Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Dijaman era modern seperti saat ini contoh surat lamaran kerja via E-mail banyak dicari oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan. Biasanya, orang melamar kerja dengan cara mengirim surat lamaran melalui kantor pos atau dikirim sendiri secara langsung ke perusahaan/kantor yang sedang membuka lowongan pekerjaan, namun sekarang orang mengirim surat lamaran kerja melalui Email. Dengan mengunakan Email, pencari kerja bisa lebih mudah dan lebih hemat dalam mengirim surat lamaran ke perusahaan karena tidak memerlukan amplop dan perengko, dan tidak perlu pergi ke perusahaan untuk mengirim surat lamaran.
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email
Bagi perusahaan penerima kerja pun tentunya akan lebih praktis bila surat lamaran pekerjaan dikirimkan melalui E-mail. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan-perusahaan di Indonesia yang membuka lowongan kerja dan mengundang siapapun yang tertarik untuk mendaftar untuk segera mengirimkan resume mereka beserta kelengkapannya lewat E-mail.

Ada beberapa cara persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum mengirim surat lamaran kerja melalui E-mail adalah sebagai berikut.

  1. Surat lamaran kerja, baik dalam bentuk Microsoft Word, Note, ataupun Acrobat PDF (usahakan ukuran file tidak lebih dari 25MB)
  2. Daftar riwayat pekerjaan (CV)
  3. Scan ijasah
  4. Scan sertifikat
  5. Scan KTP
  6. Pas photo
  7. Surat-surat lain (sesuai dengan permintaan perusahaan tempatmu melamar)

Tata cara mengirimkan surat lamaran kerja melalui E-mail.


  1. Kumpulkan semua berkas yang diperlukan dalam satu forder serta kapasitasnya tidak lebih dari 25 MB
  2. Gunakan akun E-mail yang aktif. Apabila belum punya, buatlah lebih dahulu
  3. Nama email yang digunakan haruslah sama dengan indentitasmu sewaktu melamar kerja
  4. Dapat menggunakan kolom CC (tembusan) atau BCC bila diperlukan
  5. Bila kamu ingin melampirkan data-data pendukung, misalnya seperti sertifikat, dapat menggunakan menu attachment yang bersimbolkan peniti

Template Surat Lamaran Kerja Melalui E-mail

Kepada (Nama perusahaan yang dituju)
CC (tembusan) bila diperlukan
Subject (alasan E-mail ini dikirim)

Dengan hormat, sesuai dengan informasi yang kami baca dari website resmi perusahaan bahwa perusahaan (nama perusahaan) sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai (posisi yang hendak dilamar)

Maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: (nama anda)

Alamat: (alamat yang sesuai dengan identitas)

TTL: (tempat dan tanggal lahir sesuai identitas)

Pendidikan: (pendidikan terakhir)

Bersaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini, saya juga menyertakan daftar riwayat pekerjaan dan data pendukung lainnya yang diperlukan kedalam bentuk lampiran yang dapat diunduh sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Besar harapan saya agar bisa diberikan kesempatan untuk menghadiri tes wawancara guna menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Nama Anda

Contoh-Contoh surat lamaran kerja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa pilihan bentuk file yang bisa dipakai untuk menulis surat lamaran pekerjaan. Bisa ditulis langsung di kolom yang disediakan di E-mail (baik melalui PC ataupun mobile), bisa juga ditulis dahulu di DOC dan nantinya baru dikirim sebagai lampiran. Di bawah ini ada beberapa contoh yang menunjukkan beberapa cara berbeda mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui E-mail:

Melaluo E-mail (DOC)
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Melaluo E-mail (Mobile phone)
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Melalui E-mail (PC) beserta lampiran-lampirannya yang diperlukan
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email


Kesimpulan

Baik dalam bentuk DOC ataupun langsung ditulis dikolom yang disediakan di E-mail, yang terpenting adalah kelengkapannya. Jadi, sebelum dikirim hendaknya diperiksa lagi apakah ada yang salah ketik ataupun ada berkas-berkas yang belum dilampirkan.

Nilai plus dari mengirim surat lamaran kerja lewat email ini selain praktis dan cepat, juga bisa mengatasi permasalahan yang sering kerap kali timbul jika halnya tulisanmu terbilang susah dibaca atau jelek. Namun nilai kurang dari mengirim surat lamaran kerja lewat email adalah bila ketinggalan sebuah lampiran akan susah menambahkannya karena lampiran yang kamu kirim belakangan bisa jadi nantinya akan tertimbun dengan email dari pelamar-pelamar lain. Maka dari itu pastikan semuanya sudah rapi dan lengkap sebelum meng-klik tombol kirim. Tertarik untuk mencobanya?? Semoga berhasil.