Cara Membuka Smartphone Yang Lupa Pola, PIN atau Kata Sandi

Untuk menjaga keamanan smartphone kalian atau sekedar menjaga privasi pastilah kalian menggunakan password, pola dan pin untuk melindungi atau mengunci smartphone android yang kalian punya. Namun, apa yang terjadi jika sewaktu-waktu kalian lupa pola Hp dan akhirnya malah terkunci dan tidak bisa membukanya?
Cara Membuka Smartphone Yang Lupa Pola, PIN atau Kata Sandi
Tenang saja, bahkan tanpa perlu menghilangkan data dan factory reset, kami memiliki beberapa cara untuk membuka Hp android yang terkunci, simak caranya berikut ini:

Cara Membuka Smartphone Yang Lupa Pola, PIN atau Kata Sandi

Hp android yang terkunci akibat lupa pola ataupun PIN bisa disebabkan oleh beberapa hal, misal HP sudah lama tidak terpakai atau ada yang mengetahui pola atau pin yang kalian buat dan sengaja diubah oleh orang lain itu.

Untuk mengatasi masalah yang umum ditemui para pengguna android, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Berikut caranya

1. Fitur Forgot Pattern

Pertama kali kalian bisa menggunakan fitur Forgot Password/PIN/Pattern yang dapat kalian akses setelah beberapa kali salah memasukan verifikasi keamanan saat membuka lockscreen. Di sini kalian hanya membutuhkan HP Android yang terhubung internet dan akun Gmail yang terdaftar.

  1. Kalian bisa mengakses menu Forgot Pattern setelah melakukan beberapa kali kesalahan saat hendak membuka kunci HP Android.
  2. Selanjutnya kalian bakal diminta melakukan Sign in pada akun Gmail yang terdaftar pada smartphone Android. Nah, jangan sampai lupa dengan username beserta password yang digunakan.
  3. Nanti kalian akan diberikan opsi penggantian password, pola atau PIN yang dimiliki. Setelah diganti kalian akan dibawa ke tampilan halaman muka utama.
  4. kalian bisa menggunakan password, pola atau PIN baru selanjutnya. kalian juga bisa menonaktifkan fitur keamanan ini pada menu Pengaturan smartphone.

2. Gunakan Android Device Manager

Langkah selanjutnya kalian bisa mengakses Android Device Manager melalui laptop atau komputer kalian. Dengan mengikuti langkah ini, bahkan kalian tidak perlu menghapus data-data penting pada memori internal.

  1. Di bagian awal, kalian bisa mengakses website Android Device Manager pada aplikasi browser di komputer atau laptop kalian. Jangan lupa untuk login akun Gmail yang terdaftar.
  2. kalian bakal dihadapkan pada 3 opsi, Ring, Lock dan Erase. Pilih menu Lock dan kalian akan dibawa ke halaman pengubahan password. Ubah ke password baru yang bakal digunakan pada HP Android kalian.
  3. Setelah selesai, HP Android kalian akan tetap terkunci, namun dengan password yang baru kalian buat pada website Android Device Manager tadi.

3. Buat Lockscreen Crash

Buat kalian yang masih menggunakan smartphone dengan sistem operasi 5.0 hingga 5.1.1 alias Lollipop, kalian bisa memanfaatkan bug berupa celah keamanan dengan membuat lockscreen crash nih.

  1. Jika password, pola atau PIN nggak bekerja, kalian bisa mengakses menu Emergency Call. Selanjutnya kalian tinggal ketikkan tanda * pada dialer hingga karakter penuh dan tidak bisa ditambahkan lagi.
  2. Berikutnya kalian tinggal copy terlebih dulu karakter tadi. Buka akses kamera pada lockscreen dan tarik notification bar untuk membuka pengaturan.
  3. kalian bakal tetap diminta untuk memasukan password. Namun, di sini kalian tinggal paste karakter tadi untuk menyebabkan lockscreen crash dan bisa mengakses tampilan utama Android. Jika belum berhasil, ulangi langkah ini.

4. Masuk ke Dalam Safe Mode Android
Jika masalah penguncian smartphone Android berasal dari aplikasi pihak ketiga, kalian bisa menggunakan fitur Safe Mode untuk menonaktifkannya.

Cara bisa berbeda-beda, namun yang paling umum seperti ini:

  1. kalian bisa melakukan langkah mematikan HP Android dengan menekan tombol Power beberapa saat. Selanjutnya akan muncul pilihan Restart dan Power off.
  2. Di sini kalian tinggal tap dan tahan opsi Power off hingga muncul opsi Reboot to Safe Mode. Pilih OK untuk melanjutkan proses.
  3. HP Android akan melakukan restart dan masuk ke dalam Safe Mode. Di sini kalian bisa men-uninstall aplikasi lockscreen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan Restart.

5. Buka Pengaturan Menghapus Pola di ADB

Membuka HP Android yang terkunci karena lupa password dengan cara yang satu ini hanya dapat digunakan buat kalian yang sebelumnya sudah mengaktifkan menu USB Debugging dan komputer yang sebelumnya sudah dihubungkan dengan smartphone lewat ADB.

  1. Persiapkan smartphone Android dan kabel data yang siap dihubungkan ke komputer kalian. Jangan lupa masukan ke dalam direktori instalasi ADB.
  2. Selanjutnya kalian bisa memasukkan perintah adb shell rm /data/system/gesture.key . Lalu tekan Enter.
  3. Reboot smartphone Android dan lockscreen kalian akan hilang. Lakukan segera penggantian password, karena proses ini hanya berlaku sementara saja.

Terakhir: Factory Reset Smartphone Android

Jika cara membuka HP Android yang terkunci di atas masih belum menyelesaikan masalah kalian, langkah terakhir yang bisa adalah melakukan factory reset untuk mengubah ke pengaturan awal dan menghilangkan lockscreen.

  1. Pertama matikan HP Android terlebih dahulu. Selanjutnya kalian wajib masuk ke dalam Recovery Mode dengan menekan tombol Power dan Volume Down bersamaan dan tahan. Cara ini bisa berbeda tergantung merk HP yang digunakan
  2. Setelah itu kalian bakal masuk ke Recovery Mode. Gunakan tombol volume untuk menggerakkan pilihan. Pilih Wipe Data/Factory Reset lalu tekan tombol power. Ketika proses selesai, silahkan pilih Reboot system now.
  3. HP Android kalian akan menyala kembali seperti baru dengan semua pengaturan kembali seperti awal.


Itulah cara membuka pola Hp android yang terkunci karena mungkin kalian lupa password, pola atau bahkan PIN. Kalian juga bisa menggunakan langkah-langkah di atas mulai dari yang mudah hingga sulit, tergantung dengan merek smartphone yang kalian guanakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.