Tips Agar Foto Lebih Tajam dan Detail

Tips Agar Foto Lebih Tajam dan Detail

Mungkin kalian ingin menjadi seorang fotografer, jika iya bagi fotografer pemula tentu saja kalian harus tahu cara - cara supaya bisa menghasilkan foto yang lebih tajam. Yang dimaksud foto yang tajam di sini adalah foto yang dihasilkan tampak lebih jelas, jernih, dan smooth sehingga enak dipandang. Jadi, wajib bagi kalian yang ingin mendapatkan hasil foto maksimal untuk mengetahui beberapa tip supaya foto lebih tajam. Caranya sangat mudah, karena kalian gak perlu mengupgrade lensa atau kamera, foto tajam pun dapat dihasilkan dengan beberapa tips sederhana yang akan saya jelaskan kepada kalian.

Supaya bisa menghasilkan foto lebih tajam, memang sebuah tuntutan bagi para fotografer. Mungkin, bagi sobat yang mempunyai kamera dengan spesifikasi mumpuni, pasti bakal mendapatkan hasil bidikan fotografi yang tajam dan memuaskan. Namun apa daya bagi yang gak mempunyai spesifikasi kamera mumpuni tentu akan kesulitan untuk mendapatkan hasil foto yang optimal. Tetapi, jangan berkecil hati dulu. Sebab, tanpa memakai kamera canggih pun, bisa menghasilkan foto yang sangat berkualitas, bahkan gak kalah juga dengan hasil bidikan dari kamera-kamera canggih yang harganya relatif mahal. Bagaimana caranya silahkan simak bersama tips agar foto lebih tajam berikut ini.

Tips Agar Foto Lebih Tajam dan Detail


Tips Agar Foto Lebih Tajam dan Detail

Tips agar foto lebih tajam yang bisa diterapkan pada kamera yang berspesifikasi standar.

1. Pegang Kamera dengan Posisi yang Tepat

Ini merupakan salah satu tips agar foto lebih tajam yakni teknik memegang kamera. Walaupun terdengar sepele tapi ternyata teknik memegang kamera ini sangat berpengaruh pada hasil foto yang kita bidik. Cara memegang kamera yang benar, pertama kalian harus memegang kamera dengan kedua tangan dan usahakan posisi kaki yang terbuka. Kemudian jika ada dinding atau tembok di belakang, senderkan saja tubuh pada dinding tersebut. Karena, sangat disarankan untuk menahan nahan nafas sesaat sebelum hingga setelah shutter ditekan. Nah langkah ini dilakukan bermaksud untuk mengurangi goyangan kecil pada tubuh sehingga keseimbangan tetap terjaga dan kamera dapat fokus pada titik objek.

2. Percepat Mode Shutter

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang berkualitas dan tajam ,jangan lupa untuk memakai Shutter Speed. Fitur ini memang tersedia sebagai pendukung untuk menghasilkan foto yang kian tajam. Untuk mendapatkan foto berkualitas, Pakailah shutter speed yang lebih cepat daripada panjang fokal lensa yang kalian pakai. Selain itu, untuk memencet tombol shutter ini usahakan secara perlahan. pencetlah kira-kira separuh jalan dulu tanpa jari kalian lepas dari tombol untuk memberikan jeda waktu bagi mekanisme autofokus pada kamera guna menganalisis dan mengenali obyek foto, mencari titik fokus, dan baru lalu mengunci fokus.

3. Manfaatkan Tripod

Cara ini juga sangat disarankan agar foto lebih tajam dengan menggunakan tripod. Memang, terlihat kurang praktis dan cukup merepotkan. Akan tetapi, demi menghasilkan foto yang tajam dan maksimal maka keberadaan tripod juga cukup penting karena kita tau fungsinya cukup penting untuk membuat kamera jauh lebih stabil dan bebas getaran.

4. Gunakan ISO Rendah

Ini tentu sudah diketahui oleh para fotografer, dengan memakai ISO pada titik rendah sehingga akan menghasilkan foto yang cukup tajam. Usahakan ISO berada pada titik 100-600 dan hindari penggunaan ISO yang berada di atas titik 800 mengingat justru akan menimbulkan bintik-bintik kecil (noise) pada foto.

5. Hindari Penggunaan Filter Lensa

Jika kalian menggunakan filter lensa justru akan menurunkan kualitas dari ketajaman foto yang diambil maka akan sangat berpengaruh pada hasil jepretan akhir. Kalau emang gak diperlukan, janganlah memakai filter supaya gambar lebih jernih.

Tips Agar Foto Lebih Tajam dan Detail

Ok itu tadi beberapa tips agar foto lebih tajam yang telah kita bahas di atas. Kalian jangan lupa juga  untuk mendapatkan hasil bidikan gambar yang maksimal, kalian juga bisa menggunakan lensa dengan kualitas tinggi. Akan tetapi, bagi kalian yang meliki bagget terbatas kalian dapat memakai lensa kit. Walaupun lensa kit gak sebagus lensa yang berspesifikasi tinggi lainnya tetapi kalau langkah di atas diterapkan maka hasil foto yang tajam dan jernih bisa diperoleh. Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.