Punya Power Bank? Begini Cara Pemakaian Yang Benar Agar Awet

Semakin banyak fitur pada sebuah gadget khususnya smartphone, akan semakin banyak energi yang dihabiskan, apalagi fitur tersebut berhubungan dengan sambungan tanpa kabel seperti headset buetooth, hotspot Wifi dan sejenisnya. Beberapa vendor memberikan solusi dengan membenamkan sebuah baterai berkapasitas besar pada perangkat, namun hal tersebut menimbulkan 'masalah' baru yaitu bobot perangkat yang semakin berat.


Solusi yang lain yang lebih sederhana misalnya dengan membeli lagi sebuah power bank. Bicara mengenai power bank, banyak sekali jenis dan kapasitasnya. Begitu juga soal kualitas, mulai dari yang berkualitas ala kadarnya sampai yang berkualitas premium ada dan bisa dibeli di pasaran.

Umur power bank pun biasanya tergantung pula pada kualtas power bank itu sendiri. Power bank berharga mahal biasanya lebih tahan lama, namun hal itu tidak selalu benar, sebab banyak faktor lain yang mempengaruhi. Salah satunya adalah cara pemakaian.

Jika saat ini Anda memiliki power bank dan ingin tahu lebih lanjut tentang cara memakai dan merawat power bank dengan benar, Anda bisa menyimak tips-tips berikut.

1. Simpanlah Dalam Suhu Ruangan


Power bank akan cepat rusak jika terus-menerus berada atau disimpan pada tempat bersuhu panas. Suhu ruangan adalah tempat penyimpanan power bank yang baik. Sebaliknya kalau suhu terlalu rendah, tidak baik juga untuk power bank. Jadi, simpanlah di tempat yang bersuhu normal.

2. Gunakan Sesuai Kebutuhan Saja


Sama halnya dengan baterai gadget yang lain, power bank juga mempunyai batas 'cycle' tertentu, maksudnya jika dicas setelah sekian kali, maka kemampuannya menyimpan daya listrik akan berkurang. Untuk itu, usahakan hanya menggunakan power bank saat benar-benar dibutuhkan saja, misalnya ketika berada di rumah atau kantor, pakailah pengecas biasa alih-alih menggunakan power bank.

3. Tetap Dicas Meskipun Lama Tidak Dipakai


Poin nomor 3 ini berguna untuk menjaga agar level baterai di dalam power bank tidak benar-benar habis terkuras, sebab kalau baterai di dalam power bank berada pada level 0 dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan power bank tersebut cepat mengalami kerusakan.

4. Jangan Sekali-Kali Terbentur Atau Jatuh


Komponen beserta baterai yang terdapat pada power bank akan cepat rusak kalau sering atau pernah mengalami benturan keras atau jatuh dari tempat yang lumayan tinggi. Untuk itu jagalah hal tersebut agar tidak sampai terjadi pada power bank milik Anda.

5. Ketika Mengecas, Jangan Terlalu Sering Over-Charge


Cas lah power bank secukupnya sampai penuh saja dan segera lepas koneksi dari pengecas. Hal ini untuk menghindari apa yang disebut dengan over-charge yaitu sebuah kondisi dimana power bank telah terisi penuh, namun kabel charger masih tersambung.

6. Gunakan Charger Yang Pas 

Beda power bank, maka beda pula kriteria arus masuk yang diperbolehkan saat mengecas. Menggunakan sebuah pengecas yang sesuai akan membuat baterai serta komponen yang terdapat di dalam power bank lebih awet. Sebaliknya, penggunaan charger yang tidak sesuai akan merusak atau mempersingkat masa pakai power bank bersangkutan.

Demikianlah 6 tips bermanfaat untuk menjaga power bank agar tidak mudah rusak dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jika power bank bisa dipakai lama, maka uang yang perlu Anda keluarkan untuk kebutuhan gadget juga bisa ditekan, sehingga secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran Anda juga. Demikian, semoga bermanfaat.