Penyebab Pengisian Baterai HP Android Lama Terisi Penuh

Masalah umum yang sering terjadi dan paling menyebalkan pada saat smartphone ialah saat tiba-tiba smartphone kita mengalami lowbath. Apalagi ketika kita sedang berada di luar ruangan karena sedang melakukan aktivitas, tentunya hal tersebut akan mengganggu proses komunikasi.
Penyebab Pengisian Baterai HP Android Lama Terisi Penuh
Memang dengan adanya power bank cukup membantu, namun adanya power bank tersebut tidak dapat diandalkan sepenuhnya karena mempunyai kapasitas daya yang terbatas. Jika hal tersebut terjadi maka kamu harus melakukan pengisian daya langsung dari power outlet. Namun masalahnya yaitu kita tidak tahu berapa lama daya baterai smartphone kita terisi hingga penuh.

Tips dan Solusi Mengatasi Proses Charging HP Android Terlalu Lama

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai 4 penyebab pengisian baterai smartphone lama. Untuk lebih lengkapnya kamu dapat simak ulasannya berikut ini.

#1. Adaptor Charger Yang Digunakan

Adaptor charger yang menggunakan USB tambahan mempunyai kapasitas adaptor yang berbeda-beda karena perbedaan tegangan, watt, ampere, dan general powerage. Pada umumnya setiap perangkat smartphone tentunya memiliki adaptor yang berbeda-beda. Pastikanlah jika kamu ingin mengisi daya smartphone kamu, pakailah adaptor original (bawaan) yang cocok digunakan untuk smartphone kamu.

#2. Perhatikan Sumber Daya

Apabila proses pengisian daya smartphone dilakukan dengan cara mencolokkanya ke laptop maupun komputer tentunya akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mencolokkannya ke listrik PLN. Sama halnya dengan teknologi wireless, teknologi ini bahkan di kadang-kadang lebih cepat dibandingkan dengan mencolokkanya ke listrik PLN.

Jika smartphone yang kamu gunakan sudah terbiasa diisi dengan menggunakan adaptor 2 ampere, maka jika kamu mengisinya dengan adaptor lain yang berbeda tentu saja akan mempengaruhi proses pengisian baterai smartphone kamu.

#3. Kabel USB Yang Bermasalah

Masalah pada kabel USB yang kamu gunakan untuk melakukan pengisian daya juga dapat berpengaruhi waktu dalam pengisisn daya. Maka dari itu pastikan lah kabel USB yang kamu gunakan dalam kondisi baik dan normal. Pastikan jika kamu sedang melakukan pengisian daya pada smartphone kabel USB tidak terlilit, melingkar, memutar singa dapat menghambat proses pengisian baterai smartphone kamu.

#4. Smartphone Itu Sendiri

Penyebab pengisian baterai smartphone lama terisi penuh yaitu mungkin dari smartphone itu sendiri. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi proses pengisian daya smartphone yaitu processor yang digunakan oleh smartphone tersebut.Semakin baru processor yang di gunakan pada sebuah semartphone tentunya akan mempengaruhi kecepatan pada saat pengisian daya smartphone itu sendiri.

Pada saat ini hampir semua smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan fitur Quick Charge. Fitur Quick Charge merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengisian daya pada smartphone hanya membutuhkan waktu yang sangat sebentar. Bahkan terdapat smartphone yang dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu 15 menit saja.

Itulah artikel dari kami mengenai 4 penyebab pengisian baterai smartphone lama penuh. Selain memperhatikan 4 penyebab di atas, alangkah lebih baiknya kamu juga harus melakukan sesekali perawatan terhadap baterai smartphone kamu dengan cara kalibrasi, terutama jika kamu sudah menggunakan smartphone tersebut dalam waktu yang cukup lama. Semoga dapat bermanfaat dan membantu serta menambah wawasan kamu.