Cara Membuat HP Lama Seperti Baru Lagi

Di era seperti saat ini, teknologi telah menjadi bagian penting dalam masyarakat, sebut saja HP. Kini smartphone menjadi barang wajib yang hampir dimiliki semua orang. Bahkan mengganti HP secara berkala seperti sudah menjadi trend, disebabkan selalu muncul smartphone terbaru dari berbagai vendor dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur yang menarik.

Walaupun begitu ada juga sebagian orang yang lebih memilih untuk mengganti HP ketika memang harus menggantinya bukan hanya untuk mengikuti trend. Mereka lebih memilih untuk memaksimalkan penggunaan HP lama mereka dan menggunakannya dengan baik sehingga bisa awet.

Tentunya performa HP semakin lama akan semakin berkurang, lantas bagaimana cara membuat HP lama seperti baru lagi sehingga kamu tidak perlu membeli HP baru lagi.

cara membuat hp lama seperti baru lagi

Cara Membuat HP Lama Seperti Baru Lagi


Aktivasi perintah software updates

Coba cek HP lama kamu, pastikan HP kamu sudah mengaktivasi software updates-nya untuk memperbarui berbagai software yang ada di dalamnya, seperti software keamanan, pembersih chache, ataupun antivirus. Pembaharuan rutin mungkin akan susah dilakukan oleh beberapa jenis smartphone lama. Tapi, saat smartphone masih baru, usahakan untuk terus mengikuti pembaruan software supaya kinerjanya tak kalah dengan smartphone keluaran terbaru.
Artikel terkait: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti HP?

Sisakan memori 

Kebiasaan setiap pengguna HP adalah sering menyimpan banyak data seperti aplikasi, foto, atau video yang mengakibatkan ruang memori banyak yang digunakan. Alhasil memori yang penuh akan mengurangi kinerja HP lama kamu. Sebaiknya lakukan penghapusan atau memindahkan data-data tersebut ke perangkat penyimpanan lain seperti hardisk atau laptop yang mempunyai lebih banyak ruang. Memakai penyimpanan online semacam cloud dan google drive juga dapat menjadi opsi terbaik untuk menyisakan ruang penyimpanan dalam smartphone. Jangan lupa untuk menghapus beberapa aplikasi yang jarang dipakai.

Cek aktivitas yang memakan terlalu banyak daya baterai 

Ada saja aplikasi yang bersifat ‘boros baterai’. Dalam pemakaiannya, aplikasi ini akan bikin baterai ponsel lebih cepat habis dan kinerjanya jadi tidak maksimal bahkan membutuhkan baterai pengganti. Keadaan ini tentu perlu diantisipasi. Nah, kamu bisa melakukannya dengan cara berikut ini supaya kamu bosa mencari tau aplikasi mana saja yang memakan daya baterai:

Untuk Iphone : Setting > pengaturan Battery > Battery Usage by App => Hapus aplikasi-aplikasi yang memakan banyak daya baterai atau batasi pemakaiannya.

Untuk Android : Setting > pengaturan Battery > ikon menu yang ada di atas kanan > Battery Usage => Hapus aplikasi-aplikasi yang memakan banyak daya baterai atau batasi pemakaiannya.

Ganti baterai bila diperlukan 

Apabila ternyata baterai ponsel mengalami kondisi penurunan daya yang tak normal, maka mengganti baterai perlu dilakukan. Memang sedikit butuh budget lebih, tapi setidaknya dengan ini HP dapat dipakai dalam waktu yang lebih lama.

Pakai pelindung fisik

HP tentunya akan sering dipakai dan dibawa kemana saja. Resiko mengalami kecelakaan dan kerusakan pada fisik ponsel tentu selalu ada. Menginstal pelindung layar dan badan smartphone dapat dilakukan untuk meng-cover HP dari kecelakaan dan kerusakan fisik. Ditambah berbagai casing yang beredar sekarang dapat meningkatkan tampilan HP lama kamu menjadi lebih menarik.

Demikian cara membuat HP lama seperti baru lagi, semoga artikel ini bermanfaat ya.