Cara Membuat Blog di Blog.com

Pada artikel sebelumnya, saya telah membuat tutorial mengenai cara membuat email baru di gmail, yahoo mail dan outlook. Kalau fungsi email sudah pada tahu kan? salah satunya untuk membuat akun sosial media seperti facebook dan sejenisnya. Sosial media sudah tidak asing lagi bagi kita semua dalam membuat akun ataupun penggunannya.

Selain untuk membuat akun sosial media, Anda bisa menggunakan email untuk membuat akun blog. Pengertian blog menurut wikipedia merupakan singkatan web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blog yang paling populer adalah blog dari blogger.com kemudian disusul oleh wordpress.com.

Mereka memberikan pelayanan blog gratis bagi para penggunanya, ada pula yang berbayar. Pada kali ini, saya akan memperkenalkan layanan blog gratis lainnya yaitu blog dari blog.com. Seperti layanan blog gratis lainnya, sebelum menggunakan ataupun membuat akun di blog.com harus mendaftar terlebih dahulu. Bagaimana cara membuat akunnya dan bagaimana cara membuat blog di blog.com?
Saya akan membahasnya hingga Anda pun bisa mencoba untuk membuat blog dari blog.com. Oleh karena itu, simak tutorial berikut ini :
  1. Anda harus memiliki alamat email yang aktif dan bisa dikirimi email aktivasi akun blog.com.
  2. Silakan kunjungi situs blog.com, Anda akan dibawa ke halaman web dari blog.com
  3. Pilih Sign up untuk memulai membuat blog gratis dari blog.com
  4. Isi form pendaftaran pada kolom alamat email aktif Anda, isi kolom password, masukkan kode verifikasi dan beri tanda pada "Gimme a blog!". Jika sudah diisi dengan lengkap silakan tekan klik tombol "next".
  5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat url blog dan nama blog. Jika nama blog yang Anda inginkan sudah digunakan oleh orang lain bisa mengganti dengan nama lain yang tersedia. Apabila nama url blog tersedia (untuk yang gratis gunakan url dengan domain (.blog.com), silakan beri nama blog Anda. Jika sudah silakan "Create Blog".
  6. Jika ada penawaran untuk upgrade blog, silakan Anda pilih yang "Blog for Free" saja.
  7. Jika sudah sampai tahap ke-6 dan memilih blog gratis, maka pada tahap ini berarti sudah sukses membuat blog dari blog.com. Silakan cek email Anda untuk melihat email aktivasi dari blog.com.
  8. Finish