Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah

Mungkin sudah menjadi kebiasaan dari kalian semua, mendengarkan musik atau hanya sekedar menonton film dari laptop menggunakan headset. Sebab dengan menggunakan headset kalian bisa lebih fokus dan gak terganggu jika menonton film atau mendengarkan lagu.

Kemudian selain itu juga, kalian gak akan mengganggu orang lain yang ada disekitar kalian pada saat kalian sedang asik mendengarkan lagu atau menonton film. Mungkin kalian pernah mengalami kejadian pada saat ingin menonton film di laptop menggunakan headset, namun headset tersebut tidak terdeteksi di laptop kalian?

Sudah tentu hal tersebut akan membuat kalian kesal, jadi, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada kalian cara mengatasi headset yang gak terdeteksi di laptop.

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah


1. Mengubah sample rate dan bit depth pada Sound

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah

Pertama cara untuk mengatasi headset yang gak terdeteksi di laptop adalah dengan mengubah sample rate dan bit depth pada Sound.

Caranya cukup mudah, kalian hanya melakukan beberapa langkah yang akan saya berikan di bawah ini :

1. Pertama silahkan kalian klik kanan pada simbol Sound atau speakers yang ada di bagian pojok kanan bawah pada desktop kalian, kemudian kalian pilihlah menu Playback devices.

2. Selanjutnya, kalian bisa langsung memilih bagian speaker atau headphones. Selanjutnya, kalian langsung saja mengubahnya menjadi Set as default.

3. Kemudian kalian klik saja bagian menu properties.

4. Maka sekarang kalian sudah masuk ke dalam menu properties yang mana kalian selanjutnya akan mengklik Advances dan kalian bisa mengubah sample rate and bit depth sesuai dengan apa yang kalian butuhkan.

5. Jika sudah melakukan semua instruksi diatas, kalian jangan lupa klik Apply dan klik OK sekali lagi untuk kalian bisa menyimpan perubahannya.

2. Melakukan Metode Scan For Hardware Changes

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah

Pada saat kalian mengalami kejadian headset yang gak terdeteksi, jangan gegabah dengan memutuskan bahwa headsetmu rusak atau laptopmu rusak. Sebab masalah tersebut biasa terjadi, dan kalian bisa mengatasinya dengan cara scan for hardware changes pada laptop kalian.

Nah cara ini sangat berguna untuk memindai hardware apa saja yang mengalami perubahan pada laptop kalian. Dan mungkin saja soundcard pada laptop kalian tersebut mengalami perubahan sehingga laptop gak bisa mendeteksi headset kalian.

Cara mengatasi headset yang tidak terdeteksi di laptop memakai metode scan for hardware changes sangatlah gampang, kalian cukup melakukan beberapa langkah dibawah ini

1. Pertama silahkan kalian buka menu Device manager dengan cara melakukan perintah Windows + X pada keyboard laptop kalian atau bisa juga klik kanan pada start menu dan carilah Device manager.

3. Jika kalian sudah membuka menu Device manager, pilih Sound, Video and Game Controllers.

4. Lalu kalian pastikan kembali atau cek kembali ada atau tidak device yang terdeteksi pada komputer. Kalau tidak ada device sound yang terdeteksi , maka langkah selanjutnya kalian bisa melakukan pendeteksian dengan mengklik kanan pada pilihan Sound, Video and Game Controllers.

5. Kemudian pilihlah Scan for hardware changes.

6. Kemudian jika hardware sudah di scan, kalian bisa mengupdate driver dengan mudah yakni dengan melakukan cara klik kanan pada Hardware yang terdeteksi.

7. Kemudian pilih update driver software dan lebih baik jika terkoneksi pada internet untuk bisa melakukan pencarian secara otomatis dan mengupdate driver software sound.

8. Jika sudah melakukan beberapa langkah diatas, kalian harus restart computer kalian dan tunggu hingga semuanya selesai melakukan update.

3. Install Driver Soundcard

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah
Selanjutnya untuk mengatasi headset yang gak terdeteksi di laptop lainnya yakni kalian harus melakukan pemasangan pada driver soundcard. Misalnya kita ketahui bersama, kehadiran soundcard atau kartu suara sangatlah penting untuk melakukan proses mengubah suara data digital menjadi data suara.

Kalau laptop kalian gak memiliki driver soundcard, maka headset kalian pun gak bisa berfungsi pada laptop. Jadi kalian harus melakukan installasi driver soundcard yang harus sesuai dengan model soundcard yang ada di laptop kalian.

Kalian hanya perlu menginstallnya saja tanpa harus mendownload dari luar, sebab biasanya soundcard akan diberikan gratis dan telah tersedia pada laptop.

4. Menggunakan Driver Booster

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah

Kalua sudah melakukan beberapa langkah diatas tetapi headset gak terdeteksi juga, mungkin kalian membutuhkan aplikasi yang bisa membantu kalian mengatasi masalah ini.

Kalian bisa memakai aplikasi Driver Booster dan ikuti caranya seperti dibawah ini, sebelumnya pastikan pada laptop kalian telah terkoneksi internet selama proses installasi dan pemakaian aplikasi ini ya.

1. Silahkan kalian download dan install aplikasi Driver Booster terlebih dahulu
2. Selanjutnya kalian buka dan jalankan aplikasi yang telah kalian install tersebut. lalu biarkan saja aplikasi Driver Booster tersebut melakukan scanning pada setiap hardware yang memang harus di update pada laptop kalian.
3. Lalu aplikasi Driver Booster akan menampilkan sejumlah hardware yang harus dilakukan update. kalau terdapat hardware Sound, Video and Game Controllers maka kalian harus klik update pada bagian disamping kanannya.
4. Kemudian kalian klik OK pada notifikasi pringatan.
5. Dan sekarang kalian bisa menunggu proses update Sound, Video and Game Controllers selesai .
6. Kalau semuanya telah selesai kalian harus restart laptop kalian.

5. Cek Soundcard dan headsetmu

Jika headset kalian masih juga terdeteksi di laptop dengan menggunakan keempat cara diatas, coba kalian cek terlebih dahulu kondisi dari Soundcard dan Headset kalian. Lalu cek apakah headset dan soundcard kalian berfungsi dengan baik atau gak.

Yang paling utama adalah kondisi soundcard, sebab soundcard memiliki fungsi yang sangat penting pada sebuah laptop yakni bisa mengubah input data digital menjadi data suara yang akan dikeluarkan melalui headset. Jika kalian ingin mengecek, kalian bisa memasang headset ke laptop lain.

Mungkin itu saja beberapa cara mengatasi headset yang tidak terdeteksi di laptop. Selamat mencoba dan semoga berhasil terimakasih.