Tips Edit Foto Untuk Instagram Tampak Natural Tanpa Terlihat Lebay

Instagram sebagai sosial media yang berfungsi untuk mengunggah aktifitas lewat foto, tentunya memiliki fitur yang digunakan untuk menunjang penggunanya agar bisa mengedit foto langsung lewat aplikasi Instagram itu sendiri sehingga tampak bagus ketika diupload di Instagram.

Walaupun demikian, pangguna masih saja belum merasa puas dengan fitur yang ada, alhasil mereka mencoba untuk menggunakan aplikasi edit foto pihak ketiga. Dan pada akhirnya foto akan tampak berbeda dengan aslinya, bisa dikatakan berlebihan 'lebay' yang berpotensi banyak orang tertipu.

Maka dari itu artikel ini akan memberikan tips edit foto yang bagus dan natural untuk upload di Instagram. Jadi jangan asal jepret, coba tips edit foto untuk instagram tampak natural tanpa terlihat lebay. Tips di bawah ini saya rangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.
Tips Edit Foto Untuk Instagram

Tips Edit Foto Untuk Instagram


1. Pencahayaan Cukup

Tips yang satu ini harus diperhatikan dalam setiap pengambilan foto. Pastikan objek yang difoto mempunyai pencahayaan yang cukup. Utamakan pencahayaan alami daripada cahaya buatan, contohnya pencahayaan dari cahaya matahari. Kenyataanya, pencahayaan alami akan senantiasa menambah keindahan objek.

2. Tentukan Objek yang Paling Dominan

Jika pencahayaan sudah cukup, pilihlah objek yang paling beda atau menonjol dari objek yang lainnya, tentukan objek foto yang mungkin dominan di sebuah bingkai. Contoh, jepret yang menampilkan objek simetris, sebuah bentuk bangun datar, atau objek yang paling besar, seperti gedung, rumah, pohon, dan yang lainnya. Pendekatan emosional saat mengambil foto juga diperlukan untuk mendapatkan feeling dalam sebuah foto.

3. Manfaatkan fitur Grid

Grid merupakan tampilan garis-garis di dalam antarmuka utama kamera atau tampilan jendela edit foto, yang mungkin kalian sering meremehkan fitur ini. Nyatanya, fitur ini sangat bermanfaat untuk mengatur segi simetris dan kesejajaran antar objek dalam sebuah gambar, supaya tidak tumpang tindih.

4. Jangan Edit Berlebihan

Mengedit foto memang berguna untuk mempercantik foto, namun mengedit foto terlalu berlebihan akan memudarkan kealamian foto jadi tidak tampak natural. Jadikan dalam editing gunakan secukupnya basic enhancement tools, seperti contrast, shadows, warmth, dan highlights. Walaupun ini fitur dasar, meningkatkan salah satu aspek, seperti kontras berlebih, akan mengakibatkan foto tidak enak dipandang. Jadi tetap balance satu aspek dengan yang lainnya pada pengaturan ini.

5. Gunakan Efek dan Coba Berbagai Filter

Efek dan filter yang terdapat pada Instagram dan aplikasi edit foto lainnya adalah sebuah fitur tambahan untuk mengasah sisi kreatif pengguna. Aplikasikan beberapa efek dan filter yang ada pada aplikasi edit foto dan coba perhatikan dan rasakan bedanya. Perlu dicatat, filter bisa diset intensitasnya dan sebaiknya tidak dipasang di tingkat maksimum.


6. Prioritaskan Mutu daripada Jumlah

Mengunggah foto sebanyak-banyaknya di Instagram tidak akan membantu kalian menjadi mahir mengambil foto. Perhatikan komposisi foto, lighting sekitar, dan kondisi lingkungan sebelum mengambil foto. Yang terpenting, jangan tergesa-gesa supaya fokus foto tidak kabur atau blur.

7. Pantang Menyerah dan Terus Latihan!

Teruslah latihan tanpa takut untuk mencoba mengambil foto di berbagai kondisi. Untuk melatih guna mengasah kemampuan mengambil foto, sebaiknya ambil beberapa gambar dengan satu objek yang yang sama namun melalui beberapa sudut yang berbeda. Sehingga kalian akan mendapatkan sudut terbaik ketika mengambil sebuah gambar.

Semoga tips di atas bisa membantu kalian ya!