6 Tips Cara Sablon Kaos Dengan Mudah

Cara sablon kaos sebenarnya susah-susah gampang, mengapa ? karena jika kita sudah mempunyai bahan dan alat-alatnya dengan lengkap maka proses pengerjaannya pun menjadi lebih cepat. Namun bagaimana cara sablon yang bagus ? yang pasti dibutuhkan kesabaran dan juga keuletan dalam pembuatannya, karena jika kita tidak sabar maka hasil sablon pun akan berantakan. Lalu bagaimana cara sablon kaos agar terutama bagi yang baru saja memulai usaha ? jika anda seorang pemula dalam membuat kaos maka perhatikanlah cara-cara berikut ini.

6 Tips Cara Sablon Kaos Dengan Mudah

Bagaimana Cara Mudah Sablon Kaos ?


1. Membuat Desaign Atau Gambar Kaos

Salah satu cara sablon kaos adalah membuat gambar atau desainnya terlebih dahulu, caranya siapkan desain kaos yang akan disablon, lalu editlah menjadi film sablon atau klise film sablon berdasarkan masing-masing warna. Separasi warna tergantung desain kaosnya ya guys, baik itu berupa sablon vendor maupun raster, anda bisa mengeditnya dengan coreldraw ataupun photoshop.

2. Proses pra afdruk

Tahapan yang satu ini meliputi persiapan screen dan juga pembersihan, siapkanlah alat-alat sablon yang anda butuhkan seperti kain spon, sabun cuci, dan juga air, setelah itu cucilah screen sablon menggunakan sabun dan juga air lalu lap dengan kain spon yang sudah disiapkan tadi. Setelah bersih maka keringkan screen tadi dengan cara menjemurnya dibawah sinar matahari atau sinar lampu agar cepat kering.

3. Tahap afdruk

Nah  pada tahap ini kita memberikan obat, pencucian obat pada screen dan juga proses pembakarannya, caranya siapkan alat-alat obat afdruk, alat perata screen atau penggaris, screen, kipas, lalu campurkan obat afdruk yang berwarna putih dan merah kemudian masukkan sedikit demi sedikit saja pada screen dan ratakan dengan tipis. Setelah itu keringkan screen dengan kipas angin dan tidak boleh terkena sinar matahari ya guys.

4. Proses pembakaran screen

Dalam proses ini maka anda harus menyiapkan desain kaos yang sudah di edit, kaca, screen, busa screen dan juga papan, caranya ambillah papan dan taruh busa diatas papan tersebut kemudian ambil screen yang sudah disiapkan dan taruh screen tersebut. Letakkan gambar yang sudah diedit dan tempelkan diatas screen dengan rapi namun sebelum menempelnya oleskan minyak goreng terlebih dulu agar kertas pada gambar bisa tembus sinar, jika sudah selesai maka taruhlah kaca diatas screen dan sinari screen dengan sinar matahari selama 20 detik, setelah itu cucilah untuk membersihkan bekas obat. Biasanya saat pencucian menggunakan alat penyemprot.

5. Tahap sablon

Dalam tahap ini anda harus mengambil screen kemudian taruh kain yang akan disablon diatas meja dan tuangkat cat secukupnya lalu gesut dengan rakel.

6. Finishing

Pada tahap cara sablon kaos yang terakhir ini kaos dipress dengan menggunakan setrika untuk menghilangkan kadar air yang ada dalam cat sablon.

Demikianlah tadi beberapa cara sablon kaos yang mungkin bisa anda praktekkan dirumah anda, namun kembali lagi pada diri anda masing-masing, jika anda berniat untuk membuat sablon kaos maka anda harus bersabar dan ekstra hati-hati dalam pembuatannya.