Cari Aman! Deretan Aplikasi Berbahaya yang Harus Segera di Uninstall dari HP Kamu!

Jika kamu berpikir semua aplikasi yang ada di Google Playstore 100% aman, tunggu dulu! Sebab para distributor malware terus berusaha menyusup ke aplikasi-aplikasi yang ada di Google Playstore.

Deretan Aplikasi Berbahaya

Kaspersky prenah memberikan keterangan resmi bahwa Kaspersky menemukan aplikasi CamScanner - Phone PDF Creator yang disusupi malware. Aplikasi ini adalah aplikasi legal dan pengembang (developer) tidak punya niat untuk menyebar malware, tetapi ada pelaku kejahatan yang menyusupi modus jahat.

Kaspersky mengatakan module ini sebagai Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n. Module ini merupakan Dropper Trojan. Maksudnya, modul ini mengektrak dan menjalankan modul jahat lainnya dari file terenkripsi yang dibarengi dalam sumber daya aplikasi. Modul jahat ini akan berubah menjadi Trojan Downloader yang mengunduh lebih banyak modul jahat.
Baca juga: Ini Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Email, Ternyata Mudah!
Aplikasi ini telah dihapus dari Google Playstore. Jumlah pengguna yang men-download aplikasi CamScanner - Phone PDF Creator telah mencapai 100 juta kali.

Avast juga memberikan laporan tentang adanya aplikasi mata-mata untuk melacak dan mengirim data lokasi, serta kontak, call log dan pesan singkat (SMS). Kemungkinan besar aplikasi ini dibikin oleh pengembang Rusia, begitu menurut Avast .

Seperti yang pernah dikutip dari GadgetNow, Avast berkata "Aplikasi ini memerlukan snoop untuk memiliki akses ke ponsel yang ingin mereka mata-matai. Snoop dapat mengunduh aplikasi dari Google Play Store dan menunggu pengguna memasukkan memasukkan alamat email beserta sandi kunci (password),"

Avast menyebutkan hal yang menakutkan tidak ada ikon dari aplikasi ini jadi pengguna tidak pernah tahu ada aplikasi stalkerware yang terpasang di HP mereka.

Walaupun Google telah menghapus dari Play Store, pengguna dihimbau untuk melakukan pencopotan aplikasi tersebut jika sempat diunduh. Aplikasi ini sudah dipasang lebih dari 130.000 kali.

Berikut daftar aplikasi spyware yang dihapus Google:

  • Employee Work Spy
  • SMS Tracker
  • Spy Tracker
  • Mobile Tracking
  • Phone Cell Tracker
  • Spy Kids Tracker
  • Track Employees Check Work Phone Online Spy Free.

Demikian beberapa deretan aplikasi berbahaya yang harus segera di uninstall dari hp kamu. Semoga bermanfaat ya.