Nasib Merek HP Terkenal, Sekarang Bangkrut Semua

Semakin hari perkembangan smartphone sudah semakin tak terkendali, Sudah banyak sekali saat ini merek HP yang bermunculan berhamburan di pasaran seperti penjual kacang. Diantaranya adalah Xiaomi, Samsung, Oppo, dan Vivo dll, merupakan sebagian contoh merek HP yang pada saat ini banyak sekali peminatnya oleh penggemar gadget apalagi di Indonesia.

Perlu kalian ketahui, sebelum merek-merek ini booming dan bertahan di pasar seperti sekarang ini, sebelumn mereka ada beberapa merek HP yang dulunya melegenda namun perlahan pudar dan bahkan dikabarkan bangkrut alias gulung tikar.

Dengan seiring pesatnya pertumbuhan merek HP baru yang ada saat ini membuat merek-merek tersebut kalah saing dan menghilang tak meninggalkan jejak bagai di telan Bumi.

Nasib Merek HP Terkenal, Sekarang Bangkrut Semua

Tidak ada yang menyangka jika merek-merek HP yang dulunya terkenal ini sekarang justru bangkrut. Jika kalian penasaran, Yuk kita langsung intip penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Motorola


Jika kalian Anak '90-an pasti tahu dengan merek HP yang satu ini, HP ini dulu sangat terkenal. Design HP yang diusung Motorola juga mewah pada zamannya dan mempunyai kesan futuristik. Juga merupakan salah satu HP Motorola yang paling laku di pasaran pada saat itu Motorola Razr, HP ini banyak diminati sebab mempunyai design yang terlihat elegan.

Sudah dari zaman dulu juga HP ber-design flip memang menjadi tren dan mempunyai banyak penggemar. Sayangnya, sekarang merek ini enggak lagi populer kayak dulu lagi. Bahkan, kabarnya Motorola telah diakusisi oleh Lenovo.

2. Sony Ericsson


Selanjutnya Sony Ericsson menjadi salah satu merek HP yang juga populer pada zamannya. Salah satu seri HP Sony Ericsson yang paling populer di pasaran adalah Seri Walkman. Karena, seri tersebut menawarkan fitur music player yang bombastis. Inilah yang menjadi alasan kenapa banyak anak remaja memilih untuk membeli HP ini.

Merek HP ini juga rata-rata mempunyai harga yang tidak murah, tapi hal itu tidak membuat orang-orang enggan untuk membeli HP ini.

HP Sony Ericsson juga mempunyai ciri khas logo timbul berwarna hijau pada bagian belakang bodinya, dan design itu seperti menambah daya tarik dari HP merek ini.

3. Nexian


Pada zamannya Nexian juga menjadi salah satu merek HP yang mengikuti tren keypad QWERTY pada zamannya. HP ini menjadi salah satu pilihan pada anak-anak zaman dahulu tidak mampunyai cukup uang buat membeli HP BlackBerry yang mempunyai design hampir serupa.

Dan pada saat itu Nexian menjadi salah satu merek yang populer pada zamannya sebab faktor harganya yang tidak terlalu mahal. Namun sayangnya, Nexian tidak bisa mempertahankan kesuksesannya dikarenakan kalah saing dengan merek HP lain asal Tiongkok yang menawarkan harga lebih murah, salah satunya adalah Blueberry.

4. Siemens


Siemens merupakan merek HP yang bisa dibilang sangat jadul, tapi sempat populer pada zamannya. Walaupun HP ini rata-rata mempunyai design yang tebal, namun ia menawarkan bentuk yang bervariasi dan unik. Akan tetapi Tapi, hal tersebut tidak membuat merek HP satu ini bertahan di pasaran. Jika di zaman sekarang, sepertinya HP ini mempunyai tebal yang hampir mirip seperti alat token internet banking.

5. Esia


Apa ada yang tidak tahu dengan HP Esia? Mungkin ada sebagian dari kalian anak zaman now yang tidak tahu merek HP satu ini. Wajar, sih, sebab memang merek ini juga sudah lama mengalami kebangkrutan. Hal yang unik dari merek HP ini yakni mereka rajin mengeluarkan varian HP untuk edisi-edisi tertentu.

Sebut saja HP Esia Hidayah yang diluncurkan di bulan Ramadhan ketika umat muslim menjalankan ibadah puasa.

Dan ada juga selain Esia Hidayah, ada juga edisi lain yang tidak kalah unik seperti Esia ngoceh, Esia Merdeka, Esia Kilau Warna dan masih banyak lagi yang lainnya. Unik juga, ya, pemilihan namanya.

6. Mito


Mito adalah salah satu merek HP yang muncul di tengah-tengah hype HP touchscreen asal Cina. Sayangnya, walaupun layarnya touchscren, namun tidak cukup responsif pada saat disentuh, bahkan cenderung sulit. Tapi di luar ciri khas HP asal Cina saat itu yang memang memiliki touchscreen yang kurang bagus, peminat HP merek ini cukup banyak juga. Merek HP ini banyak diminati oleh anak-anak sekolah sebab harganya yang tidak terlalu mahal.

7. BlackBerry


Yang satu ini Merek HP yang bisa dikatakan menjadi primadona di kalangan pecinta gadget. Kalau di zaman sekarang, kepopuleran merek HP ini setara dengan Xiaomi ataupun Samsung. Saking populernya, banyak orang yang rela menabung untuk bisa mempunyai HP BlackBerry ini. Mengingat harga HP yang tidak terlalu murah.

Namun walaupun harganya yang mahal pada saat itu diimbangi oleh fitur-fitur unik yang ditawarkan, seperti fitur BlackBerry Messenger yang tenarnya bahkan setara WhatsApp zaman sekarang dan sangat membantu bagi penggunanya.

Tapi sayangnya BlackBerry sepertinya tidak mampu untuk bertahan di tengah-tengah ramainya persaingan gadget di zaman sekarang. Dan hal itu membuat merek HP ini tidak terdengar lagi keberadaannya.

8. Palm


Mungkin cuma sebagian dari kalian saja yang tahu merek HP ini, sebab memang namanya tidak sepopuler merek-merek sebelumnya. Palm terkenal dengan produk PDA-nya yang mempunyai harga sangat mahal. Kalo di zaman sekarang, HP Palm ini sekelas iPhone atau Samsung Galaxy seri Note.

Sebab harganya yang terlalu mahal untuk masyarakat Indonesia pada saat itu, Merek Palm tidak bisa bertahan lama.

9. Vertu


Vertu adalah salah satu merek HP yang suka mengeluarkan produk gadget mewah. Di balik mewahnya HP ini pasti mempunyai harga yang sangat fantastis. Mungkin itu salah satu penyebab kenapa merek HP ini menghilang tanpa jejak dari pasar smartphone Indonesia. Karena harganya yang sangat mahal tidak sesuai dengan kantong sebagian masyarakat kita.

Baiklah itu saja informasi dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya.