Review Xiaomi Mi Mix 2, Ponsel Premium Dengan Segudang Fitur Menarik

Xiaomi Mi Mix 2 adalah penerus dari Xiaomi Mi Mix generasi pertama yang terlebih dahulu hadir di pasaran. Sebagai versi 'penyempurnaan', spesifikasi yang diusung tentunya lebih baik dari versi awal terutama pada sisi fitur. Harga jual yang ditawarkan terbilang masih cukup ramah di kantong kalau dibandingkan dengan produk dari kompetitor yang memiliki spesifikasi hampir sama, yakni cuma di kisaran Rp 7,5 jutaan saja.
Ponsel Xiaomi Mi Mix 2 sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa varian yang dibedakan menurut kapasitas penyimpanan internal yaitu versi 128 GB dan 256 GB. Sementara untuk kapasitas RAM, ada juga yang 8 GB, tapi khusus untuk yang varian Special Edition. Harga jual varian-varian tersebut terpaut lumayan jauh, sekitar 1 jutaan lebih.

Banyak perubahan yang dibawa oleh Mi Mix 2 ini dibandingkan dengan generasi pertama terutama dari ukuran, bobot, fitur dan masih banyak lagi yang lain. Jika kamu tertarik ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fitur dan spesifikasi Xiaomi Mi Mix 2 ini, silahkan langsung saja simak review lengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar

Handphone Xiaomi Mi Mix 2 termasuk ponsel kategori flgship, oleh karenanya desain yang dimiliki tentunya premium dan mewah. Desain bezel-less dan material 'pembungkus' merupakan diantara yang menimbulkan kesan mewah saat dipandang. Port MicroUSB sudah tidak ditemukan lagi pada ponsel Xiaomi satu ini, tapi digantikan oleh port USB Type-C yang menawarkan teknologi yang lebih baik.

Speaker terletak pada bagian bawah yang mengapit port USB Type-C. Ada perbedaan yang cukup menonjol dari segi penempatan kamera depan yang 'tidak biasa', maksudnya adalah jika kamera depan ponsel ada umumnya terletak pada bagian atas, berbeda dengan kamera depan Mi Mix 2 ini yang terletak di bawah. Jadi, ketika kamu mau menggunakan handphone untuk selfie, perangkatnya harus diputar terlebih dahulu. Ini memang sedikit unik, tapi memiliki kendala juga, terutama saat menjalankan aplikasi yang tidak mendukung auto rotate screen seperti Instagram.

Sementara untuk ukuran layar, sama dengan ukuran layar ponsel merk Xiaomi lainnya seperti tipe Xiaomi Redmi 5 Plus yang telah Admin ulas sebelumnya pada artikel yang ini (silahkan masukkan link post tentang Xiaomi Redmi 5 Plus), yaitu seluas 5,99 inci. Resolusi layarnya tersebut adalah 1080 x 2160 piksel dengan tingkat kerapatan piksel mencapai ~403 piksel per inci (ppi).

Panel layar yang dibenamkan masih sama dengan ponsel kelas menengah atau kelas premium Xiaomi yang lain yakni IPS LCD capacitive touchscreen yang dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4 untuk melindungi layar dari goresan dalam penggunaan sehari-hari. Panel IPS seperti diketahui memiliki kualitas yang cukup baik, baik dari segi reproduski warna maupun dari sisi sudut pandang yang lebar.

Performa


Oleh karena Xiaomi Mi Mix 2 ini adalah HP premium, maka jeroan yang ada di dalamnya pun sudah tentu berspesifikasi tinggi, sebut saja CPU-nya yang memakai Qualcomm Snapdragon 835 yang merupakan salah satu prosesor mobile terbaik milik Qualcomm. Di samping itu kapasitas RAM yang sangat lega 6 GB tentunya akan membuat kinerjanya hampir berada pada tingkat maksimal. Untuk jenis GPU yang dibenamkan adalah Adreno 540 yang performanya bisa dikatakan sangat baik.

Secara umum, spesifikasi yang diusung termasuk tinggi dan bisa digunakan untuk main game apa saja tanpa takut akan mengalami lag. Proses multi taksing juga akan berjalan lancar tanpa kendala, meskipun user membuka sangat banyak aplikasi sekaligus.

Satu hal lagi yang menarik dari HP besutan Xiaomi satu ini adalah fitur dual space yang memungkinkan pengguna serasa memiliki dua buah handphone. Fungsi dual space tersebut memungkinkan user untuk membuat dua ruang penyimpanan yang masing-masingnya tidak saling mempengaruhi, layaknya dua ponsel yang berbeda.

Fitur keren dari Xiaomi tersebut akan memudahkan pengguna dalam mengatur ponselnya atau memisahkan antara urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Sebagai info tambahan, pengguna bisa mengatur cara login ke dalam 'masing-masing ponsel' yang terdapat di dalam Xiaomi Mi Mix 2 tersebut, misalnya satu menggunakan fingerprint dan satu lagi memakai pola.

Kamera


Spesifikasi kamera belakang merupakan salah satu fitur andalan pada Xiaomi Mi Mix 2, di mana jenis sensor yang dipakai adalah Sony IMX386. Hasil kamera di tempat yang banyak cahaya seperti di luar ruangan, tidaklah mengecewakan. Tapi saat dipakai pada malam hari atau di dalam ruangan bercahaya minim, kamu harus menyalakan lampu flash kalau ingin hasil bidikan kamera terlihat bagus.

Resolusi yang dimiliki kamera belakangnya adalah sebesar 12 MP dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti 4-axis OIS, beauty, dual-LED dual-tone flash, Tilt Shift, HHT (Hand Held Twilight), Straighten, HDR dan tak ketinggalan setting manual. Kamera belakang ini kalau digunakan untuk mengambil video, sudah mampu menghasilkan video berkualitas 4K.

Bebeda dengan kamera depan, resolusinya lebih kecil yaitu cuma 5 MP saja. Jika digunakan untuk merekam video, resolusi maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 1080p. Perbedaan antara kamera belakang dengan depan memang cukup jauh, namun itu tentunya tidak akan jadi masalah jika kamu adalah orang yang kurang menyukai aktivitas selfie.

Fitur Menarik Lainnya


Xiaomi Mi Mix 2 sudah menggunakan MIUI versi 9.1 yang memiliki fitur kloning aplikasi. Jadi, jika kamu misalnya ingin punya aplikasi WhatsApp dua buah, kamu tinggal kloning saja aplikasi yang sudah ada dan selanjutnya bisa digunakan dengan memasukkan nomor telepon satu lagi yang 'nganggur'.

Memori internal yang terdapat pada HP Xiaomi Mi Mix 2 sudah tidak menggunakan jenis eMMC lagi, namun yang lebih baik dan canggih dari itu yakni UFS versi 2.1. UFS mempunyai sistem kerja yang berbeda dengan eMMC, di mana 'jelur' untuk tulis dan baca sudah dipisahkan, sehingga kecepatan tulis-bacanya menjadi meningkat secara signifikan. Dampaknya adalah ponsel bisa berjalan dengan lebih cepat daripada handphone yang masih memakai memori eMMC.

Ringkasan Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 2


Harga: Mulai Dari Rp 7,5 Jutaan (6/64GB)
Jaringan: 4G/3G/2G
CPU: Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo)
GPU: Adreno 540
OS: Android 7.1 (Nougat)
RAM: 6 GB
Memori Internal: 64 GB
Memori Eksternal: Tidak Ada
Luas Layar: 5,99 inci
Resolusi: 1080 x 2160 Piksel, Ratio Layar 18:9, Kerapatan Piksel ~403 ppi
Panel Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Kamera Belakang: 12 MP (f/2.0, 1/2.9", 1.25µm)
Kamera Depan: 5 MP
Sensor Sidik Jari: Ya, Terletak di Sisi Belakang
Baterai: Li-Po 3400 mAh Non-Removable
Pilihan Warna: Hitam dan Putih

Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Mi Mix 2


Kelebihan:


1. Performa cepat karena spesifikasi CPU, GPU dan RAM yang tinggi
2. Desain kekinian bezel-less
3. Material bodi terbuat dari bahan-bahan berkualitas baik
4. Harga bersahabat
5. Kamera belakang menggunakan sensor Sony yang terkenal bagus.

Kekurangan:


1. Kamera depan terletak di bagian bawah yang mungkin akan sedikit merepotkan
2. Kamera depan memiliki kualitas hasil jepretan yang bisa dibilang 'ala kadarnya'.

Demikianlah review handphone Xiaomi Mi Mix 2 seperti yang terlihat di atas. Semoga penjelasan panjang lebar dalam tulisan kali ini bisa dijadikan bahan referensi sebelum kamu memutuskan untuk membeli.