Cara Mengatasi WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim

Cara Mengatasi WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim

Kini WhatsApp telah menjadi aplikasi chatting paling populer yang banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Karena hampir semua pengguna Android atau iOS sudah memakai aplikasi chatting ini.

Taukah kalian apa faktor sehingga membuat WhatsApp menjadi populer? Faktornya ada dua; yakni karena penggunaannya sangat gampang dan juga gak ada iklan di dalam aplikasi tersenut. Akan tetapi dengan begitu, WhatsApp juga merupakan aplikasi chatting yang gak sepenuhnya sempurna loh. Nah ada juga sejumlah masalah yang terkadang dapat terjadi kapan dan dimanapun kalian berada, misal salah satunya adalah pending atau pesan tidak terkirim.

Sudah pasti sangat mengangu jika kalian menemukan masalah yang satu ini. Apalagi ketika sedang mengirim pesan yang sifatnya penting. Tentu semua para pengguna Whatsapp suda pernah mengalami masalah macam ni kan? Kalian gak usah khawatir, berikut kami akan memberikan Cara Mengatasi WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim yang dapat kalian lakukan.

Cara Mengatasi WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim


1. Menggunakan Jaringan 3G/4G

Peretama satu hal yang harus kalian lakukan kalau Whatsapp kalian mengalami pending ialah dengan melihat jaringan internet yang kalian gunakan sebab bisa saja WhatsApp pending disebabkan karena jaringan yang kurang baik atau tidak ada sinyal sama sekali.

Maka dari itu cara mengatasi Whatsapp yang pending kalian diharuskan buat mastiin jaringan internet kalian gunakan di Android 3G atau 4G agar mendapatkan sinyal internet yang lebih kencang maka pesan WhatsApp yang 'nyangkut' dapat terkirim dengan baik.

2. Gunakan Mode Pesawat

Kalau kalian sudah menerapkan cara yang pertama tetapi masih belum ada perubahan, maka cara berikutnya kalian lakukan yakni dengan menggunakan mode pesawat.

Bagaimana cara melakukannya, caranya agar dapat menyalakan mode pesawat beralihlah ke menu setting, biarkan paling tidak 5 detik lalu mematikannya kembali. Nah hal tersebutlah yang akan membuat jaringan internet kalian direstart maka jaringan internet akan kembali lancar dan dapat mengirim pesan WhatsApp tanpa pending lagi.

Akan tetapi terkadang cara ini harus dilakukan berkali-kali supaya jaringan internet menjadi normal dan bagus kembali dan kalian dapat mengakses internet dengan lancar.


3. Hapus Cache

Kemudian yang bisa kalian laukan berikutnya ialah dengan cara menghapus cache. Kalau WhatsApp sering dipakai, dengan otomatis cache yang terkumpul pun semakin lama akan semakin banyak. Walaupun cache merupakan data yang disimpan sementara di Android untuk mempercepat sebuah aplikasi, tetapi kalau cache yang terkumpul ini terlalu banyak, maka hal inilah yang juga dapat membuat WhatsApp menjadi error dan pending sehingga akan membuat kita susah, salah satunya kalian akan sulit untuk mengirimkan pesan.

Maka dari itu kalaau WhatsApp kalian sering pending, alangkah baiknya kalian segera periksa cache WhatsApp kemudian menghapusnya supaya WhatsApp akan kembali berfungsi normal.


4. Bersihkan Data

Selanjutnya kalian juga bisa membersihkan data WhatsApp. Kalau sudah menghapus seluruh cache dan masih saja Whatsapp kalian pending, selanjutnya kalian bersihkan data. Kalau ada beberapa chat di WhatsApp yang sekiranya gak penting, jadi sebaiknya data harus di backup terlebih dahulu.

Nah kalau udah selesai di backup maka kalian dapat membersihkan data. Dengan cara, kalian pergi ke menu Setting, pilih Apps & Notifications, lalu pilih WhatsApp, kemudian Storage, lalu Clear Data. Kalau kalian sudah membersihkan data, maka aplikasi WhatsApp akan segera kembali seperti semula atau saat pertama kalia kalian install aplikasi tersebut. Maka semua chat kalian akan akan hilang seluruhnya.


5. Update dan Install WhatsApp Terbaru

Penyebab selanjutnya mungkin aplikasi Whatsapp kalian sudah kadaluarsa ini berarti kalian masih menggunakan WhatsApp versi yang lama sedangkan WhatsApp versi yang terbaru telah tersedia.

Nah kalau kalian telah meng-update WhatsApp ke versi terbaru namun masih saja pending, kalian bisa mencoba untuk meng-uninstall aplikasi Whatsapp tersebut. Lalu kalian install kembali aplikasi WhatsApp tersebut. Karena biasanya cara ini sangat efektif buat mengatasi WhatsApp kalian yang pending.


6. Restart Smartphone

Perlu anda ketahui juga, kalau jaringan internet bukan penyebab aplikasi WhatsApp kalian menjadi pending, mungkin saja ini disebabkan oleh smartphone kalian sendiri. Nah bagaimana cara mengatasinya, caranya kalian bisa mencoba untuk me-restart smartphone kalian .

Jika kalian selesai menghidupkannya kembali, maka selanjutnya kalian jalankan aplikasi WhatsApp seperti biasanya dan kirim ulang pesan yang sebelumnya terganggu atau mengalami pending. Dan cara ini merupakan cara yang cukup efektif untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp kembali menjadi normal seperti biasa.


7. Matikan Fitur Battery Saver

Untuk yang terakhir, cara untuk mengatasi WhatsaApp yang pending ialah mematikan fitur Battery Saver hp kalian. Fitur Battery Saver ini akan secara otomatis menyala kalau baterai android kalian tersisa lagi sedikit, ini biasanya di bawah 15%.

Karna kalau fitur ini aktif maka akan membuat aplikasi kalian akan berjalan lebih lambat dan mungkin saja ini menjadi alasan mengapa Whatsapp menjadi pending. Karena hal ini dilakukan supaya android memakai daya yang lebih hemat dan lebih lama.

Kalau Whatsapp kalian mengalami pending alangkah baiknya kalian harus cepat mematikan fitur Battery Saver pada menu pengaturan, kemudian sesegera mungkin mengisi daya smartphone kalian  sebelum kehabisan baterai. Itu saja sedikit informasi dari kami semoga bermanfaat, terimakasih.