Cara Melacak HP Dengan IMEI

Berbicara mengenai handpone hilang, banyak sekali cara untuk menemukannya. Dan pada umumnya jika handphone android yang hilang, kita bisa melacaknya dengan GPS memanfaatkan akun goggle. Tapi bagaimana jika hal itu tidak berfungsi?
cara melacak hp dengan imei
Jika tidak berfungsi, kita bisa menggunakan nomor IMEI. Nomor imei ini dimiliki oleh setiap handpone diseluruh dunia dan nomor imei antara handphone satu dengan yang lainnya berbeda. Maka dari itu mungkin saja pelacakan menggunakan cara ini bisa jauh lebih mudah untuk anda.

Apa itu IMEI?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas dari hp yang menyimpan berbagai macam data penting dan setiap hp hanya mempunyai satu atau dua nomor imei tergantung menggunakan singgle atau dual sim. Nomor imei pada umumnya berjumlah antara 15-16 digit, kemungkinan dimasa mendatang bisa lebih dari angka digit tersebut karena produksi hp tidak pernah berhenti dari hari ke hari.

Biasanya hanya nomor imei dari sim satu saja yang akan digunakan sebagai identitas resmi. Oleh karena itu, nomor imei ini sangat penting maka nomor imei pun harus disimpan dengan baik.

Cara Melacak HP Hilang Lewat IMEI Untuk Smartphone Android

Hal Pertama Untuk Menggunakan Cara Ini

  • Anda harus mengingat kode imei handphone android anda yang hilang atau sebelumnya sudah pernah anda catat.
  • Jika tidak ingat atau lupa mencatatnya, minimal anda memiliki dusbook handphone yang hilang tersebut. 
  • Handphone yang anda lacak sengan aktif, karena itu akan lebih memudahkan dalam melacak handphone anda.
  • Mengaktifkan mode lokasi (Optional).

Cara Melacaknya

  • Pertama, setelah anda mendapatkan nomor IMEI handphone yang hilang tersebut, masuk ke situs Find My Phone Google.
  • Masukan nomor IMEI dari handphone yang hilang, atau bisa lebih mudah jika ponsel tersebut sudah terhubung langsung dengan akun google.
  • Tunggu beberapa menit dan klik tanda seperti pada gambar di bawah ini.
cara melacak hp dengan imei
  • Jika sudah seperti gambar di atas, berarti handphone android anda sudah berhasil dilacak.
  • Langkah selanjutnya adalah menuju lokasi untuk menganmbil handphone tersebut. Setelah sampai dilokasi, anda bisa membunyikan handphone android tersebut dengan memilih pilihan Putar Suara.

cara melacak hp dengan imei

Nah, itulah cara melacak hp yang hilang melalui nomor imei dengan mudah dan cepat. Perlu anda ketahi bahwa melacak hp yang hilang bukanlah sesuatu yang mudah, karena hp tidak ada surat-surat seperti motor. Jadi, cara ini merupakan salah satu cara yang membantu anda.

Sekian artikel dari kami mengenai cara melacak hp hilang lewat imei untuk smartphone android. Semoga artikel ini bisa membantu anda melacak hp anda yang hilang. Selamat mencoba dan Semoga berhasil.