Cara Ampuh Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Di Cas

Dalam menggunakan Hp Android, sudah tentu hampir semua orang pernah merasakan masalah pada pada Hp Android yang telah digunakannya, untuk masalah Hp error atau rusak pada HP android itu bisa disebabkan oleh  bamyak faktor pada setiap kerusakannya dan juga berbeda dalam memperbaikinya. salah satu masalah yang paling ringan seperti eror pada saat mengecas Hp Android, karena ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan Hp Android Anda tidak dapat mengisi saat di cas, mungkin di akibatkan dari software ataupun hardware pada Hp Android Anda.

Disini pada umumnya terjadi masalah pada saat pengisian daya Hp Andoroid, seperti misalnya tidak bisa di cas, lama penuh saat di cas, atau juga batre Hp yang sangat cepat habis atau lowbet. Eror pada Hp Android saat pengecasan juga dapat disebabkan oleh software dan hardware yang tidak standart sehingga dapat dengan cepat memakan batre Hp Android Anda.


Cara Ampuh Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Di Cas

Cara Ampuh Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Di Cas


Nah..! kalau Andamengalami permasalahan pada Hp Android seperti yang saya tuliskan di atas, maka Anda memilih situs yang sangat tepat, karena disini saya akan menjelaskan beberapa masalah yang sering menyebakan Hp Android Anda tidak bisa di cas atau eror saat di cas. dan juga akan memberikan solusi bagaimana cara memperbaiki Hp Android yang eror saat di cas, langsung saja berikut penjelasannya:

Penyebab Hp Andorid Tidak Bisa DI Cas

1. Diakibatkan dari software atau aplikasi 

Dari sekian banyak aplikasi Android ada beberapa yang dapat memakan sumber daya batre yang sangat banyak, jika dilihat pada aplikasi pada umumnya hanya memakan daya batre sedikit atau standart, namun juga ada beberapa aplikasi yang cenderung memakan banyak daya batre pada Hp Android Anda dikarenakan beban aplikasi yang sangat tinggi, sehingga akan membuat batre Hp Andoid Anda cepat eror dan rusak. Contoh beberapa aplikasi yang cenderung memakan banyak daya batre adalah Facebook dan Facebook messenger karena faktanya aplikasi tersebut selalu berjalan di latar belakang.

Solusinya:

  • kurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang, kalau bisa keluar dari aplikasi dan mengeluarkannya dari latar belakang

2. Adapun beberapa hardware yang juga berpotensi penyebab kerusakan 

Hp Android Anda tidak bisa di cas adalah antara lain seperti misalnya kerusakan pada kabel kepala charger yang palsu atau juga power bank yang kurang berkualitas.

Solusinya: 

  • Pakailaha selalu kabel yang berkualitas, direkomendasikan yang original
  • Pakailah powerbank yang berkualitas dan original, biasanya harga juga lebih mahal.

Cara Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Dicharger


1. Coba dengan stop kontak yang berbeda

Cara Ampuh Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Di Cas

Seperti yang kita ketahui saat ini, kebanyakan dari kita jika melakukan pengecasan Hp sering meggunakan terminal cabang, yang juga dipenuhi oleh colokan lain, entah itu televisi, laptop, kipas angin, kulkas, megicom, dan lain sebagainya, hal ini juga dapat mempengaruhi dalam pengisian daya ke Hp Android Anda, yang berarti bukan Hp atau charger Anda yang bermasalah, namun bisa jadi karena stop kontak Anda lah yang bermasalah.

Kalau Anda mengisi daya menggunakan terminal cabang, cobalah dengan mencopotnya terlebih dahulu dan bisa Anda coba pindah dan colokkan langsung ke stop kontak, atau Anda juga bisa mencobanya dengan mencolokkan ke laptoip atau pc.

Kalau Hp Android Anda masih belum bisa di cas, mungkin masalahnya ada pada kabel dan kepala charger.

2. Cek kondisi kabel charger

Cara Ampuh Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Di Cas

Yang pertama harus Anda periksa sebelum mengecek Hp Android Anda cobalah periksa terlebih dahulu kabel dan adapter casannya. Kabel casan merupakan hal yang paling sering mengalami kerusakan sehingga Hp Android Anda tidak bisa di cas, karena jika penggunaan kabel yang

tidak benar karena sering ditarik dan sering di tekuk maka akan membuat kabel menjadi rusak.

Cara mengatasinya:

  • Anda bisa menggunakan kabel cas yang lain, dan lihat apakah mengecasnya berhasli ataupun tidak.

3. cek adaptor charger

Selain bagian komponen kabel yang perlu Anda periksa juga adalah adaptor charger, mungkin saja anda menggunakan adapter yang tidak sesuai dengan spesifikasi Hp Anda contohnya Hp Anda support fast charging 2A tapi Anda malah menggunakan adaptor charger yang 750mA

Solusinya:

  • Anda bisa mencobanya dengan menggunakan adaptor charger yang lain, dan liat apakah berhasil atau tidak. Jika Hp Android Anda support fast charging, maka gunakanlah adaptor charger 2A.

4. Cek port charger Hp Anda 

Cara Ampuh Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Di Cas

Jika Anda sudah memeriksa kabel dan adaptor dan tidak menemukan masalah, kemudian Anda lanjut dengan menbgecek bagian port USB di Hp Karena seringkali pada bagian konektor atau logam kecil di dalam port USB, terjadi pembengkokan, sehingga tidak dapat terkoneksi dengan baik pada kabel, pada beberapa kasus juga port bagian dalam USB terdapat kotoran seperti bekas makanan, minuman ataupun debu.

Cara mengatasinya:

  • Kalau Anda menemukan ada pin yang bengkok pada port USB, Anda harus matikan HP dan keluarkan batre, Lalu ambil sesuatu yang serupa ukurannya kemudian luruskan tab kecil yang bengkok di dalam port USB Hp Anda, di usahakan agar berhati-hati dan tidak kasar dalam melakukan proses ini.
  • Kalau Anda juga menemukan sisa makanan atupun debu yang mengganjal di dalam port USB maka bersihkanlah menggunakan cucuk gigimu secara pelan dan lembut, supaya tidak merusak bagian ini.

5. Charger dengan mematikan Handphone

Cara Ampuh Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Di Cas

Jiak Anda charger Hp dalam keadaan menyala, maka akan terasa lama dalam pengisiannya, hal ini disebabkan pada saat Anda mengecas, aplikasi sistem dalam Hp Android Anda terus berjalan di latar belakang, dan koneksi jaringan akan memakan daya batre yang baru masuk ke dalam Hp Android Anda. dan disini biasanya menggunakan mode plane Anda akan bisa mengecas Hp Anda dengan cepat.

Kalau cara ini beleum berhail, maka cobalah dengan Mengecas Hp dalam keadaan mati, karena ini sangat ampuh untuk mempercepat pengisian dan memperbaiki Hp Android Anda yang tidak bisa di cas.

6. Ganti baterai baru

Kalau menggunakan cara diatas belum bisa memperbaiki Hp Anda, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada batre Hp Android Anda  yang menyebabkan tidak bisa di cas. maka jalan keluarnya adalah mengganti batre Hp Android Anda  dengan yang baru, direkomendasikan menggunakan baterai yang original.

7. Jangan mengecas Hp semalaman

Apakah Anda  sering mengecas Hp semalaman..? jika iya maka biasakan agar tidak menegcas HP semalaman, mungkin kebanyakan orang melakukan hal ini karena pada saat bangun pagi Hp Anda akan terisi penuh dan tidak takut kehabisan batre, dan langsung bisa dugunakan, hal inilah yang menyebabkan Hp Anda terisi penuh ingga seratus persen lebih. namun tidak menyadari yang akan terjadi pada batre Hp Anda , karena pada umumnya lama pengecasan maksimal memerlukan waktu kurang lebih 2-3 jam saja, bahkan bisa kurang dari itu jika charging Anda support fast.

Yang pastinya jika Anda mengecas semalaman akan memberikan panas yang berlebih, karena panas adalah merupakan musuh bagi batre Hp Android Anda, maka tidak heran jika batre Hp Android Anda tidak memiliki umur yang panjang. Demikian yang dapat saya sampaikan Cara Ampuh Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Di Cas, semoga bermanfaat.