Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Ketika kamu ingin melamar kerja, apa yang pertama kali kamu pikirkan dan hal pertama yang harus kamu lakukan? Tentunya surat lamaran kerja. Bisa dibilang surat lamaran kerja merupakan ujung tombak yang mungkin jadi penentu diterima atau tidaknya kamu bekerja di suatu perusahaan atau yang lainnya. Kamu harus pintar mempromosikan dirimu sendiri supaya diterima untuk bekerja, tentunya dengan memberika keterangan yang sebenarnya.

Maka kamu harus bisa menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar sehingga bisa jadi ini membantu kamu untuk bekerja di perusahaan yang kamu inginkan.
Artikel yang terkait: Cara Membuat Surat Izin
Oleh sebab itu, saya menulis artikel ini untuk memberikan sedikit panduan untuk bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Langsung saja simak artikel di bawah ini.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Berikut langkah-langkah yang harus kamu perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja:

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat.

2. Kepada Yth. nama orang (beserta gelar & jabatannya) atau nama perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.

3. Salam hormat.

4. Kata pengantar atau pembukaan.
Catatan: Pada kata pengantar atau kata pembuka dalam surat lamaran kerja, kamu harus mencantumkan dari mana kamu memperoleh info tentang adanya lowongan pekerjaan pada perusahaan yang kamu inginkan tersebut. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang ingin kamu pilih jika perusahaan tersebut memang sedang memerlukan banyak karyawan baru.
5. Biodata pribadi.
Catatan: Tulislah nama lengkap kamu, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat E-Mail, pendidikan.
6. Pengalaman kerja dan kemampuan/keterampilan/keahlian kamu.

7. Penutup. Tulislah sesuatu yang meyakinkan pembaca bahwa kamu memiliki kemauan dan tekad yang kuat supaya dapat diterima untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Dan tidak lupa untuk mengucapkan "terima kasih".

8. Lampiran surat lamaran kerja. Supaya lebih meyakinkan perusahaan agar bersedia menerima kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut, lampirkan juga hal-hal yang bisa menjadi nilai tambah bagi kamu. Berikut ini yang bisa kamu pertimbangkan adalah :

-Pas foto (foto yang terbaru)
-Fotokopi KTP
-Daftar riwayat hidup
-Fotokopi ijazah terakhir
-Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

9. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja. Rasanya tidak lengkap jika tidak memberikan contoh. Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu jadikan acuan.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Contoh menggunakan tulisan tangan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Saya harap artikel ini bisa membantu kamu yang ingin mencari pekerjaan. Semoga kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu harapkan. Terima kasih.