Fitur Tersembunyi WhatsApp 2019 yang Jarang di Ketahui

Whatsapp ternyata memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya. Walaupun tersembunyi, namun sebenarnya fitur tersebut dapat diakses oleh siapa saja. Sejumlah fitur tersebut dapat memudahkan para penggunanya dalam berbagai hal. salah satunya seperti menjaga privasi, mengatur komsumsi data, hingga menyimpan percakapan kedalam bentuk teks.
Fitur Tersembunyi WhatsApp 2019 yang Jarang di Ketahui

Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Kamu Ketahui

1. Backup Percakapan

Fitur ini memungkinkan kamu dapat membuat sebuah cadangan data percakapan. Dengan begitu apabila kamu berganti ponsel, maka semua percakapan WhatsApp pada ponsel lama kamu dapat di pulihkan kembali. Caranyapun juga cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke menu Setelan atau Setting, kemudian masuk ke tab Chat & Chat Backup.

Nantinya akan muncul beberapa pengaturan untuk menyimpan cadangan data percakapan ke dalam Google Drive. Hanya dengan memasukkan akun Gmail yang kamu miliki dan mengatur supaya aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Maka nantinya proses backup  akan berjalan secara otomatis dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

2. Menyimpan Percakapan Dalam Bentuk Teks

Apabila kamu termasuk orang yang rapi dan senang menyimpan berbagai macam percakapan, maka fitur yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu. Karena kamu dapat menyimpan berbagai percakapan dalam bentuk teks. Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu buka tab obrolan yang ingin kamu simpan chatnya dalam bentuk teks.

Kemudian klik ikon titik 3 yang terletak di bagian pojok kanan atas, lalu pilih More, kemudian pilih Email Chat. Maka berikutnya kamu dapat memilih apakah kamu ingin menyertakan berbagai media di dalam percakapan atau hanya teks saja. Jika sudah, maka akan muncul email untuk mengirimkan percakapan tersebut.

3. Menyembunyikan “Last Seen”

Aplikasi chatting WhatsApp mengijinkan para penggunanya untuk bisa saling melihat waktu terakhir online masing-masing pengguna. Namun apabila hal tersebut dirasa mengganggu privasi, maka kamu dapat menyembunyikan tanda “Last Seen” atau “Terakhir Dilihat” tersebut. Untuk caranya juga sangat mudah.

Kamu hanya perlu masuk ke menu Setting, kemudian pilih tab Account & Privacy. Di situ kamu akan menemukan bilah bertuliskan “Last Seen“. Klik tab tersebut, maka nantinya akan muncul pilihan lain secara pop up. Kamu dapat memilih Everybody (semua orang dapat melihat), My Contact (hanya kontak kamu yang dapat melihat), dan Nobody (tidak terlihat untuk siapapun).

4. Menghentikan Download Otomatis

Pada umumnya apabila kita berbagi foto dan media lainnya yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp, maka akan secara otomatis media tersebut akan di unduh. Hal tersebut dapat mengakibatkan konsumsi daya, paket data, dan kapasitas memori yang cukup besar. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat mengubah pengaturan supaya semua media yang diterima melalui WhatsApp tidak terunduh secara otomatis.

Caranya mengaturnya juga mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Setting > Data Usage > Media Auto Download. Terdapat tiga pilihan yang bisa kamu pilih yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Pada masing-masing pilihan tersebut, kamu dapat memilih media apa saja yang akan diunduh secara otomatis atau tidak diunduh sama sekali .

5. Blokir Kontak

Jika kamu sering mendapatkan pesan spam atau pesan sampah yang mengganggu dari orang yang tidak dikenal, maka untuk mengatasi masalah tersebut kamu dapat memblokir kontak orang tersebut dengan mudah. Caranya juga sangat mudah yaitu buka percakapan orang yang dituju, kemudian klik ikon titik 3 di bagian pojok kanan atas, lalu pilih Block. Bagaimana mudah kan?.

6. Membuat Huruf Tebal & Miring

Perlu kamu ketahui bahwa WhatsApp pada saat ini dapat menampilkan huruf dalam format tebal atau bold, miring atau italic, dan dicoret atau strike through. Kamu dapat membuat tulisan tersebut dengan cara memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin kamu buat.

Supaya kata yang kamu buat menjadi tebal, maka gunakan tanda bintang (*) di antara kata yang diinginkan, misal *caraseobali* . Untuk membuat miring, gunakan tanda underscore (_) di antara kata yang diinginkan, misal _caraseobali_. Dan untuk membuat kalimat dicoret, gunakan tanda (~) di antara kata yang diinginkan, misal ~caraseobali~.

7. Tanda Bintang

Kamu dapat memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang berada di WhatsApp. Tanda bintang tersebut berfungsi untuk mencatat berbagai informasi penting yang ingin kamu tandai. Caranya yaitu, pilih pesan yang ingin kamu tandai, kemudian klik dan tahan selama beberapa detik. Maka nantinya akan muncul tanda Bintang pada header WhatsApp. Kemudian klik tanda Bintang tersebut.

Jika kamu ingin melihat berbagai macam pesan yang sudah ditandai dengan bintang, maka kamu hanya perlu klik ikon titik 3 yang berada di sudut kanan atas. Kemudian pilih tab bertuliskan Starred Messages“. Tentunya sangat mudah dan membantu bukan.

8. Menyembunyikan Tanda Read

Setiap pesan yang kita kirimkan apabila sudah dibaca maka akan di simbolkan dengan tanda dua centang berwarna biru. Namun apabila kamu tidak ingin orang lain mengetahui status pesan kamu sudah dibaca atau belum, maka kamu dapat mengubahnya.Untuk caranya masuk ke menu Setting > Accounts & Privacy > scroll ke bawah dan pilih menu Read Receipts. Unchecklist atau hapus tanda centang pada bagian tersebut untuk menonaktifkan nya.

9. Membalas Pesan Yang Sudah Tenggelam Di Grup

Apabila kamu ingin mengutip salah satu pesan pada grup dan ingin membalasnya, maka kamu harus menekan lama pada pesan tersebut. Dan kemudian akan muncul beberapa ikon yang dapat kamu pilih. Salah satunya yaitu ikon tanda panah yang terletak di bagian paling kiri. Kamu hanya perlu menekan nya satu kali.

Maka secara otomatis WhatsApp akan mengutip pesan yang kamu inginkan untuk dibalas. Jika sudah selesai menuliskan balasan, kemudian kirim pesan tersebut. Dengan begitu maka anggota grup akan paham bahwa kamu sedang membahas sebuah obrolan yang lebih spesifik yang dilontarkan oleh satu orang.

10. Colek Teman Di Grup

WhatsApp memiliki fitur mention atau mencolek teman yang berada pada group percakapan yang sama. Dengan adanya fitur ini, maka para pengguna yang tergabung dalam grup tersebut akan menjadi lebih awas ketika di mention. Fitur ini akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi pada saat pengguna di mention.

Walaupun kru percakapan tersebut sudah dibuat dalam mode senyap atau mute. Sebelumnya, apabila pengguna mute sebuah grup, maka sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apapun. Sehingga para pengguna seringkali tidak menyadari bahwa mereka sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Fitur mention dapat kamu pakai dengan cara mengetikan tanda “@” (tanpa tanda petik). Setelah mengetikkan simbol “@” pada kolom percakapan, maka akan muncul dari deretan nama kontak yang terdapat dalam grup tersebut. Kamu dapat mengetik nama kontak yang kamu inginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang telah dimunculkan oleh WhatsApp.

Itulah mengenai fitur tersembunyi whatsapp yang wajib kamu ketahui. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, maka kita akan dimudahkan dalam beberapa hal.