Wajib Tahu 5 Tips Ini Jika Ingin Membeli MicroSD Untuk Perangkat Digital Anda

Tidak semua gadget menyediakan kapasitas penyimpanan internal yang memadai, ada yang cuma 4 GB atau 8 GB. Contohnya smartphone yang memiliki memori internal kecil, biasanya disediakan opsi penambahan kapasitas penyimpanan melalui slot kartu memori eksternal. Rata-rata smartphone yang beredar di pasaran saat ini menggunakan jenis kartu memori MicroSD sebagai media penyimpanan tambahannya.

MicroSD sendiri merupakan 'versi lanjutan' dari kartu SD yang memiliki bentuk fisik lebih kecil. Terdapat beberapa varian kartu memori MicroSD, yang umum dikenal adalah pembagaian berdasarakan class (kelas) yang sekaligus juga menunjukkan kecepatan tulis-bacanya. Sampai saat ini class dari MicroSD sudah mencapai class 12, sementara kapasitas tertinggi yang bisa dibeli mencapai 512 GB.


Jika Anda berencana ingin membeli sebuah kartu memori MicroSD untuk perangkat digital Anda, ada baiknya simak dulu beberapa tips bermanfaat berikut agar Anda tidak salah beli dan merasa puas dengan uang yang telah dibelanjakan.

1. Pilihlah Kapasitas Kartu MicroSD Sesuai Dengan Kebutuhan


Membeli MicroSD untuk perangkat digital Anda tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan kapasitas yang dibutuhkan. Jika Anda merupakan seorang kolektor film, sebaiknya pilih kapsitas MicroSD minimal 32 GB, sebab hal tersebut akan membuat Anda bisa menyimpan lebih banyak film.

Lain halnya kalau Anda tidak akan menyimpan file-file berukuran besar, memilih MicroSD bekapasitas 16 GB sudah lebih dari cukup. MicroSD 16 GB mampu menampung ribuan foto dan musik MP3. Jadi, kalau Anda membeli 32 GB misalnya, kemungkinan akan banyak space yang terbuang alias mubazir.

2. Pilihlah MicroSD Minimal Class 6

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, kartu MicroSD terdiri dari bermacam-macam class yang menunjukkan kemampuannya mentrasnfer data. MicroSD Class 6 memiliki kecepatan tulis-baca sekitar 6 Mbps. Angka ini lumayan besar saat dipakai misalnya untuk copy sebuah file besar ke kartu memori.

Kelas yang lebih tinggi ada class 10 dan class 12 dengan kecepatan tulis-baca yang lebih besar dari class 6, namun hal tersebut berefek pada harga jualnya yang semakin mahal. Jika Anda memiliki budget yang banyak, membeli versi "class" yang lebih tinggi akan lebih bagus.

3. Sesuaikan Dengan Budget


Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan ketika ingin membeli sebuah kartu MicroSD adalah jumlah uang yang Anda sediakan :-) . Jumlah budget sangat menentukan kapasitas dan class yang bisa Anda peroleh nantinya. Jika budget Ada sekitar Rp 80.000, Anda sudah bisa membeli MicroSD class 10 berkapasitas 16 GB. Jika budget Anda misalnya cuma Rp 50.000, MicroSD berkapasitas 16 GB class 6 sudah bisa Anda miliki.

Bagaimana kalau budget di atas 500 ribu? Kalau budget yang dipersiapkan sebesar itu, Anda bebas memilih kapasitas dan class MicroSD yang akan dibeli, bahkan Anda bisa membeli yang berkapasitas 256 GB class 12.

4. Belilah Di Supplier Resmi


Barang-barang elektronik sangat banyak dipalsukan , tak terkecuali tentunya kartu MicroSD. Cara paling aman untuk membeli MicroSD original adalah dengan membelinya langsung pada supplier resmi. Hal tersebut akan meminimalisir pemalsuan barang.

Usahakan untuk tidak tergiur dengan harga murah, sebab percuma juga membeli MicroSD berkapasitas besar namun spesifikasi sesungguhnya tidak sesuai dengan yang dituliskan. MicroSD KW biasanya tidak tahan lama dan cenderung lebih cepat mengalami corrupt.

5. Belilah MicroSD Yang Bergaransi Lama


Lain produsen, beda pula masa garansi terhadap produk yang dijualnya. Merk SanDisk misalnya, memberikan garansi sampai 5 tahun atau lebih. Sementara merk lain mungkin lebih lama atau lebih pendek. MicroSD yang memiliki garansi lama, akan membuat kita penggunanya tidak perlu kwatir lagi.

Itulah 5 tips bermanfaat yang perlu Anda ketahui saat ingin membeli sebuah kartu MicroSD untuk perangkat digital yang Anda miliki. Silahkan ikuti 5 tips berguna di atas dan jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman Anda yang lain.