Review Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570TL, Smartphone 2 Jutaan Dengan Fitur Kekinian

Beberapa bulan lalu Asus telah meluncurkan satu lagi smartphone kelas menengah yang dibanderol dengan harga sekitar 2,7 jutaan, yaitu Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570TL. Ponsel Asus satu ini memiliki spesifikasi yang lebih bagus dibandingkan dengan 'adiknya' Asus Zenfone Max 4 yang telah lebih dulu diluncurkan ke pasaran. Fitur-fitur yang dibenamkan juga kekinian, sebut saja ratio layarnya yang 18:9, kemudian kamera belakang ganda dan sensor sidik jari beserta fitur pengenal wajah.

Kalau kamu saat ini sedang mencari sebuah smartphone dalam rentang harga 2,7 jutaan yang cocok digunakan untuk aktivitas seperti main game, selfie, traveling dan lainnya, kamu bisa membeli smartphone anyar dari Asus ini, sebab fitur-fitur yang dibenamkan di dalamnya sangat mendukung aktivitas-aktivitas seperti yang telah disebutkan. Penasaran seperti apa performa dan fitur menarik yang ada pada Azuz Zenfone satu ini? Silahkan langsung saja simak review lengkapnya di bawah ini.


Desain dan Layar 


HP Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570TL memiliki desain unibodi berbahan metal, layar 2.5D dan bodi yang terlihat agak memanjang karena ratio layarnya yang 18:9. Lobang speaker terdapat pada bagian bawah, sejajar dengan colokan Micro USB. Posisi tombol power dan volume ada pada bagian sisi kanan ponsel, sementara sensor sidik jari terletak di belakang di bawah kamera utamanya yang berjumlah dua buah.

Panjang bodi ponsel sendiri adalah sekitar 152,6 mm dan lebar lebih kurang 73 mm serta ketebalan 8,8 mm. Bobotnya yang dimiliki berada di angka 160 gram saja. Tidak ada tombol navigasi fisik seperti tombol Home yang ditemui ada Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570TL ini, tapi hanya berupa tombol virtual yang terdapat di dalam layar.

Slot kartu SIM yang digunakan adalah jenis nano SIM yang berjumlah dua. Tempat kartu SIM-nya sendiri digabung bersama slot MicroSD hingga bisa disebut triple-slot. Jadi, ketika ingin mengeluarkan salah satu SIM Card, memori eksternal dan SIM card satu lagi akan ikut 'terbawa' keluar.

Luas layar Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570TL adalah 5,7 inci dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen yang mendukung sampai dengan 16 juta warna. Resolusi layarnya tersebut terbilang tinggi yakni 1080 x 2160 piksel dengan kerapatan piksel sekitar ~424 ppi. Fitur multitouch yang dibenamkan sudah mendukung input sampai dengan 5 sentuhan jari.

Seperti yang telah disinggung di awal paragraf, ratio layarnya adalah 18:9 yang pastinya akan sangat nyaman saat dipakai dalam mode layar ganda. Tampilan masing-masing jendela aplikasi terlihat sedikit lebih lega dibandingkan dengan ponsel yang hanya memiliki ratio layar 16:9.

Oleh karena ratio layar 18:9 merupakan fitur yang termasuk baru, maka akan banyak aplikasi yang mungkin tidak akan tampil secar penuh di layar, namun tenang saja karena Asus sudah menutup kekurangan tersebut dengan fitur upscalling. Fitur berguna tersebut akan mamaksa tampilan aplikasi apapun menjadi full screen, sehingga aktivitas seperti menonton video Youtube menjadi lebih nyaman.

Performa

Dari segi performa, smartphone Asus satu ini tergolong cukup bagus untuk ponsel harga 2 jutaan. Prosesor yang digunakan sebagai dapur pacunya adalah Mediatek MT6750T. CPU tersebut memiliki jumlah inti 8 alias octa core dengan speedclock mencapai 1,5 GHz. Dukungan RAM yang dimiliki pun tergolong lega yakni berkapasitas 4 GB, sementara itu kapasitas penyimpanan internalnya adalah sebesar 64 GB. Apabila dibutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, telah disedakan slot MicroSD yang support hingga 256 GB.

Sebagai informasi tambahan, prosesor Mediatek MT6750T termasuk ke dalam jajaran prosesor yang sudah agak lama, karena pertama kali diperkenalkan lebih kurang dua tahun yang lalu. Hal ini patut disayangkan, namun secara kinerja keseluruhan yang dimiliki CPU Mediatek tersebut tetap bisa diandalkan.

Di sisi pengolah grafis, Asus membenamkan Mali-T860MP2 pada produknya yang satu ini. Kinerja sudah cukup bagus untuk memainkan game-game Android menengah, meskipun berpotensi akan sedikit mengalami lag khususnya pada game yang memiliki special effect yang banyak.

Kamera


Ponsel Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570TL telah dilengkapi dengan kamera utama berupa dual-camera yang masing-masing beresolusi 16 MP dan 8 MP. Maksimal sudut pandang yang bisa dihasilkannya adalah hingga 120 derajat, sehingga akan sangat cocok sekali kalau digunakan untuk mengambil foto pemandangan dan panorama.

Fitur-fitur kamera belakang itu diantaranya adalah konfigurasi manual ISO, white balance, autofocus, HDR dan masih banyak lagi yang lain seperti ponsel model terbaru lainnya. Hasil jepretan di luar ruangan yang memiliki cahaya melimpah terlihat bagus dan natural, namun kurang tajan saat dipakai untuk mengambil foto di dalam ruangan atau tempat yang kurang cahaya.

Sementara kamera bagian depan memiliki resolusi 8 MP yang bisa juga digunakan untuk merekam video dengan kualitas hingga 1080p pada frame rate 30fps. Bagi kamu yang suka selfie atau membuat v-log tentunya sangat pas, mengingat spesifikasi kamera depan yang cukup bagus tersebut. Kamera depan ini juga berfungsi sebagai 'alat' untuk membuka kunci ponsel saat memakai fitur pengenal wajah.

Fitur Menarik Lainnya

Banyak fitur-fitur menarik lain yang terdapat pada HP Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570TL ini diantarnya adalah baterai yang lumayan besar yaitu 4130 mAh dan disempurnakan lagi dengan fitur reverse charging yang memungkin ponsel bisa dipakai untuk mengecas ponsel atau gadget lain.

Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570TL juga dilengkapi dengan accelerometer, gyro dan proximity yang menjadikannya kompatibel dengan perangkat Virtual Reality.

Pilihan warna yang tersedia dan bisa dibeli ada 3 macam yaitu Sunlight Gold, Azure Silver dan Deepsea Black. Kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan selera masing-masing.

Ringkasan Spesifikasi HP Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570T


Harga: Mulai Dari Rp 2,7 Jutaan
Jaringan: 4G/3G/2G
CPU: Mediatek MT6750T Octa-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53)
GPU: Mali-T860MP2
OS: Android 7.0 (Nougat)
RAM: 4 GB
Memori Internal: 64 GB
Memori Eksternal: Ya, MicroSD Sampai 256 GB
Luas Layar: 5,7 inci
Resolusi: 1080 x 2160 Piksel, Ratio Layar 18:9,Kerapatan Piksel ~424 ppi
Panel Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Kamera Belakang: Dual Camera 16 MP (f/2.0, 35mm) + 8 MP (17mm, Tanpa Fitur AF)
Kamera Depan: 8 MP (f/2.0, 25mm)
Sensor Sidik Jari: Ya, Terletak di Sisi Belakang
Baterai: Li-Po 4130 mAh Non-Removable
Pilihan Warna: Sunlight Gold, Azure Silver dan Deepsea Black

Kelebihan Dan Kekurangan Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570T


Kelebihan:

1. Ratio layar kekinian 18:9
2. Kapasitas baterai besar
3. Kamera utama ganda dengan angle hingga 120 derajat

Kekurangan:

1. Tipe prosesor sudah agak lama

Ponsel Asus ZenFone Max Plus M1 ZB570T cocok untuk kamu yang sedang mencari ponsel yang memiliki desain kekinian, baterai yang tahan lama, memiliki fitur kemanan sidik jari dan kamera utama yang mempunyai angle besar. Semoga review ponsel Asus ini bermanfaat untuk Anda.