Cara Mengatasi Layar Ponsel Android tak Berputar Otomatis

Cara Mengatasi Layar Ponsel Android tak Berputar Otomatis

Pada pertengahan tahun 2018 yang lalu, Google mulai menggulirkan Android 9.0 Pie , dan mengusung beberapa perubahan kalau jika dibandingkan dengan pendahulunya, Android 8.0 Oreo, dan termasuk melalui peningkatan terkait gestur intuitif.

Penambahan peningkatan gestur intuitif ini juga membantu untuk mengatasi keluhan terkait dengan fitur putar tampilan layar otomatis pada perangkat. Di sistem operasi sebelumnya, fitur ini aktif dengan cara default dan sangat mengganggu ketika kalian melupakannya dan akan mendadak layar pun akan berubah orientasi pada saat melakukan aktivitas.

Jadi melalui Android 9.0 Pie, maka Google juga menghadirkan solusi yang melibatkan proses menonaktifkan fitur putar tampilan layar otomatis yang secara menyeluruh. Berikut caranya simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Layar Ponsel Android tak Berputar Otomatis


1. Atur rotasi layar

Jika pada Android versi lama, kalian harus menempatkan perangkat pada orientasi tampilan sebelum menekan tombol pengaturan singkat Auto-rotate pada menu di laci notifikasi untuk mengunci orientasi tampilan portrait.

Cara Mengatasi Layar Ponsel Android tak Berputar Otomatis

Akan tetapi Android 9.0 Pie ini hadir dengan metode baru yang lebih gampang untuk kalian gunakan. Nah cara menonaktifkannya, silahkan kalian usap ke arah bawah untuk membuka laci notifikasi, cari ubin di pengaturan singkat Auto-rotate, kemudian ketuk untuk menonaktifkannya lalu kunci tampilan layar pada satu orientasi.

2. Menggunakan Kunci Rotasi Layar

Jika rotasi layar sudah terkunci dalam kondisi tidak aktif, selanjutnya kalian buka aplikasi yang ingin digunakan dan putar ponsel ke orientasi landscape, walaupun sejumlah aplikasi seperti Instagram tidak mendukung orientasi ini.

Cara Mengatasi Layar Ponsel Android tak Berputar Otomatis

Selanjutnya kalian akan menemukan ikon baru yang muncul di sebelah kanan tombol Home dan dengan dua panah yang menunjuk ke arah berbeda, yang membentuk persegi.

Silahkan kalian ketuk ikon ini maka aplikasi akan berubah ke mode landscape. Untuk kembali ke orientasi portrait, silahkan ubah posisi ponsel ke portrait kemudian ketuk kembali ikon ini. Sebab metode ini lebih cepat kalau kita bandingkan dengan mengusap laci notifikasi.

Jadi yang perlu di ingat bahwa fitur rotasi layar baru ini cuma tersedia pada sistem operasi Android 9.0 Pie. Ok teman-teman semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!