Tips Agar Konsumsi Kuota Internet di WhatsApp Hemat


Tips Agar Konsumsi Kuota Internet di WhatsApp Hemat

Semua aplikasi yang digunakan smartphone tentu semuanya memerlukan kuota internet agar bisa terus menikmati layanan aplikasi tersebut, salah satunya adalah WhatsApp. Nah WhatsApp  ini tergolong aplikasi yang menurut banyak orang adalah aplikasi ringan.

Untuk para pengguna yang sangat ingin menghemat konsumsi kuota internet di smartphonenya, WhatsApp sebetulnya telah menyediakan beragam pilihan atau fitur untuk membantunya. Nah apa saja yang harus kalian lakukan? berikut langkah yang bisa dilakukan di dalam WhatsApp untuk menghemat kuota internet kalian.

Tips Agar Konsumsi Kuota Internet di WhatsApp Hemat


1. Ubah konsumsi data di WhatsApp Call

WhatsApp Call merupakan fitur panggilan suara dengan menggunakan konsumsi kuota internet, bukan pulsa seperti panggilan biasanya maka harga layannya juga lebih murah. Namun tetap saja, mungkin kalian ingin kuota internet kalian lebih hemat atau dialihkan untuk memutar konten video.

Jadi pada pengaturan aplikasi WhatsApp tersedia fitur untuk membuat konsumsi data atau kuota internet ketika melakukan WhatsApp Call menjadi lebih hemat. Caranya gampang kalian masuk saja ke halaman Settings lalu pilih opsi Data Usage. Pada bagian bawah halaman Data Usage tersedia opsi untuk mengaktifkan Low Data Usage.

Dan pastinya ketika fitur Low Data Usage diaktifkan maka kualitas panggilan suara akan lebih rendah dari pada biasanya. Selama kualitas internet kartu operator atau WiFi yang dipakai tergolong bagus maka fitur ini gak akan terlalu menurunkan kualitas suara pada WhatsApp Call.

2. Jangan otomatis unduh konten media di percakapan

Semua orang tentu sudah mengetahui jika WhatsApp bisa digunakan berbagi konten media mulai dari suara, video, foto, dan GIF. Kalian dapat menghemat data atau kuota internet dan menghentikan proses otomatis unduh konten tersebut.

Mungkin sebagian dari kalian ada yang memilih untuk mengunduh konten yang cuma ingin dilihat atau memilih mengunduhnya ketika terhubung WiFi saja, mungkin di rumah, kantor, atau kafe. Maka kalian dapat menonaktifkan fitur otomatis unduh yang ada di WhatsApp.

Caranya sangat mudah, silahkan kalian masuk ke halaman Settings di WhatsApp lalu pilih opsi Data Usage. Di halaman tersebut akan terdapat pilihan Media Auto-Download atau unduh otomatis. Ubah pengaturan di fitur ini menjadi When Connected on WiFi atau hanya saat terhubung WiFi. Pilih konten atau jenis media yang diatur fitur ini.

Walaupun fitur ini aktif, kalian tetap bisa mengunduh konten yang ada di WhatsApp secara manual dengan mengklik media tersebut di dalam percakapan dan mengunduhnya menggunakan koneksi data atau kuota internet.

3. Nonaktifkan fitur backup otomatis

Kemudian backup di WhatsApp dimanfaatkan untuk menyimpan seluruh percakapan dan konten media di dalamnya jika suatu hari kalian kehilangan smartphone kesayangan kalian. Pastinya proses backup membutuhkan koneksi internet namun pengguna mungkin tidak ingin prosesnya menggunakan kuota internet sendiri.

Maka dari hal tersebut WhatsApp menyediakan opsi untuk melakukan proses backup cuma pada saat terhubung WiFi. Caranya gampang, silahkan kalian masuk ke Settings kemudian lanjutkan memilih opsi Chat. Nah di dalamnya pilih Chat Backups maka kalian akan menemukan pilihan bernama Backup to Google Drive yang akan menyediakan pilihan proses backup hanya pada saat terhubung ke WiFi.

Ok temen-temen, demikian informasi yang dapat saya sampaikan, Semoga bermanfaat dan terimakasih.