Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS

Kehilangan hp adalah momen yang sangat menyedihkan sekaligus menyebalkan. Entah karena terjatuh, lupa diletakkan di suatu tempat, ataupun dicuri oleh copet. Namun, tenang saja, karena di sini ada cara melacak hp hilang dengan sangat mudah.
Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS
Sebelum membahas lebih jauh, kita yang pernah merasakan kehilangan hp mungkin merasa bingung dan panik ketika hal itu terjadi. Itu sangat lumrah terjadi mengingat ketika kehilangan hp, kita akan merasakan kehilangan barang yang sangat penting, mengingat fungsi perangkat ini yang sangat krusial dalam kehidupan.

Nah, bagi kamu yang ingin melacak hp yang hilang, Kami menyajikan informasi bagaimana menemukan hp Android atau iPhone iOS kamu yang hilang. Cara menemukan hp hilang ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi apapun. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Melacak Hp Android yang Hilang 

Untuk kamu pengguna Android, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan keberadaan hp yang hilang. Nah, bagaimana langkah yang harus kamu lakukan?

1. Cara Melacak Hp Hilang dengan Google Maps dan Gmail

Cara melacak hp hilang. terutama hp androif, yang pertama adalah dengan menggunakan layanan peta daring Google, yaitu Google Maps yang sudah ada di HP kamu, ada beberapa tahapan yang mesti dilalui ketika melakukan cara melacak hp ini:

  • Buka tautan google.com/android/devicemanager atau https://www.google.com/android/find, kamu bisa menggunakan perangkat laptop, tablet, atau smartphone Android untuk membukanya. Lalu, lakukan login ke akun Gmail pribadi kamu.
  • Setelah itu, pilih accept atau terima sesuai penggunaan bahasa yang digunakan di hp.
  • Di halaman itu juga ada pilihan menu yang memiliki banyak sekali fitur seperti putar suara untuk menderingkan ponsel, kunci hp agar tak ada seorang pun yang bisa membuka, dan perintah untuk menghapus semua konten yang kamu miliki. Bila tidak memilih, kamu bisa langsung melihat maps untuk melihat keberadaan hp kamu.
  • Klik Icon GPS yang ada di bagian pojok kanan pop-up. Jika ternyata GPS di hp Android kamu tidak aktif, kamu tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, kamu masih bisa me-reset hp kamu dengan menekan tombol Erase. Sehingga smartphone akan masuk ke pengaturan pabrik dan kemudian menyetel GPS untuk kembali menyala. Lalu, silakan temukan smartphone Android kamu.
  • Setelah itu, lokasi hp kamu yang hilang secara otomatis sudah bisa dideteksi.


2. Cara Melacak Hp Hilang dengan Aplikasi Find My Device

Untuk melakukan cara melacak hp yang hilang kedua ini, kamu akan membutuhkan tambahan lewat aplikasi Find My Device. Sebenarnya cara ini sangat mirip dengan cara pertama, tapi untuk cara kedua ini membutuhkan aplikasi khusus yang nantinya akan menunjukkan keberadaan hp kamu yang hilang:

  • Download aplikasi Find My Device di Google Play Store.
  • Setelah didownload, buka aplikasi ini dan lakukan login menggunakan akun layanan Gmail kamu.
  • Selanjutnya hp akan secara otomatis terlacak lokasi keberadaannya.

Selain melacak keberadaan hp, kamu juga bisa memanfaatkan fitur untuk mengunci hp, atau bahkan membunyikan hp yang dilacak untuk sekadar mengetahui letak pastinya atau menakut-nakuti pencuri hp kamu bila memang dicuri. Penjelasan fitur itu bisa dilihat di bawah ini.
Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS
Dimenu pertama, kamu bisa melihat informasi lokais yang menunjukan keberadaan hp kamu, beserta kapasitas baterai yang bertahan dan waktu hp tersebut terakhir dinyalakan. Menu kedua, kamu bisa menggunakan Play Sound untuk memunculkan suara dering pada hp kamu yang hilang selama lima menit dalam volume maksimum. Menariknya, fitur ini tetap berfungsi meskipun hp kamu dalam mode silent.
Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS
Menu ketiga adalah lock yang akan mengunci hp android kamu secara otomatis sehingga tidak bisa di akses orang lain. Sementara itu, menu terakhir adalah Erase yang memungkinkan kamu menghapus semua data secara manual, termasuk foto, video ataupun aplikasi.
Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS
Untuk menggunakan layanan Find My Phone di atas, tentunya kamu harus melakukan beberapa langkah di hp yang kamu gunakan. Cara melakukannya, silakan masuk setting > Google > security lalu aktifkan fitur Remote Data Wipe.

3. Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Find My Device sebenarnya adalah aplikasi buatan Google yang bisa dimanfaatkan oleh kamu. Namun, selain itu, bila hp kamu hilang, ada banyak aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan hp kamu.

Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Ini diantaranya:

Hidden Eye
Aplikasi pelacak hp hilang Android pertama adalah Hidden Eye. Yang menarik dari aplikasi ini adalah mampu menangkap foto objek yang dicurigai sebagai pencuri hp jika ia salah membuka kunci password yang sudah kamu atur sendiri. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyalakan alarm apabila si pencuri hp salah memasukkan password lebih dari tiga kali.

Family Locator
Family Locator adalah aplikasi pelacak hp Android yang akan menampilkan dan mencium keberadaan ponsel yang dicuri denganmenggunakan GPS. Menariknya, dengan aplikasi ini, para anggota keluarga juga bisa ikut melacak keberadaan ponsel kamu. Jadi, proses pencarian hp bisa berjalan lebih mudah. Sayangnya, aplikasi pelacak hp hilang ini belum bisa berfungsi untuk memfoto si tersangka.

Melacak iPhone yang Hilang

Jika cara diatas berlaku untuk menemukan keberadaan hp Android, kamu pengguna iPhone bisa melakukan cara berikut ini:

1. Melalui Aplikasi Find My iPhone

Langkah berikut berlaku jika kamu sudah mengaktifkan aplikasi Find My iPhone dan GPS sebelum terjadi kehilangan. Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan masuk ke Settings, klik Privacy, klik Location Services dan geser toogle ke posisi on. Pastikan pula bahwa Find My iPhone sudah masuk ke dalam list aplikasi yang menggunakan layanan GPS
Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS
Setelah itu, silahkan akses Find My iPhone di perangkat iPhone lain dengan login email yang dipakai di iPhone kamu yang hilang. Jika proses login berhasil, klik perangkat untuk menemukan lokasi keberadaan iPhone kamu di maps. Jika perangkat tersebut ada di sekitar kamu, silahkan bunyikan perangkat agar membantu kamu menemukannya.

Selain mengaktifkan nada dering, kamu juga bisa memilih mode hilang sehingga iPhone kamu bisa terkunci secara jarak jauh menggunakan password. Lewat mode ini, kamu pun bisa menampilkan pesan khusus agar dibaca oleh sang penemu ataupun pencuri.
Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS
Opsi lainnya, kamu bisa menghapus data iPhone secara remote sehingga semua informasi yang disimpan di iPhone tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain. Perlu diingat, opsi ini membuat iPhone hilang kamu tidak disertai kunci aktivitasi sehingga perangkat bisa dengan bebas digunakan kembali oleh orang lain.

2. Melalui Layanan Web Find My iPhone

Selain menggunakan iPhone lain untuk menemukan perangkat kamu yang hilang, kamu pun bisa menemukan iPhone hilang kamu menggunakan website.
Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS
ertama, silahkan akses https://icloud.com/find dan login Apple ID kamu.
Cara Menemukan Hp yang Hilang, Mudah Dilakukan Dengan atau Tanpa Aplikasi - Android dan iOS
Setelah login berhasil, kamu bisa melihat lokasi keberadaan iPhone kamu. Untuk menyalakan ringtone, silahkan klik Play Sound, pilih Lost Mode untuk mengunci iPhone kamu dengan password atau pilih Erase iPhone untuk menghapus semua data.

Pada dasarnya, bagi kamu yang menggunakan hp non Android seperti iOS tetap bisa melacak hp dengan mudah. Di mana kamu tetap bisa melakukan cara pertama atau kedua, karena pada dasarnya hp iOS tetap akan meminta data email kamu pada saat pemakaian.

Dari situ, hp tersebut tetap akan bisa terlacak meski dicuri sekalipun. Sementara untuk menggunakan aplikasi, kamu bisa juga menggunakannya asal hp kamu tersedia Google Play Store atau aplikasi tersebut tersedia di Apple App Store.

Jaga Keamanan HP kamu dari Sekarang

Walau cara melacak hp hilang di atas mudah dilakukan, jangan menunggu hp kamu hilang. Sebagai pengguna, taruhlah hp kamu di tempat yang aman, terutama bagi kamu yang sering menggunakan kendaraan umum. Namun, jika suatu saat kehilangan hp, maka kamu bisa melakukan cara melacak hp yang hilang di atas sesegera mungkin.

Semoga bermanfaat!