Begini Gaess! Cara Menghitung Penghasilan Publisher Google Adsense di YouTube

Begini Gaess! Cara Menghitung Penghasilan Publisher Google Adsense di YouTube

Hello gaess....! bertemu lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menghitung penghasilan publisher google adsense di YouTube. Seperti yag telah kita ketahui bersama, YouTube saat ini telah menajdi media berbagi video yang sangat populer dan tentunya dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Sudah banyak sekarang ini orang yang memulai bikin video di YouTube tentunya berharap agar videonya banyak yang akan menonton dan bisa mendapatkan penghasilan melalui YouTube. Akan tetapi sayangnya mencari penghasilan di YouTube gak semudah itu, apalagi untuk saat ini peraturan dari YouTube sudah semakin ketat.

Sekarang aja ni gaess...! udah banyak artist yang mulai bikin Channel YouTube mereka sendiri, karena berkat YouTube ini pula orang biasa bisa menjadi terkenal lewat YouTube bahkan menjadi artist gara-gara YouTube. Sudah pasti hal inilah yang membuat banyak orang-orang tergila-gila pengen membuat YouTube juga dengan harapan supaya bisa mendapat penghasilan, kabarnya sih YouTube membayar para Content Creator di YouTube dengan harga yang lumayan gaess. Buat anda yang pengen memulai pekerjaan menjadi seorang Youtuber dan kamu penasaran dengan penghitungan penghasilannya, simak penjelasan berikut ini.

Begini Gaess! Cara Menghitung Penghasilan Publisher Google Adsense di YouTube


Bagi Hasil dengan YouTube

Mungkin hal pertama yang anda tanyakan adalah  “berapa uang yang bisa kita dapatkan?” hal ini sudah sangat sering sekali dipertanyakan apalagi buat para pemula. Tentu kita sebagai publisher di Youtube pastinya akan bagi hasil dengan Youtube dari iklan yang tayang di Youtube. Nah yang menjadi sumber penghasilan dari Youtube dan para publisher adalah iklan, jadi penghasilan ini bukanlah sepenuhnya untuk kita melainkan bagi hasil dengan Youtube.

Dan kalian tau gak pembagiannya? pembagiannya adalah 45:55, yang mana kita mendapatkan 55% penghasilan dan Youtube akan mendapatkan 45% penghasilan dari iklan. Jadi nilai pendapatan Youtube ini berasal dari CPM atau Cost Per Milies. dan berarti kamu akan dibayar disetiap iklan yang 1000x tayang di video youtube kamu. Kemudian nilai CPM pun berbeda-beda ini tergantung dari niche atau tema video yang kamu upload di Youtube.


Penghasilan dari Jumlah Viewer

Jika yang menonton video yang kamu upload di Youtube, maka akan semakin banyak juga penghasilan yang didapat. Misalnya seorang Youtuber telah mengupload sebuah video yangg menarik dan kemudian telah ditonton sekitar 1.000.000 orang, Nah kira-kira berapa penghasilan yang akan didapat? disini akan bervariasi pendapatannya, yah tergantung dari niche yang diambil dan target nya. Kalau diindonesia sendiri bisanya dengan jumlah viewer 1juta maka akan mendapatkan penghasilan 100$-300$. Dan kalau dirupiahkan sekitar 4 juta lebih.

Jumlah di atas tadi berasal dari RPM atau Revenue per Thousend Impressions. RPM sendiri adalah pendapatan per seribu kali video kalian tayang, yang mana diperoleh pendapatan 0.13$-0.30$. Tapi setiap wilayah atau negara mempunyai harga iklan yang berbeda-beda seperti yang saya jelaskan di atas, ini berarti banyak sekali faktor yang mempengaruhi pendapatan para publisher di Youtube makanya pendapatannya berbeda-beda.

Ada 3 hal lain juga selain beberapa hal di atas, berikut ini yang bisa mempengaruhi penghasilan para publisher di Youtube, adalah:

1. Jumlah Subscriber

Karena jika semakin banyak orang yang subscribe chennel kita, maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan viewer yang besar. Sehingga Youtube akan menilai kita telah banyak orang menyukai video kita dan video kita akan sering direkomendasikan. Tapi walaupun kamu telah mempunyai banyak subscriber kamu juga harus semakin rajin upload video dan jangan sampai malas.

2. Jenis Iklan

Akan sangat berpengaruh pada penghasilan yang kita dapatkan dari jenis iklan yang muncul pada video kita di Youtube . Sebab iklan juga ada yang murah dan ada juga yang harganya sangat mahal. Video yang kita upload di Youtube akan disesuaikan dengan jenis iklan nya juga .

3. Jumlah Klik Iklan

Akan semakin banyak pendapatan dari Youtube yang akan kita peroleh, jika semakin banyak penonton yang meng klik iklan yang muncul di video kita. Tapi disini kamu jangan pernah mencoba untuk mengklik iklan yang muncul di video kamu sendiri yah, sebab hal ini dapat membuat kamu melanggar kebijakan dari Google Adsense. Kalau kamu mengklik iklan kamu sendiri maka yang akan terjadi akun adsense kamu akan dibaned oleh google.

Mungkin itu saja penjelasan singkay dari saya tentang cara menghitung penghasilan publisher google adsense di YouTube. Saya harap apa yang saya sampaikan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kamu ya gaess, dan menjadi motivasi buat kamu dalam membuat channel youtube sendiri dan bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube. Selamat mencoba.