Kenapa RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Kenapa RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Saat ini hampir semua orang telah menggunakan smartphone untuk aktifitas keseharian nya. Sehingga dengan seiring berjalannya waktu semakin lama semakin canggih, maka perkembangan smartphone terus berkembang semakin pesat, Jika kita lihat saat ini smartphone sudah dapat mengalahkan perkembangan perangkat lain yang lahir terlebih dahulu misalnya laptop atau yang lainnya.

Jadi untuk anda yang mempunyai perangkat smartphone maupun laptop tentu sering mendengar maupun membaca tentang istilah RAM. Karena RAM ini sangat berguna untuk menyimpan data sementara. Dan juga hampir sama dengan Komputer, Smartphone dan Tablet Android juga sangat membutuhkan memori RAM agar dapat melakukan aktivitas Multitasking pada Layar misalnya bermain game, Chatting, internetan,Video Call, atau pun streaming, hal ini memang sering dilakukan oleh para pengguna Smartphone.

Dalam membuka aplikasi yang banyak maupun bermain game berat tentu membutuhkan banyak memori. Contoh jika anda saat membuka Aplikasi Messenger secara bersamaan, jadi itulah yang dapat menyebabkan RAM Android anda menjadi penuh. Jika android anda memiliki kapasitas RAM yang cukup besar maka gak terlalu bermasalah, namun jika android anda cuma memiliki RAM yang berkapasitas kecil misalnya 1GB atau 512MB otomatis smartphone anda akan terasa berat dan lemot.

Kenapa RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit


Jadi pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk mengatasi kenapa RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit. Jadi untuk mengatasi RAM Android anda yang seringkali penuh maupun cepat habis caranya sangat mudah, silahkan simak caranya berikut ini.

1 : Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Alangkah baiknya anda harus melakukan hentikan aplikasi yang jarang anda pakai secara paksa. Sebab biasanya aplikasi yang sering membuat RAM cepat penuh adalah aplikasi chat, jadi hentikan saja aplikasi chat yang berjalan di belakang layar misalnya BBM, Facebook Messenger, Instagram, dan juga yang lainnya secara paksa. Caranya silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini agar dapat menghentikan aplikasi secara paksa.

Silahkan buka menu Pengaturan » Aplikasi » Manajer Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » selanjutnya tap “Paksa Berhenti” lalu “Hapus Data”.

2 : Pindahkan Aplikasi dari Internal Card ke Eksternal Card

Sebenernya cara yang ini gak berkaitan dengan penuhnya memori RAM, namun cara ini bisa anda gunakan sebagai alternatif saja untuk menghemat memori Internal Android supaya memiliki Space yang agak besar. Jadi khusus untuk Jelly Bean Ke atas anda dapat memindahkan aplikasi Android ke Eksternal Card langsung melalui Smartphone Android anda sendiri, gak perlu aplikasi tambahan. Namun anda juga bisa memakai aplikasi tambahan misalnya LINK2SD. Caranya silahkan ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Silahkan buka menu Pengaturan » Aplikasi » kemudian tap Unduhan » cari nama aplikasi, selanjutnya tap “Pindahkan Ke Kartu SD”.

3 : Hapus Atau Nonaktifkan Aplikasi Yang Jarang Kamu Pakai

Jadi alangkah baiknya anda harus nonaktifkan saja aplikasi bawaan yang jarang anda pakai, atau mungkin jika anda ingin menghapusn aplikasi bawaan yang tidak kamu gunakan tersebut silahkan hapus saja. Karena cara ini akan membuat RAM anda akan menjadi lebih lega, dan memori Internal anda juga akan memiliki space ruang yang cukup banyak. Caranya silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini.

Silahkan buka menu Pengaturan » pilih Aplikasi » kemudian tap Unduhan » cari nama aplikasi bawaan, selanjutnya tap “Nonaktifkan”.

4 : Bersihkan Cache Secara Rutin

Kemudian anda sebaiknya bersihkanlah file cache pada Android anda secara rutin minimal 3 hari sekali atau seminggu sekali supaya performa Android anda tetap Optimal dan gak mudah lemot. Dan juga, bisa mengurangi dampak error pada aplikasi misalnya LAG, Macet, muncul pesan error, dan lain-lain. Anda bisa memakai aplikasi cleaner atau secara manual buat membersihkan cache android secara rutin. Caranya silahkan ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Silahkan buka menu Pengaturan » Aplikasi » Manajer Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » selanjutnya tap “Hapus Cache”.

5 : Gunakan Aplikasi Booster

Menggunakan aplikasi Booster dapat juga meningkatkan performa Android anda secara signifikan dan buat meningkatkan penggunaan RAM supaya lebih optimal dan gak gampang lemot. Sudah banyak aplikasi Booster antara lain CM Booter, Clean Master, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Mungkin ini saja penjelasan dari saya. Cara yang saya sampaikan diatas dapat anda gunakan pada  perangkat Android misalnya Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Acer, LG, Smartfreen Andromax, EverCross, dan sebagainya. Semoga bermanfaat selamat mencoba.