi video tutorial bandicam

Aplikasi bandicam ini hanya tersedia untuk anda yang membutuhkan kualitas video yang mendekati dengan aslinya. Kemampuan Bandicam juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan fraps dala hal merekam screencast viedo dekstop juga akan menampilkan video yang berkualitas tinggi.

Ukuran file : 6.24 MB

Itulah beberapa software gratis untuk membuat video tuturial yang banyak digunakan oleh para master tutorial yang ada di internet. Semogga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.