Cara Mengatasi WA Diblokir Sementara

Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda “Diblokir sementara” ini berarti Anda mungkin menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung dan bukan aplikasi WhatsApp resmi. Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen.
Cara Mengatasi WA Diblokir Sementara
Aplikasi yang tidak didukung, seperti WhatsApp Plus dan GB WhatsApp, adalah versi WhatsApp yang telah diubah. Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Ketentuan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya.

Cara beralih ke aplikasi WhatsApp resmi

Anda mungkin perlu membuat cadangan riwayat chat sebelum pindah ke aplikasi WhatsApp resmi. Nama aplikasi yang tidak didukung yang Anda gunakan menentukan apakah Anda perlu mentransfer riwayat chat Anda. Temukan nama aplikasi dengan mengetuk Opsi lainnya > Setelan > Bantuan > Info Aplikasi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini berdasarkan nama aplikasi: WhatsApp Plus atau GB WhatsApp.

Jika Anda menggunakan aplikasi selain WhatsApp Plus atau GB WhatsApp, kami sarankan menyimpan riwayat chat Anda sebelum mengunduh aplikasi WhatsApp resmi.

GB WhatsApp

Kami sarankan mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyimpan dan mentransfer riwayat chat Anda. Kesalahan dalam mengikuti langkah-langkah tersebut dapat menyebabkan hilangnya riwayat chat. Harap diperhatikan bahwa kami tidak dapat menjamin langkah-langkah berikut akan mentransfer riwayat chat dengan sukses karena WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang tidak resmi.

  1. Tunggu hingga blokir sementara Anda berakhir. Penunjuk waktu akan memperlihatkan jangka waktu pemblokiran.
  2. Di GB WhatsApp, ketuk Opsi lainnya > Chat > Cadangan chat.
  3. Buka Setelan Telepon > ketuk Penyimpanan > File.
  4. Temukan folder GB WhatsApp kemudian ketuk dan tahan untuk memilih folder tersebut.
  5. Di sudut kanan atas, ketuk Lainnya > Ubah nama dan ubah nama folder menjadi “WhatsApp”.
  6. Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp resmi. Jika Anda tidak dapat mengakses Play Store.
  7. Di WhatsApp, verifikasi nomor telepon Anda.
  8. Pada layar Pencadangan, ketuk Pulihkan > Berikutnya.
  9. WhatsApp akan dimuat beserta chat yang telah ada.

WhatsApp Plus

Jika riwayat chat Anda telah disimpan sebelumnya, riwayat tersebut akan ditransfer secara otomatis ke aplikasi WhatsApp resmi. Pelajari cara menyimpan riwayat chat Anda di Pusat Bantuan.

  1. Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp. 
  2. Verifikasi nomor telepon Anda.

Penyebab Akun WhatsApp Diblokir

Tentunya pihak WhatsApp tidak akan memblokir akun WhatsApp anda jika tidak ada pelanggaran pada kebijakannya, jadi ketahui penyebab-penyebabnya di bawah ini.
  1. Melakukan "Spam" pesan ke banyak akun.
  2. Sudah sering di "Laporkan Kontak" dan "Diblokir oleh orang"
  3. Membuat group dan menambahkan orang-orang tidak dikenal secara masal
  4. Melakukan login WhatsApp terus menerus
  5. Melakukan login WhatsApp diberbagai banyak device dan login di Aplikasi WhatsApp yang tidka resmi
  6. Dan hal negatif, mengganggu dan spam lainnya
Pada dasarnya jika kita menggunakan aplikasi WhatsApp secara wajar maka seharusnya akun WhatsApp tidak diblokir oleh pihak WhatsApp. Namun baru-baru ini WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru bahwa pengguna aplikasi WhatsApp yang tidak didukung (tidak resmi) itu berpotensi dapat mengabitkan pemblokiran akun WhatsApp sementara, bahkan hingga permanen.