Ciri – Ciri HP Android Terkena Virus

Ciri – Ciri HP Android Terkena Virus

Dengan adanya kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, maka banyak penjahat cyber yang dengan sengaja menciptakan berbagai virus berbahaya, dan sebagai sasarannya adalah para pengguna smartphone. Dan parahnya lebih dari 50% virus yang diciptakan oleh para penjahat cyber tersebut di tunjukan kepada pengguna smartphone atau ponsel pintar.

Dan tentu saja hal ini jelas menjadi suatu ancaman tersendiri untuk para pengguna smartphone. Data-data penting misalnya seperti user name dan pasword dapat saja dicuri oleh virus-virus tersebut, dengan demikian kita harus benar – benar waspada dan berhati-hati dengan aplikasi-aplikasi yang terlihat asing pada smartphone kita.

Nah sebagai salah satu penyebab yang paling umum yang membuat smartphone terinfeksi virus yakni ketidak hati-hatian pengguna pada saat menanggapi notifikasi keamanan pada smartphonenya. kemudian kebiasaan streaming di situs-situs dewasa juga di yakini sebagai salah satu penyebab mengapa smartphone bisa terinfeksi virus.

Jadi sangat penting buat para pengguna smartphone untuk mengenali ciri-ciri smartphone yang terinfeksi oleh virus atau malware jahat. Berikut adalah pejelasaanya.

Ciri – Ciri HP Android Terkena Virus


Muncul Pop up Misterius

Yang pertama adalah munculnya tampilan Pop-up misterius secara tiba-tiba. Karena pada umumnya, tampilan pop-up yang muncul yang akan menyerupai iklan atau yang lebih parahnya lagi tampilan pop-up menunjukan suatu ancaman tertentu terhada penggunanya.

Jika kalian menemukan hal semacam ini dalam aplikasi atau game pada smartphone kalian, sebaiknya ketika muncul kalian jangan mengklik, sebab itu dapat menjadi salah satu jalan bagi penjahat cyber untuk mendapatkan dan mengambil berbagai informasi penting yang ada pada smartphone kalian

Baterai HP Menjadi Lebih Cepat Boros

Jika baterai HP kalian cepat habis, ini juga menjadi salah satu indikasi kalau smartphone kalian telah terinfeksi oleh virus, nah ini di sebabkan virus yang ada pada smrtphone akan berjalan secara terus-menerus di latar belakang sampai membuat smartphone terus bekerja walaupun sedang tidak di gunakan oleh pemiliknya.

Lalu bagaimana cara untuk mengecek smartphone terinfeksi virus atau gak, kalian bisa lihat melalui pengaturan aplikasi pada smartphone, caranya yakni dengan membuka menu pengaturan lalu buka pengaturan aplikasi.

Selanjutnya kalian periksa satu persatu aplikasi yang terinstall pada smartphone dengan teliti, kalau kalian mendapati aplikasi asing yang gak kalian kenali, maka segeralah menghapus aplikasi tersebut sebab besar kemungkinanya kalau itu merupakan virus yang sedang menyerang sistem keamanan pada smartphone kalian.

Boros Data Paket Internet

Jika kuota internet kalian cepat habis ternyata ini juga bisa menjadi salah satu pertanda kalau smartphone kalian sedang terinfeksi virus jahat. Nah hal ini di akibatkan karena virus yang menginfeksi smartphone pada umumnya akan mengirimkan data-data penting milik korban kepada pembuatnya secara terus menerus, yang berakibat terhadap penggunaan kuota internet menjadi gak terkendali dan akan cepat habis.

HP Menjadi Lemot

Selanjutnya penyebab smartphone berjalan lambat adalah sebab banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang hingga akan memenuhi penggunaan RAM pada smartphone.

Nah hal ini dapat menjadi sesuatu yang wajar jika kalian memang memakai banyak aplikasi pada smartphone kalian, akan tetapi akan menjadi tidak wajar kalau aplikasi yang kalian install sedikit tapi penggunaan RAM mencapai batas yang hampir maksimal.

Sama halnya aplikasi pada umumnya, virus pada smartphone juga akan memenuhi penggunaan RAM. sehingga mengakibatkan smartphone akan berjalan lambat bahkan membuat aplikasi lain pada smartphone menjadi gak berfungsi sebab tingginya penggunaan RAM oleh virus tersebut.

Tiba-tiba Restart Atau Mati Sendiri

Jika smartphone yang kalian miliki sering mati atau sering restart tanpa sebab, maka kemungkinan besar hal itu di sebabkan oleh virus yang menyerang sistem OS pada smartphone kalian. Kalau hal itu sering terjadi, maka segeralah untuk melakukan scanning dengan memakai aplikasi antivirus.

Baiklah itu dia beberapa tanda kalau hp android yang kalian pakai sudah terkena virus, jadi kalau kalian mengalami hal seperti diatas maka segeralah lakukan install antivirus malware untuk menangani berbagai macam masalah tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.