Daftar Aplikasi Pesan Instan yang Diklaim Paling Aman, Mana yang Kamu Pakai?

Di zaman seperti sekarang ini dengan perkembangan teknologi yang makin pesat, banyak media yang dapat dipakai untuk mengirim pesan berbasis teks kepada orang lain. Pilihannya tak terbatas, conthnya WhatsApp, Skype, Snapchat, iMessage, Slack, Instagram. Tetapi, tidak semua aplikasi mempunyai kemanan yang dapat mengunci data pribadi. Sebagaimana yang dilansir di Engadget.com, aplikasi pesan iinstan mungkin mempunyai fitur keamanan, seperti kemampuan mengatur pesan untuk dihancurkan sendiri. Atau ada juga, fitur lain memungkinkan kamu mengirim pesan secara anonim. Berikut merupakan aplikasi yang diklaim mempunyai enkripsi paling aman.

daftar aplikasi pesan instan yang diklaim paling aman

Daftar Aplikasi Pesan Instan yang Diklaim Paling Aman


1. Facebook Messenger 

Facebook Messenger
Facebook Messenger 

Facebook Messenger mempunyai sekira 1,3 miliar pengguna. Tetapi, percakapan tak dienkripsi end-to-end secara default. Maka dari itu, kamu mesti masuk ke percakapan rahasia, pilihan yang hanya ada di aplikasi iOS dan Android bukan di browser. Chat itu tidak hanya dienkripsi dengan protokol standar industri Signal, namun juga bisa diatur untuk dihancurkan sendiri.

2. WhatsApp 

WhatsApp
WhatsApp

WhatsApp mempunyai sekira 1,5 miliar pengguna. WhatsApp juga memakai metode Signal untuk enkripsi ujung ke ujung, yang berarti Facebook tidak bisa mengakses konten pesan kamu, terlepas dari bagaimana perjanjian penggunanya mungkin direvisi di masa depan. WhatsApp juga mengungkapkan, tidak menyimpan pesan pengguna di servernya. Tetapi, apabila pengguna memilih untuk mencadangkan riwayat obrolan mereka dari dalam aplikasi ke iCloud atau Google Drive, maka bisa rentan apabila platform tersebut dilanggar.
Baca juga: Cara Menarik Pesan WA, Gak Takut Typo Lagi!

3. Telegram 

Telegram
Telegram 

Telegram merupakan aplikasi olah pesan yang berfokus pada keamanan ini ada sejak 2013, dengan sekitar 200 juta pengguna aktif sampai 2018. Telegram berisi pilihan untuk menghancurkan sendiri pesan, meng-cancel pengirimannya, atau juga secara surut menghapus seluruh obrolan (baik di sisi kamu dan penerima). Tatapi, enkripsi ujung ke ujung tak diaktifkan secara default. Untuk memperolehnya, kamu harus memakai obrolan rahasia.
Baca juga: Fitur Tersembunyi Telegram Yang Perlu Anda ketahui

4. Signal 

Signal
Signal 

Selain mengembangkan tolok ukur protokol enkripsi ujung ke ujung, aplikasi pesan instan yang satu ini pada umumnya merupakan pilihan privasi untuk aplikasi perpesanan yang paling aman. Chat sepenuhnya terenkripsi secara default, layaknya metadata seperti yang kamu ajak bicara. Pesan bisa diatur ke penghancuran diri dan bisa dikirim secara anonim. Pendiri Signal menyebutkan, layanan Signal dirancang untuk meminimalkan data yang kami simpan.

Dari empat daftar pesan instan di atas, mana yang kamu gunakan? Semoga ulasan ini bisa jadi tambahan pengetahuan untuk kamu.