Cara Menyimpan Foto Di Google Drive

Banyaknya data di gadget kamu terkadang tidak sebanding dengan kapasitas penyimpanan yang ada. Al hasil kamu harus memindahkan sebagian data kamu ke PC atau tempat penyimpanan lainnya. Karena jika kamu memaksakan memori di gadget kamu penuh maka akan menyebabkan beberapa masalah seperti kinerja gadget menjadi lambat, muncul pemberitahuan memori penuh, tidak bisa menginstal aplikasi lagi, dll.
Cara Menyimpan Foto Di Google Drive
Biasanya file gambar banyak sekali tersimpan di gadget kamu kan? Maka ketika mengalami memori penuh, kebanyakan orang menghapus data yang ada termasuk foto. Menghapus foto merupakan pilihan yang memberatkan karena biasanya banyak kenangan pada foto tersebut. 

Jadi, kali ini saya ingin memberikan solusi untuk kamu. Kamu bisa menyimpan foto yang ada di gadget kamu ke Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Menyimpan Foto Di Google Drive


Cara Manual:


1. Silahkan masuk ke aplikasi galery yang ada di gadget kamu.

2. Buka foto yang ingin kamu simpan di Google Drive.

3. Silahkan pilih dan sentuh ikon menu Share yang muncul ketika kamu membuka foto tersebut. Letak ikon ini bisa berbeda di setiap gadget.

4. Lalu pilih dan sentuh ikon Google Drive "Save to Drive"

5. Sebelum menyimpannya kamu bisa mengedit nama file pada kolom Document title, menggantti akun Google drive (jika memiliki lebih dari satu akun) pada kolom Account, dan mengganti folder penyimpanan pada kolom Folder

6. Jika sudah siap disimpan, silahkan sentuh tombol Save.
Cara Menyimpan Foto Di Google Drive
Catatan: Kekurangannya menggunakan cara ini adalah kamu harus melakukannya satu persatu tiap-tiap foto.

Cara Otomatis:


1. Langkah pertama, kamu harus download aplikasi Google Photos di Play Store.

2. Jika sudah terdownload dan terpasang di gadget kamu, silahkan buka aplikasi tersebut, lalu aktifkan Back up & sync ketik memakai aplikasi Google Photos untuk kali pertama.

3. Atau lewat Menu, lalu ke Settings, pilih Back up & sync, dan aktifkan

4. Setelah itu, mengatur sinkronisasi Google Photos dengan Google Drive. Caranya buka menu Settings di Google Photos, lalu aktifkan Google Drive pada bagian Google apps.
Cara Menyimpan Foto Di Google Drive
5. Maka foto yang ada di galeri gadget kamu secara otomatis tersimpan di Google Drive. Untuk bisa melihat foto yang ada di Google Drive, atur terlebih dahulu dengan masuk ke menu pada aplikasi Google Drive, pilih dan sentuh menu Settings, setelah itu aktifkan Auto Add pada bagian Google Photos.
Cara Menyimpan Foto Di Google Drive
Semoga artikel ini bermanfaat.