Ingin Hemat Kuota Internet? Coba Cara Ini

Ingin Hemat Kuota Internet? Coba Cara Ini

Jika kita perhatikan saat ini, kuota internet merupakan pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan ditiap bulannya, Meskipun kita gak punya uang terkadang kita berusaha penuh agar bisa membeli kuota internet, karna memang yang namanya kuota ini sangat menguras kantong secara diam-diam.

Jadi dalam menggunakan internet jika gak terkontrol bisa berujung habisnya kuota internet bulanan. Maka secara langsung kita harus membeli paket kuota internet yang baru yang harganya mungkin tidak murah, bukan itu saja dalam pemakaian yang tidak terkontrol jika kehabisan kuota maka akan otomatis menyedot pulsa kita sebab paketan sudah habis, dan ini tentu terkadang tidak kita sadari.

Jadi pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghemat kuota. Untuk saat ini cara yang sering kita dijumpai untuk menghemat kuota internet adalah dengan menggunakan WiFi. Tetapi, gak semua tempat menyediakan WiFi gratis sedangkan internet hampir dibutuhkan di setiap tempat dan waktu. Mari kalian simak penjelasan kami dibawah ini:

Ingin Hemat Kuota Internet? Coba Cara Ini


1. Menghemat kuota melalui aplikasi 'Maps'

Memang sangat jarang diperhatikan, karena pada kenyataannya fitur Maps ini sangat menguras kuota internet. Sebab Aplikasi Maps ini akan semakin banyak menguras data jika kalian menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Jadi bagaimana cara untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini kalian juga dapat mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, kalian dapat menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps.

Nah jika sudah selesai kalian dapat menggesernya ke bawah hingga bertemu pilihan "Save map to use offline". Kemudian dari sini kalian dapat memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline. kalau kalian menggunakan platfom iOS, kalian dapat menuju settings > privacy > kemudian matikan pilihan 'Location Services'.

Nah kalian cukup aktifkan kembali pilihan yang sebelumnya kamu ubah. Jika kalian sewaktu-waktu ingin menggunakan layanan aplikasi ini.

2. Gunakan browser yang lebih efisien

Dan yang tidak kita sangka juga ternyata dalam pemilihan browser kalian dapat menjadi salah satu penyebab kuota kalian cepat habis. Sebab ada pula yang menduga sebenarnya kinerja browser yang default atau browser bawaan smartphone sangatlah kurang efisisen dalam hal pendayagunaan kuota internet.

Maka dari itu jika kalian ingin mengatasainya, kalian dapat mendownload dan memakai browser yang lebih efisien contoh Opera Mini. Karena browser ini telah banyak terbukti dan mampu menyimpan kuota data internet secara primer dengan mengompres website yang akan di kunjungi.

Jika kalian menggunakan fitur data-saving "video boost", kalian juga dapat mengurangi proses buffer dan bisa mengoptimalkan kualitas gambar walau tanpa perlu menyedot data internet yang tinggi.

Kemudian ada lagi selain Opera Mini, sebagai alternatif browser lainnya yaitu Google Chrome. Namun ini juga, menggunakan trik kalau menggunakan Chrome. Triknya yaitu kalian buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

Kemudian apalagi selain itu? ada juga yang namanya Firefox Lite, aplikasi browser hemat kuota data internet milik Mozilla. Yang pada sebelumnya browser ini bernama Firefox Rocket.

3. Nonaktifkan fitur sinkronisasi terhadap aplikasi yang gak diinginkan

Karna ada banyak sekali aplikasi dari ponsel kalian yang menjalankan sinkronisasi atau minta diperbarui meskipun sedang tidak dipakai. Maka dari itu untuk mengatasi hal ini kalian dapat mematikan atau menonaktifkan sinkronisasi otomatis untuk aplikasi-aplikasi  yang memang jarang jarang digunakan.

Naha caranya untuk Android, silahkan kalian masuk ke menu Settings > Accounts > lalu pilih akun yang gak ingin kalian sinkronisasikan. Untuk iOS, buka settings > general > kemudian pilih nonaktifkan background app refresh.

4. Gunakan aplikasi yang 'hemat' data

Memang media sosial sudah menjadi sumber utama dalam penggunaan kuota kalian. Jadi kalian cobalah beralih ke aplikasi medsos dalam versi yang lebih hemat data, misalnya Facebook Lite, Twitter Lite, Instagram Lite atau YouTube Go.

5. Hanya update aplikasi jika terhubung dengan WiFi

Kemudian cara ampuh lainnya agar dapat menghemat kuota internet yaitu dengan membatasi update aplikasi hanya jika terhubung ke WiFi saja. Karena biasanya tanpa kita sadari sejumlah aplikasi yang membutuhkan pembaruan atau update ini ternyata secara otomatis melakukan pembaruannya sehingga akan menggunakan kuota yang kita miliki.

Sudah pasti hal ini gak akan berpengaruh kalau cuma satu aplikasi saja yang harus diupdate. Tetapi jika puluhan aplikasi yang secara bersamaan membutuhkan update atau pembaharuan? Pasti akan lebih banyak lagi kuota yang sedot. Maka ubahlah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya saat perangkat terhubung dengan WiFi.

Cara untuk mengaktifkannya, dalam Android kalian dapat masuk ke Play Store kemudian pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Kemudian untuk iOS, kalian masuk ke Settings > iTunes & App Stores > matikan pilihan Use Cellular Data.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, selamat mencoba terimakasih.