5 Tips Dan Cara Membuat Grafitti Dengan Profesional

Setiap manusia pastilah memiliki keahlian dan hoby di dalam dirinya. Keahlian dan hoby ini bisa digali dan dimanfaatkan untuk mendapatkan uang jika memang mau. Salah satu jenis keahlian tersebut ialah membuat grafitti. Banyak anak muda yang memiliki keahlian ini. Tidak sedikit pula yang melakukannya hanya untuk sekedar hoby saja.

Tulisan grafitti banyak kita temui di tembok-tembok sepanjang jalan yang kerap kali dijadikan ajang membuat grafitti oleh anak muda. Grafitti sendiri merupakan teknik seni menulis pada sebuah dinding. Dahulu banyak yang beranggapan bahwa mereka yang membuat grafitti di tembok adalah anak-anak jalanan. Di Negara Amerika, membuat grafitti dialokasikan pada sebuah tempat khusus supaya para grafittor dapat berekspresi sepuasnya tanpa harus merusak lingkungan. Nah, kali ini saya akan memberikan anda cara membuat grafitti yang bisa anda ikuti untuk membuat sebuah grafitti yang menarik.

5 Tips Dan Cara Membuat Grafitti Dengan Profesional


Tips dan Cara Membuat Grafitti


1. Menemukan Referensi

Tips membuat grafitti yang pertama yakni anda harus menemukan sebuah referensi untuk diri anda. Cobalah cari sebuah contoh tulisan grafitti, anda bisa menemukannya di tembok perumahan tinggi. Jika tidak ada anda bisa melakukan perjalanan ke kota untuk menemukannya. Jika tidak mungkin melakukan perjalanan anda bisa menemukan contohnya di internet, ada banyak sekali contoh tulisan grafitti. Anda harus melihatnya satu persatu, lihatlah dan rasakan sampai anda menemukan karakteristik dari grafitti.

2. Memulainya

Cobalah untuk menuliskan sebuah kata di selembar kertas. Anda bisa membuat kata apapun, salah satu kata yang paling sering diguankan dalam tulisan grafitti adalah sebuah nama. Anda bisa mencoba menuliskannya dengan menggunakan huruf kapital semuanya. Gunakanlah sebuah pensil serta gambarlah seringan mugnkin supaya juga mudah menghapusnya. Sisakan juga sedikit ruang di antara hurufnya, anda bisa memperluas hurufnya nanti.

3. Memilih Gaya

Langkah cara membuat grafiti selanjutnya yakni memilih gaya. Pilihlah gaya yang anda suka. Huruf Bubble sekarang ini sedang populer di kalangan grafittor, namun masih banyak gaya lainnya. Anda bisa memilih gaya tepi tajam atau bulat, beberapa hurup besar dan kecil atau gaya lainnya. Sebagai pemula anda bisa memilih salah satu contoh gambar grafitti sebagai referensi yang bisa anda contoh gayanya. Hal ini bisa membantu anda dalam mengembangkan gaya milik anda sendiri secara alami.

4. Variasi Ketebalan

Setiap tulisan grafitti memiliki variasi ketebalannya masing-masing. Anda bisa memperkirakan sendiri bayangan serta efek 3D seperti garis menipis dan menebal di tempat yang berbeda. Gunakanlah pensil untuk melakukannya, setelah dirasakan sudah pas barulah bisa menggunakan sebuah spidol atau tinta. Dengan langkah ini berarti anda sudah mendapatkan ide untuk variasi ketebalan tulisan grafitti anda.

5. Tambahkan Warna

Setelah semua proses pembuatan grafitti selesai anda buat, tambahkanlah warna sesuai dengan keinginan anda. Pilihlah warna yang pas sehingga grafitti anda menarik untuk dilihat.


Nah, demikianlah cara membuat grafitti untuk pemula.