100% Sukses! Cara Membuat Tipografi Dengan Mudah Di Corel Draw PC

Sebelumnya, tutorial yang berhubungan dengan dunia grafis ini membahas mengenai tipografi. Memang banyak dari sebagian orang belum tahu apa itu tipografi. Kami pun sebenarnya belum terlalu tahu mengenai tipografi, maka dari itu yuk kita simak bersama-sama secara baik-baik.
Cara Membuat Tipografi

Cara Membuat Tipografi

Apa Itu Tipografi? 

Tipografi adalah perpaduan antara seni dan teknik mengatur tulisan, dengan tujuan makna dari sebuah kata tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan juga secara visual kepada para pembacanya. Ilmu tipografi banyak digunakan di bidang desain grafis, website, percetakan, majalah, banner, desain produk, dan lain sebagainya.

Dan saat ini tipografi banyak digunakan oleh para remaja baik laki-laki maupun perempuan untuk menuangkan kata-kata kreatif mereka dan biasanya disalurkan melalui berbagai media salah satunya media sosial. Selain media sosial biasanya mereka menyalurkannya melalui tulisan dinding.

Ilmu tipografi sebenarnya tidak terlalu susah, hanya kalian harus lebih cerdik untuk mengatur gaya font, tata letak suatu kata, penggunaan shape atau bentuk, dan juga warnanya. Untuk pengaturan selebihnya gunakan selera kalian sendiri.

Lantas apa saja hal yang dibutuhkan untuk membuat suatu desain tipografi?, sebenarnya alat dan sarana yang dibutuhkan untuk membuat desain tipografi sangatlah mudah. Namun yang sulit adalah bagaimana kalian bisa kreatif menemukan ide tulisan. Langsung saja berikut tutorialnya.

Cara Membuat Tipografi dengan Mudah

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan

  • Software Corel Draw (saya sarankan versi terbaru).
  • Kerangka desain.
  • Tulisan yang ingin dituliskan.

Cara Pembuatan

  1. Buka software corel draw, disini saya memberikan contoh menggunakan Corel Draw X7.
  2. Buat halaman baru dengan menekan CTRL + N pada keyboard kalian, atau ke button “file” lalu klik menu New.
  3. Jika sudah, disini saya mengatur ukuran halaman yang akan digunakan untuk membuat tipografi tersebut dengan ukuran 30 CM x 30 CM. Untuk kalian atur sesuai keinginan, karena kreasi kalian pastinya berbeda dengan kreasi saya.
  4. Setelah itu, mulailah membuat tulisan atau kata yang akan kalian buat menjadi tipografi. Pilihlah kata seperti semboyan, kata mutiara, peribahasa, atau kata sejenisnya. Usahakan buat kata yang dapat menarik hati para pembaca. Dan jangan menggunakan kata kata yang tidak berhubungan.

Itulah tahap dan cara membuat tipografi hingga tahap pembuatan kerangkanya.

Penerapan Font dan Gaya Tulisan


  1. Silakan ganti gaya font kata-kata yang sudah kalian ketikan pada halaman tersebut. Kalian harus memperhatikan penggunaan huruf latin atau miring dan juga huruf tebal, itu dapat mempengaruhi pandangan mata akan indahnya sebuat karya tersebut.
  2. Untuk kata "KARENA" saya menggunakan font Motion Picture Personal Use, kata "HIDUP" menggunakan font Berlin Sana FB. Kata "BUTUH' menggunakan font Mission Script, kata "SEBUAH" menggunakan font Britannic Bold, sedangkan untuk kata "PERJUANGAN" menggunakan font Geared Slab.
  3. Setelah memilih font yang menurut kalian menarik, selanjutnya buatlah tambahan yang menarik untuk objek kalian. Disini saya menambahkan beberapa shape untuk mempercantik tampilang tipografi tersebut.

Proses Pemberian Warna


  1. Setelah selesai, tinggal membuat dan mewarnai backgroudnya. Saya menggunakan rectangle tool untuk membuat backgroudnya. Saya juga menggunakan campuran warna dengan tool Fill.
  2. Setelah semua selesai, kalian bisa mengganti warna dari semua kata sesuai dengan keinginan kalian. Karena sudah saya jelaskan sebelumnya, jika tipografi adalah seni yang menggunakan kejelian untuk memilih warna dan juga jenis font.
  3. Jika kalian ingin mengubah format tifografi tersebut. kalian tinggal mengubahnya dengan melakukan ekspor file di menu File. Lalu ubah formatnya, entah itu JPG, PNG, dan lainnya. Atau dengan menggunakan fitur Save As, kemudian simpan file sesuai dengan format yang kalian inginkan.

Mungkin hanya itu saja tutorial sederhana dan singkat mengenai cara membuat tipografi dari saya, semoga artikel ini dapat membantu kalian menciptakan ide kreatif dan hal yang baru. Karena yang harus dibutuhkan untuk seseorang yang ingin berkreasi adalah sebuah ide dan kreatifitas.