Apa Itu E-commerce JD.ID?

Dewasa ini kemudahan dalam segala hal sangat membantu kita. Meskipun selalu dibarengi dengan dampak positif dan negatifnya. Terlepas dari itu kemajuan teknologi khususnya dalam jasa jual beli yang dilakukan secara online sungguh sangat berkembang secara cepat. Tak dipungkiri makin banyaknya situs jual beli  online baik lokal maupun internasional. Inilah yang menjadi pemikiran yang ada di benak usahawan guna kemajuan bisnisnya.

Baik untuk mengulas lebih lanjut apa sebenarnya E-commerce JD.ID? Saya akan mengawalinya dengan apa yang dimaksud dengan E-commerce dan apa manfaatnya? E-commerce merupakan Electronic Commerce yang secara harfiah berarti Perdagangan Elektronik. Dimana sejatinya E-commerce adalah suatu kegiatan transaksi jual beli dengan media elektronik misalnya gadget atau komputer yang terhubung dengan internet.



Adapun manfaat dari E-commerce secara garis besar antara lain:


  1. Memudahkan kita dalam pembayaran.
  2. Tak terhalang tempat dan waktu, karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  3. Bisa lebih menghemat waktu dan biaya dalam perjalanan.
  4. Memudahkan kita dalam pencarian produk sehingga bisa lebih cepat
Dari ulasan diatas kita lebih bisa memiliki pandangan singkat untuk inti dari pembahasan kali ini. E-commerce JD.ID merupakan E-commerce raksasa yang berasal dari Tiongkok, dimana perusahaan ini didirikan oleh Richard Liu tepatnya pada Juli 1998. Ya meniliki dari tahun berdirinya perusahaan ini sudah lama malang melintang di dunia retail e-commerce. Dimana pada tahun 2004 ia mulai masuk ke ranah retail online dengan nama Jingdong Mall yang semula hanya menjual barang-barang magneto-optical lalu ia mendiversifikasi jualannya ke berbagai produk lain misalnya elektronik, smartphone, komputer dan lain sebagainya.

Sehingga pada tahun 2007 berubah namanya menjadi 360buy.com dan pada tahun tahun 2013 resmi berubah menjadi JD.com. Pada akhirnya perusahaan ini  menjadi perusahaan e-commerce terbesar ketiga dunia setelah Amazon dan Ebay. Sungguh hasil yang fantastis, bahkan pesaingnya yang juga berasal dari China yaitu Alibaba telah dikalahkannya.

Bahkan sekarang JD.com telah masuk ke Indonesia dengan domain JD.id. Dan tentulah menjadi pesaing berat bagi para pengusaha E-commerce lokal. Namun jadikanlah ini semua menjadi pemacu untuk menggairahkan pergerakan ekonomi di Indonesia.

Semoga penjelasan singkat di atas bisa menjadi bahan referensi anda. Terima kasih.