Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat

Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat - Seperti yang sering saya ulas sebelumnya, hp kini menjadi barang yang sangat penting di jaman ini. Penggunaanya yang tidak lagi hanya sekedar untuk berkomunikasi, namun di luar itu kamu bisa memanfaatkan untuk hal positif lainnya, seperti bisnis, hiburan, dan yang lainnya.

Seiring perkembangan teknologi yang pesat banya produk-produk smartphone yang muncul saat ini dari berbagai merk hp terkenal yang tentunya kamu sudah mengetahuinya. Namun itu semua tidak menjamin kinerja dari tiap-tiap hp tersebut tetap baik. Karena seiring berjalannya waktu, hp tersebut akan mengalami penurunan performa.

Dan banyak cara di luar sana yang bisa kamu ikuti guna meningkatkan kinerja hp kamu agar lebih ringan dan lebih cepat seperi ketika kamu membeli pertama kalinya.

Karena kamu sudah membaca artikel ini, maka saya tidak ingin mengecewakanmu untuk memberikan cara mempercepat hp android tanpa root yang bisa kamu ikuti dengan mudah.
Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat

Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat


Cara ini akan saya bagi menjadi 2 bagian utama yang akan dibagi lagi menjadi beberapa cara pada setiap bagian utamanya. Langsung aja disimak caranya gan.

1. Menggunakan Aplikasi

Aplikasi yang kamu bisa gunakan ada 2 jenis yakni aplikasi mempercepat kinerja android tanpa root dan aplikasi mempercepat kinerja android yang sudah di root.

Aplikasi Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root
Jika kamu lihat di Play Store, ada banyak aplikasi yang menawarkan untuk membantu kamu meningkatkan kinerja android kamu namun tidak semua yang benar-benar bisa membantu kamu, bukannya meningkatkan malah membuat android kamu semakin lemot. Maka saya rekomendasikan satu aplikasi yang ampuh untuk meningkatkan kinerja android kamu yakni Clean Master. Kamu bisa download di play store atau kunjungi link ini Clean Master Versi Standar atau Clean Master Versi Lite.

Aplikasi Mempercepat Kinerja Android Yang Sudah Di Root
Jika sebelumnya tanpa root maka beberapa aplikasi di bawah ini memerlukan akses root. Jadi android kamu wajib di root sebelum menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan kinerja android kamu. Aplikasi tersebut adalah Aplikasi Greenify dan Aplikasi Link2SD.

2. Tanpa Aplikasi

Jika kamu rasa menggunakan aplikasi terlalu ribet, kamu bisa meningkatkan kinerja Android kamu tanpa aplikasi. Jika penasaran, langsung disimak aja gan.

Optimalkan Kinerja RAM
Jika kamu ingin kinerja hp kamu maksimal maka perhatikan ruang kosong di RAM pada android kamu. Semakin banyak ruang kosong dari RAM semakin baik kinerja android kamu. Namun untuk perangkat android yang memiliki kapasitas RAM kecil, maka solusinya ada di bawah ini.

- Pergi ke menu Setelan / Settings.
- Untuk Android Kitkat (4.1.1) kebawah, tap Apps » Running.
- Untuk Android Lollipop (5.0.1) keatas, pilih Smart Manager » RAM.
- Hentikan aplikasi yang banyak mengkonsumi penggunaan RAM.

Hapus File Tidak Penting
Banyaknya file yang ada di memori internal menyebabkan android kamu lemot, jadi solusinya hapus file-file yang tidak penting atau pindahkan ke kartu memori.

Hapus / Bersihkan Cache
Cara ini juga bisa meningkatkan kinerja android kamu, caranya silahkan ikuti di bawah ini

- Pergi ke menu Pengaturan / Setelan / Settings.
- Pergi ke menu Storage / Penyimpanan.
- Pilih dan tap "Internal Storage / Penyimpanan Internal".
-Tap "Cached Data / Data yang Terseimpan".
-Tap "Hapus" dan Tunggu beberapa saat.

Hapus/Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting
Silahkan kamu amati aplikasi mana aja yang jarang kamu gunakan atau tidak pernah dipakai. Lalu hapus aplikasi tersebut dengan cara di bawah ini.

- Pergi ke menu Pengaturan / Setelan / Settings.
- Tap menu Apps Manager / Pengelola Aplikasi.
- Cari aplikasi yang akan dihapus.
- Pilih dan tap "Hapus/Uninstall"
- Lakukan terhadap semua aplikasi yang akan dihapus.

Jika ada aplikasi yang tidak bisa dihapus, kamu bisa menonaktifkannya saja.

Semoga cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat di atas bisa membantu kamu. Senang bisa berbagi artikel yang bermanfaat.