Cara Mengunduh dan Menggunakan Aplikasi Google Maps Offline

Cara Mengunduh dan Menggunakan Aplikasi Google Maps Offline

Jika kalian pergi ke tempat yang belum pernah dituju dapat menjadi sesuatu yang mengerikan. Maka dari itu, dibutuhkan peta untuk menjelajahnya supaya gak tersesat. Supaya aman, sebaiknya kalian juga mempersiapkan aplikasi peta offline. Karena mengingat, gak semua kondisi jaringan internet yang ada di dunia ini baik.

Maka beruntung, Google Maps telah menyediakan fitur offline yang berguna ketika kondisi jaringan buruk. namun mungkin sebagian dari kalian gak mengetahui bagaimana cara memakai dan mengelola peta offline ini. Supaya kalian gak bingung, Yuk langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengunduh dan Menggunakan Aplikasi Google Maps Offline


Cara Menyimpan Google Maps untuk Penggunaan Offline.

1. Silahkan kalian buka aplikasi Google Maps di smartphone kalian.

2. Kemudian kalian tap humberger menu untuk menarik semua menu navigasi yang ada di sudut kiri.

3. Selanjutnya kalian Pergi ke Offline Maps.

4. Dan untuk memulai menyimpan peta untuk penggunaan offline, kalian pilih Home atau Custom Map. Opsi Home pada dasarnya akan menyimpan area yang ada di sekitar rumah kalian. Kemudian Custom Map, memungkinkan kalian untuk memilih area yang akan disimpan.

5. Kalian dapat memindahkan peta dan memperbesar atau memperkecilnya. Jika kalian puas dengan lokasi, tap Download dan peta akan dapat diakses tanpa koneksi internet.

6. Jika sudah selesai mengunduh, maka kalian bisa melihat list peta yang disimpan secara offline.

Selanjutnya Google Maps akan menyimpan peta kalian secara offline hingga 29 hari. Dan kalian dapat memilih untuk mengunduh ulang ketika dibutuhkan atau menghapusnya.

Perlu diketahui juga bahwa peta offline akan memakan ruang pada ponsel kalian. Karena jika semakin besar peta yang diunduh, maka ruang yang diperlukan juga banyak.

Cara Mengelola dan Meng-update Offline Maps

1. Kalau kalian ingin mengelola offline maps kalian lebih baik, tap peta yang ingin diedit.

2. Kemudian kalian tap ikon pensil dan kalian dapat mengubah namanya sesuka hati.

3. Selanjutnya kalian juga bisa men-tap ikon Gear yang mana akan ada opsi update official map baik secara manual ataupun otomatis.

Yang perlu diingat, Maps offline ini memiliki sejumlah batasan, jadi kalian jangan berharap banyak. dengan cara di atas. Dan bahkan jika fitur tidak terdapat di negara-negara tertentu, yang disebabkan adanya berbenturan dengan data atau bahkan peraturan lokal.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat terimakasih.