Tips Aman Cara Belanja Online, Jangan Abaikan!

Di era digital ini, kita dimudahkan dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Salah satu di antara banyak aktifitas yang sering kita lakukan sehari-hari adalah belanja, terutama bagi kaum hawa. Biasanya jika kita membeli sesuatu, maka kita akan menuju toko yang menjual barang yang kita cari. Namun kali ini kamu cukup melakukan transaksi tersebut dimanapun dan kapanpun dengan media online.

Banyak kelebihan yang kamu dapatkan ketika berbelanja online, diantaranya kamu bisa mencari barang yang sama dengan banyak referensi harga, banyak pilihan barang, dan hemat tenaga tentunya. Namun tetap kamu wajib memperhatikan beberapa hal supaya kamu tidak dirugikan. Untuk itu, kali ini saya akan memberikan beberapa tips pintar supaya kamu tidak tertipu ketika belanja online. Berikut ini wajib kamu perhatikan:
Tips Aman Cara Belanja Online

Tips dan Trik Belanja Online yang Aman


1. Menggunakan E-commerce Terpercaya

Saran saya yang pertama adalah menggunakan jasa pihak ketiga yang terpercaya. Saat ini ada beberapa e-commerce terpercaya yang bisa kamu gunakan seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Saya rasa transaksi disini lebih aman karena sebelum kamu terima barang yang kamu pesan, e-commerce tersebut akan menahan uang yang kamu kirim, jika kamu telah menerima barang yang kamu pesan, barulah e-commerce tersebut memberikan uang tersebut ke penjual, daripada anda mengunjungi situs dari sebuah toko yang biasanya transfer uang terlebih dahulu lalu kirim barang, kecuali toko online tersebut menyediakan layanan COD.

2. Periksa Kredibilitas Toko dari Situs Online

Kalau kamu tetap ingin membeli langsung di situs toko online, cobalah untuk memeriksa kredibilitas situs tersebut, cek info kontak dan alamat dari toko yang tersedia. Pastikan juga kamu melihat testimoni dari pembeli yang pernah transaksi di situs toko online tersebut.

3. Spesifikasi Produk dan Review Pembeli

Poin ini perlu kamu perhatikan karena bertransaksi online membuat kamu tidak bisa melihat dan mengecek langsung kualitas dari produk yang akan kamu beli. Maka luangkanlah waktu untuk membaca spesifikasi produk dan review dari pembeli, karena terkadang gambar tak sesuai dengan aslinya.

4. Kebijakan Situs Belanja Online

Baca segala kebijakan dari situs belanja online, bagaimana cara pembayarannya, keamanan data pribadi dari pembeli, garansi, dll.

5. Jangan Mudah Tergoda Barang Murah

Inilah pentingnya membaca review dari buyer lain, sehingga kamu tidak langsung tergoda dan buru-buru untuk membeli barang dengan harga murah. Jadi jika kamu dapat produk dengan harga murah dan berkualitas baik, kenapa tidak?!

6. Metode Pembayaran

Pilihlah metode pembayaran yang aman untuk kamu bertransaksi via online. Ada beberapa metode yang biasanya bisa kamu gunakan ketika belanja online seperti transfer, kartu kredit, kartu debit, dll. Namun menurut saya yang lebih aman adalah dengan menggunakan sistem pembayaran COD. Jadi kamu membayar produk yang kamu beli ketika produk sudah berada di tanganmu.

7. Jaga Data Pribadi

Untuk beberapa situs belanja online biasanya mengharuskan kamu untuk membuat akun untuk bisa login ke situs belanja online atau e-commerce. Inilah pentingnya memperhatikan kredibilitas dari sebuah situs belanja online. Sehingga data pribadi seperti password, alamat rumah dan yang lainnya bisa tetap aman.

8. Menyimpan Bukti Transaksi

Ingatlah untuk menyimpan segala bukti transaksi yang kamu lakukan selama bertransaksi di situs belanja online tersebut.

Demikian tips yang bisa kamu jadikan acuan ketika ingin belanja online. Ketika belanja online hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah cerdas dan teliti dalam membeli sebuah produk, sehingga resiko tertipu bisa kamu minimalisir. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.