Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Hai semuanya, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, kali ini kamu akan belajar bagaimana membuat daftar pustaka dari jurnal sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Sebelum itu sebagai informasi kamu wajib paham tentang pengertian daftar pustaka.
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar Pustaka adalah tulisan yang berada di akhir sebuah karya tulis ilmiah yang digunakan sebagai sumber atau referensi oleh seorang penulis dalam menyususun sebuah karya tulis ilmiah baru. Penulisan daftar pustaka secara umum terdiri atas nama penulis, tahun terbit, judul tulisan, identitas penerbit dan lokasi penerbit yang ditulis urut secara abjad dari atas ke bawah. Daftar pustaka umumnya digunakan di semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, laporan, artikel dan lain sebagainya.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), Daftar Pustaka adalah daftar yang didalam penyusunannya mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul karya tulis, informasi penerbit, dan keterangan lainnya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karya tulis atau buku dan disusun berdasarkan abjad.

Yang perlu kamu ketahui bahwa setiap catatan atau kutipan baik berupa kata, kalimat, ataupun paragraf yang kamu ambil berasal dari karya tulis orang lain yang kemudian kamu cantumkan kedalam karya tulis yang kamu susun maka menjadi kewajiban kamu untuk mencantumkan informasi mengenai sumber tersebut. Ini sudah menjadi kaidah penulisan atau etika dalam penulisan karya tulis. Ini juga berlaku untuk semua sumber bacaan seperti koran, majalah, ataupun portal berita. Dengan begitu kamu terhindar dari kegiatan plagiat.

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal
Ada dua jenis Jurnal yang perlu kamu ketahui yaitu ada jurnal cetak dan ada juga jurnal online.

Cara penulisan daftar pustaka dari jurnal cetak adalah sebagai berikut:

  1. Nama Pengarang atau Penulis ditulis dengan huruf awal huruf besar. Tulis nama dari nama belakang pisahkan dengan koma kemudian nama depan.
  2. Pisahkan dengan koma lalu tulis bulan dan tahun Penerbitan Jurnal
  3. Pisahkan dengan koma lalu tulis Judul Jurnal
  4. Pisahkan dengan titik lalu tulis Nama Penerbit jurnal
  5. Pisahkan dengan titik lalu tulis volume atau edisi jurnal

Sementara cara penulisan daftar pustaka dari jurnal online adalah sebagai berikut:

  1. Tulis nama pengarang atau penulis dengan huruf awal huruf besar. Tulis nama belakang, pisahkan dengan koma kemudian nama depan.
  2. Pisahkan dengan koma lalu tulis bulan dan tahun penerbitan jurnal
  3. Pisahkan dengan koma lalu tulis judul jurnal
  4. Pisahkan dengan titik lalu tulis Nama Penerbit
  5. Pisahkan dengan titik lalu tulis volume atau edisi jurnal
  6. Pisahkan dengan koma dan tulis Alamat URL sumber jurnal tersebut
  7. Pisahkan dengan koma lalu tulis tanggal pengambilan data dari jurnal online tersebut

Contoh: 
Ridjanović, Midhat. PhD, July 2013, "Naive Translation Equivalent". Translation Journal. Volume 17, No. 3, http://translationjournal.net/journal/65naive.htm, 10 July 2013.

Itulah cara penulisan daftar pustaka dari jurnal.

Penutup

Berbagai macam format penulisan daftar pustaka, semua dipengaruhi oleh jenis dari sumber masing-masing. Dari contoh daftar pustaka di atas yang sebagai contoh kami ambil dari jurnal, semoga kamu punya gambaran jelas bagaimana menyusun daftar pustaka dari jurnal yang baik dan benar. Sekarang giliran kamu untuk menyusun daftar pustakamu, semoga bermanfaat!