Kamu Wajib Tahu! Tips Mencegah Kecanduan Bermain Game Online Sepanjang Waktu

Bagi anak-anak remaja bermain game online merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan pada waktu senggang. Karena dengan bermain game kita dapat melepas rasa penat, lelah dan juga galau jika memainkan berbagai macam game online yang sudah tersedia untuksekarang ini. Tetapi adanya game online ini memiliki dampak positif dan juga negatif. Seperti yang telah kita ketahui telah banyak terjadi kasus yang mana orang-orang bermain game online sudah menjadi kecanduan. Sehingga mereka menjadi kecanduan dan sulit membatasi diri dalam bermain game, karena hampir semua waktu habis hanya diguakan untuk bermain game.

Maka dari itu hal tersebut akan berakibat buruk sebab waktu yang dimiliki menjadi terbuang percuma begitu saja. Jika kecanduan ini dibiarkan terus berlanjut maka otomatis akan dapat menggangu proses belajar anak dan tumbuh kembangnya. Jadi pada kesempatan kita kali ini, saya akan memberikan beberapa tips paling maknyus supaya hal ini dapat cepat diatasi. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.

Kamu Wajib Tahu! Tips Mencegah Kecanduan Bermain Game Online Sepanjang Waktu

Kamu Wajib Tahu! Tips Mencegah Kecanduan Bermain Game Online Sepanjang Waktu


Kecanduan bermain game mempunyai banyak efek negatif yang dapat ditimbulkan akibat kecanduan bermain game online. Bukan itu saja, bermain game secara berlebihan juga dapat berpengaruh pada kesehatan yang mengakibatkan turunnya kesehatan tubuh dan mata. Andai saja hal ini diteruskan dilakukan tanpa mencari solusinya, maka masalah yang lebih besar akan segera datang di masa depan. Begini cara untuk mengatasinya:

1. Kesadaran Akan Kecanduan Game Online

Yang paling utama dalam hal ini ialah kesadaran diri bahwa ia telah kecanduan dalam bermain game online. Karena berakibat banyak anak yang menkjadi susah diubah sikapnya yang disebabkan oleh mereka sendiri gak sadar akan kebiasaan buruk tersebut. Dan pada akhirnya mereka gak memikirkan resiko yang dapat ditimbulkan pada kecanduan bermain game online. Kalau ada seseorang yang ingin berhenti kecanduan bermain game, ia terlebih dahulu harus sadar tentang hal ini. Kita harus bisa mengakui bahwa diri kita memang mengalami kecanduan bermain game, supaya kedepannya dapat mengurangi dan bisa berubah menjadi lebih baik.

2. Niat Untuk Berubah

Jika kita sudah sadar apa yang terjadi pada diri kita, kemudian anda harus memiliki niat untuk berubah. Karena ini merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi dasar dari semua tindakan yang akan kita lakukan selanjutnya. Pada saat seseorang memiliki niat yang kuat, maka kedepannya tentu akan menjadi lebih mudah. Jika sebaliknya, kalau niat lemah maka yang akan terjadi kegagagalan untuk sembuh dari kecanduan bermain game.

3. Mulai Berpikir Untuk Masa Depan

Hanya sekedar mengingat bahwa menghabiskan waktu untuk bermain game online dapat berakibat negatif buat masa depan anak-anak. Karena jika seseorang sering bermain game online, ia seolah-olah lupa dan gak memikirkan rencana untuk kehidupannya sendiri. Maka jika seseorang telah mempunyai niat untuk merubah kebiasaan, maka ia juga akan berpikir tentang bagaimana cara supaya bisa menjadi lebih baik lagi untuk masa depannya nanti. Kesimpulannya membuat rencana untuk kehidupan kedepannya ialah lebih penting daripada bermain game sepanjang waktu ya gess...!

4. Jangan Terpancing Oleh Game

Mungkin ada yang penasaran, sebenernya apa yang dapat membuat gamer bisa bertahan selama berjam-jam hanya bermain game. yang membuat mereka mampu bertahan berjam-jam bermain game karena mereka terpancing oleh keseruan game yang dimainkan. Tidak cuma soal kemenangan, terkadang juga disaat kalah pun kecanduan akan terus bermain lagi dan lagi. Hal ini disebabkan karena adanya dorongan ingin cepat menyelesaikan game ataupun rasa gak terima karena kalah. Jadi sebaiknya, janganlah terlalu fanatik terhadap suatu game yang bisa membuat seseorang menjadi lupa waktu.

5. Batasi Waktu Bermain Untuk Diri Sendiri

Bukanlah perkara yang mudah buat mengatasi kecanduan bermain game online. Apalagi bagi seseorang yang memang telah lama mengalami hal ini, pastinya akan butuh usaha yang sangat berat supaya dapat keluar dari kecanduan tersebut. Jadi salah satu tips mudah yang dapat kalian lakukan ialah dengan cara mengurangi waktu untuk bermain game. Harus bisa batasi diri kalian sendiri supaya gak bermain game sepanjang waktu. Hal ini memang membutuhkan proses, namun pasti usaha tersebut akan membuahkan hasil untuk anda.

6. Hargai Diri Sendiri

Banyak orang yang lupa diri jika sudah kecanduan bermain game online, mereka lupa dan gak akan memikirkan dirinya sendiri lagi. Maka dari itu untuk menyembuhkan hal ini ialah kesadaran diri. Pada saat kalian telah berhasil untuk mengurangi waktu bermain game, maka berikan semacam gift atau hadiah untuk diri kalian sendiri, gunanya untuk memberikan apresiasi kepada kita sendiri atas usaha yang telah dilakukan.

7. Buat Diri Sendiri Bosan Dengan Game

Apa yang akan terjadi selanjutnya telah membuat seseorang terus memainkan game karena ia penasaran. Sebagai contoh bermain game RPG, maka kita ingin tahu apa yang akan terjadi di ceritanya sehingga membuat kalian akan terus bermain. Jadi salah satu cara yang ampuh buat mengatasinya ialah dengan memberikan spoiler. Kalian dapat membaca walkthrough atau jalan cerita dari game tersebut di internet. Dan kalian juga dapat mencari cheat supaya membuat diri sendiri cepat bosan dan gak pengen memainkannya lagi.

8. Jangan Pasang Terlalu Banyak Game

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sekarang ini memang sudah gak terhitung ada berapa banyak game online dari berbagai genre. Saking banyaknya pilihan tersebut sehingga membuat anak muda betah untuk memainkan semua gamenya. Pada saat mereka bosan mereka bosan untuk memainkan satu game, mereka akan berpindah ke game lainnya dan begitu seterusnya. Jadi, pola semacam ini akan berakibat kecanduan yang berkelanjutan yang akan dapat membuang-buang waktu. Maka disarankan agar memasang game 1 atau 2 saja untuk mengurangi godaan bermain game sepanjang waktu.

9. Carilah Kegiatan Lain yang Bermanfaat

Jika kalian ingin mempermudah dari menahan godaan bermain game online, ada baiknya kalian mencari kegiatan atau hobi lain yang lebih bermanfaat. Karena selain itu kalian juga dapat mengobrol dengan orang lain untuk menghabiskan waktu senggang. Kalian juga bisa sibukkan diri sendiri supaya lupa dengan game sejenak maka otomatis lama-kelamaan akan gak kecanduan lagi, mungkin bermain game hanya sekedar iseng saja. Cara yang seperti ini sangat ampuh untuk menyembuhkan game addiction yang sudah akut sekalipun.

10. Pergi Konsultasi Atau Terapi

Dalam hal ini memang membutuhkan proses dan usaha, untuk membantu semuanya kalian juga dapat datang ke tempat terapi. Disana kalian akan menemukan orang yang mungkin dapat mendengarkan masalah kalian dan akan membantu mencari solusinya. Maka dengan begitu kalian akan menemukan lebih banyak motivasi supaya dapat sembuh dari kecanduan bermain game online ini.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan untuk mengatasi kecanduan bermain game online khususnya  di kalangan anak muda. Fenomena semacam ini memang harus segera dicari solusinya supaya nanti gak menimbulkan efek yang lebih buruk lagi. Kalau kalian memiliki masalah yang sama, silahkan coba beberapa tips diatas, semoga dapat membantu dan selamat mencoba terimakasih.