Merek HP China yang Tidak Laku di Indonesia

Sebelum merek-merek seperti Huawei, Xiaomi dan Realme yang hampir mendominasi pasar gadget Indonesia, ada banyak sekali merek HP China lainnya yang juga pernah berlayar di Indonesia. Namun, Karena ketatnya persaingan yang ada, merek-merek Chine tersebut mau tidak mau haru mundur dan berakhir tidak laku.
Merek HP China yang Tidak Laku di Indonesia

Merek HP China yang Tidak Laku di Indonesia

1. ZTE

ZTE
Pernah meraih kejaan di pasar gadget tanah air beberapa tahun lalu, merek Hp ZTE banyak sekali diminati oleh para pengguna gadget di tanah air. Perusahaan ini betempatkan di Shenzen, China. Pertama kali didirikan pada tahun 1985 dan sukses menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di negara asalnya.

Merek Hp ZTE sempat booming di Indonesia sekitar tahun 2008 tahun lalu karena produk Hp nya yang dikenal memiliki harga murah dan spesifikasi yang cukup memampuni. Namun sayangnya, Kesuksesan yang di raih ZTE di Indonesia mulai meredup akibat munculnya beberapa merek Hp Cjhina seperti Xiaomi ataupun lainnya.

2. K-touch

K-touch
K-Touch merupakan merek HP china berikutnya yang sempat populer di Indonesia dan juga menjadi merek terkemuka di negaranya sendiri. Dengan kepercayaan konsumen yang cukup tinggi di negeri asalnya, K-Touch mulai memasuki pasar gadget tanah air sekitar tahun 2007 lalu.

Sayangnya, sekitar tahun 2015 lalu perusahaan teknologi ini terpaksa gulung tikar karena ketatnya persaingan di industri gadget saat itu dan keuntungan yang rendah.  Pertumbuhan pasar HP China yang melambat juga menjadi salah satu alasan kenapa merek K-Touch akhirnya bangkrut.

3. Haier

Haier
Didirikan pada tahun 1984, Haier awalnya adalah sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi barang elektronik peralatan rumah tangga saja. Namun seiring berjalannya waktu, Haier akhirnya memutuskan untuk merambah industri gadget dan meluncurkan beberapa produk HP-nya di Indonesia.

Sudah memiliki pabrik HP sendiri yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, namun sayangnya bisnis HP Haier di Indonesia nggak mampu bertahan lama. Kini kamu sudah nggak akan menemukan lagi produk HP dari merek satu ini di Indonesia.

4. HiSense

HiSense
HiSense pertama kali meluncurkan produk smartphonenya di Indonesia lewat produknya yang mereka beri nama PureShot dan PureShot Plus. Memiliki beberapa produk HP yang menyasar berbagai lapisan masyarakat, merek HP HiSense sempat menyita perhatian publik di tanah air kala itu.

Terlebih dengan harganya yang terjangkau dan spesifikasinya yang cukup mumpuni, nggak heran kalau dulu HP dari merek ini banyak jadi omongan.

Salah satunya yang paling menyita perhatian adalah King Kong 2, HP tahan air yang sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang membuatnya mampu bertahan di kedalaman air satu meter selama satu jam penuh. Namun perlahan tapi pasti, merek HP HiSense kini sudah tak terdengar lagi keberadaannya di Indonesia.

5. Meizu

Meizu
Pernah dikabarkan akan menjadi pesaing Xiaomi, merek Hp Meizu kenyataannya tidak dapat membuktikan hal tersebut. Lebih buruknya lagi nama Meizu di Indonesia sendiri kini bahkan sudah nyaris tak terdengar keberadaannya.

Padahal, saat itu ketika Meizu meluncurkan HP Meizu C9 yang dibanderol dengan harga murah tapi memiliki spesifikasi lumayan, pihak Meizu berani menantang Xiaomi Redmi 6A yang juga menjadi HP murah Xioami kala itu.

Kenyataannya, kini merek Xiaomi lah yang mampu bertahan di tanah air dan bahkan meraih popularitas yang memungkinkan untuk bersaing dengan merek raksasa lainnya, geng.

Nah, itulah tadi beberapa merek HP China yang dulu sempat berjaya di Indonesia namun kini berakhir tidak laku bahkan ada yang bangkrut