Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menghapus aplikasi bawaan hp (Android). Cara ini sebagian besar pengguna android tidaklah mudah. Dan juga tidak boleh asal hapus karena ada beberapa aplikasi bawaan hp yang memiliki peranan pentig pada HP tersebut.

Cara di bawah ini mewakili banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus aplikasi bawaah hp. Langsung aja disimak gan.
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp Tanpa Root

Pada cara ini, kamu tidak dapat menghapusnya secara permanen, kamu hanya bisa menonaktifkannya saja. Cara ini berguna untuk mengurangi penggunaan RAM. Berikut langkah-langkahnya.

- Silahkan pergi ke menu Pengaturan/Settings pada HP kamu.
- Ketuk atau tap menu Aplikasi/Apps/Aplications yang berada pada menu Pengaturan. Maka, akan muncul berbagai aplikasi yang terinstal pada HP android kamu.
- Lalu, klik aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan atau hapus.
- Kemudian ketuk atau tap tombol ‘Disable’ untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi tersebut. - Tetapi andai aplikasi itu tidak bisa dihapus, coba pilih dan tap tombol ‘Force Stop’ terlebih dahulu. Karena bisa jadi aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang jadi harus dihentikan terlebih dahulu.
- Lanjut sekali lagi dengan tap ‘Disable’ lalu tekan OK.
- Dan kini aplikasi bawaan HP android kamu telah berhasil dihapus.

Supaya aplikasi tersebut tidak berjalan lagi, kamu bisa menonaktifkan update otomatis pada Google Play Store. Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketika, salah satunya menggunakan aplikasi CCleaner. Kamu bisa mengunduhnya di Play Store.
Baca juga: Cara Melacak Lokasi Lewat No Hp

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp Dengan Root

Cara ini mewajibkan kamu untuk me-Root HP Android kamu sebelumnya. Kemudian download aplikasi System App Remover. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

- Pertama download aplikasi ‘System App Remover’ di Google Play Store. 
- Setelah berhasil diunduh dan diinstal, buka aplikasi tersebut. Biasanya akan muncul Pop Up notifikasi SuperSU yang meminta akses root. Tap atau ketuk saja ‘Grant’ atau ‘Izinkan’.
- Tentukan aplikasi bawaan hp yang ingin kamu hapus. Kamu juga bisa memilih beberapa aplikasi sekaligus.
- Kemudian tap atau ketuk ‘Uninstall’.
- Ketika muncul Pop Up, tap ‘Yes’.
- Silahkan tunggu proses uninstall aplikasi-aplikasi tersebut  hingga selesai.
- Kini aplikasi bawaan hp Android kamu berhasil dihapus.

Semoga artikel ini yang membahas tentang cara menghapus aplikasi bawaan hp bisa bermanfaat untuk kamu.