Sebentar Lagi Facebook Akan Menghapus Foto dan Video, Disarankan Memakai Moments

Wow benar tidak ya berita ini? Atau cuma isu belaka? Kenyataanya berita ini benar adanya dimana Facebook baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menghapus semua foto yang ada di sinkronisasi foto. Tepatnya Facebook akan melakukannya pada tanggal 7 Juli 2016.



Mungkin untuk sebagian pengguna tidak akan memiliki pengaruh untuk mereka. Namun, untuk yang menyimpan foto-foto penting penuh kenangan tentulah ini menjadi masalah untuk mereka. Oleh sebab itu Facebook menyarankan untuk menggunakan aplikasi Moments. Nantinya pihak Facebook akan mengirim sebuah email kepada seluruh pengguna yang mengharuskan para pengguna untuk memasang aplikasi Moments.

Jika kita ingat sebelumnya pada tahun 2012 silam, Facebook pernah meluncurkan fitur serupa yang bernama Photo Sync atau sinkronisasi foto dimana fitur khusus ini memungkinkan untuk para pengguna langsung melakukan sinkronisasi gambar dari ponsel ke album pribadi di Facebook atau yang disebut "Synced from phone". Sinkronisasi foto memungkinkan pengguna untuk melihat-lihat kembali foto yang pernah diposting sebelumnya. Sehingga para pengguna bisa  menikmati foto lama mereka tanpa harus membuang lebih banyak ruang di memori penyimpanan ponsel.

Itu sebabnya jika Facebook menghapus fitur sinkronisasi foto maka semua foto yang pernah tersimpan di platform tersebut juga secara otomatis akan terhapus. Jadi itu artinya para pengguna Facebook tidak akan bisa lagi melihat foto-foto kenangan yang ada pada Facebook. Sehingga untuk menyelamatkan semua foto penting yang ada pada akun Facebook anda, perusahaan jejaring sosial Facebook menyarankan para penggunanya untuk segera mulai memback-up atau menyimpannya di tempat penyimpanan lain dan mulai mendownload ke komputer pengguna. Atau dengan solusi lain yaitu dengan mendownload dan memasang aplikasi Moments milik Facebook.

Sebenarnya aplikasi Moments ini sudah diluncurkan sejak Juni tahun lalu dimana Facebook menilai aplikasi ini berguna untuk mengoptimalkan teknologi karyanya. Tampaknya ini strategi atau usaha dari Facebook agar para penggunanya mendownload dan menggunakan aplikasi Moments ini. Menurut hemat saya ini merupakan suatu tindakan briliant yang dilakukan oleh pihak Facebook.