5 Trik Mengatasi Jaringan Error Pada Smartphone Android

5 Trik Mengatasi Jaringan Error Pada Smartphone Android – Masalah sinyal yang hilang atau masalah jaringan tidak muncul di Android padahal Anda berada di area yang seharusnya mudah mendapatkan sinyal dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Jika Anda mengalami masalah tersebut, di bawah ini ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk membantu Anda mengatasinya.

Ganti Mode GSM di Android Menjadi 3G Only

Pengaturan jaringan pada smartphone ternyata juga berpengaruh terhadap kekuatan sinyal pada smartphone Anda. Untuk itu, salah satu cara yang sudah terbukti efektif untuk meningkatkan kekuatan sinyal adalah mengubah pengaturan jaringan smartphone dari 2G ke 3G. Bagi Anda yang baru pertama kaali mencobanya, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama – tama masuk ke menu Settings atau Pengaturan pada smartphone
Buka menu Wireless and Network Setting
Pilih Mobile Network
Klik pada Network Mobile
Pilih 3G only yang memiliki awalan GSM/WCDMA mode

Catatan: Pada mode jaringan yang diatur ke GSM only, ini berarti smartphone hanya menangkap sinyal 3G. Sementara itu untuk pilihan GSM/WCDM akan memilih sinyal terbaik di Android secara otomatis dari jaringan 2G ke 3G.

Mengaktifkan Pilihan Data Roaming

Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk terhubung ke internet karena mengalami kesalahan jaringan yang tidak tersedia atau kekuatan sinal lemah, Anda dapat mengaktifkan pilihan data roaming sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini. Data Roaming ini sangat cocok ketika digunakan di wilayah yang dijangkau oleh akses roaming. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk mengaktifkan pilihan data roaming.

Pertama – tama klik Mobile Networks
Selanjutnya klik Network Mode
Tekan pada pilihan Data Roaming
Selesai

Catatan: Bagi Anda yang berad adi daerah roam, mengaktifkan layanan data roaming dapat menjadi solusi terbaik karena hal ini akan membuat smartphone secara otomatis memilih jaringan terbaik sehingga smartphone dapat mendapatkan sinyal.

Lepas dan Pasang Kembali Kartu Sim dan Baterai Smartphone

Reinserting atau melepas kemudian memasang lagi baterai smartphone dan kartu SIM juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah kesalahan jaringan dan kekuatan sinyal yang lemah. Biasanya masalah yang dapat diatasi dengan cara ini karena kadang ponsel mengalami masalah teknis. Untuk langkah – langkah perbaikannya sebagai berikut:

Pertama, nonaktifkan smartphone Anda
Setelah itu, lepaskan baterai
Lepaskan kartu SIM
Biarkan selama 2 menit
Selanjutnya masukkan lagi kartu SIM dan baterai
Nyalakan smartphone
Selesai

Selama ini dalam kebanyakan kasus, melakukan reboot smartphone merupakan cara yang cukup efektif untuk memperbaiki masalah jaringan. Hal itu disebabkan karena Android tidak selalu terhubung dengan jaringan dari tower seluler terdekat. Untuk itu, merestart smartphone merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menemukan jaringan tower yang paling dekat.

Memilih Jaringan yang Tersedia Secara Otomatis

Dalam kebanyakan kasus lemahnya jaringan, memilih jaringan telepon otomatis juga dapat menjadi solusi untuk memecahkan masalah. Anda dapat memilih opsi jaringan secara manual di pengaturan smartphone. Untuk caranya, Anda dapat mengikuti langkah – langkahnya berikut ini:

Pertama – tama, masuk ke menu nirkabel dan pengaturan jaringan
Klik pada pilihan jaringan seluler
Klik pada operator jaringan
Pilih pada bagian otomatis
Selesai

Dengan cara ini, pengaturan default untuk operator jaringan pada smartphone Android akan bekerja secara otomtais untuk memerintahkan smartphone menghubungkan ke jaringan yang paling kuat dari pilihan jaringan yang ada di sekitar smartphone Anda. Saat Anda bergerak, perangkat juga akan terus memantau jaringan yang ada dan memastikan perangkat sellau terhubung dengan jaringan yang paling kuat.

Lepas Cover Belakang Smartphone

Memegang smartphone dengan ketat dapat membatasi jaringan pada smartphone. Untuk itu cobalah lepaskan bagian penutup pada smartphone. Hal ini juga akan membantu meningkatkan kekuatan sinyal. Trik ini memang cukup sederhana, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini karena bagi sebagian smartphone cara ini dapat bekerja.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan jaringan eror pada sebuah smartphone , metode diatas sudah kami rangkum agar memudahkan Anda dalam memperbaiki sistem jaringan yang rusak , selamat mencoba dan terima kasih .