Cara Melacak Lokasi HP Seseorang Dengan Google Maps

CaraSeoBali.com - Sering travelling? Pastinya kamu tidak lepas dari Google Maps. Mungkin yang kamu tahu Google Maps digunakan sebagai alat navigasi yang mempermudah perjalanan. Namun sebenarnya kamu bisa menggunakan lebih dari itu dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada, salah satunya melacak lokasi HP seseorang.

Cara melacak lokasi tidaklah sulit dan bukan termasuk tindakan yang ilegal, kenapa? Karena untuk dapat melacak lokasi seseorang, kamu harus membagikan sebuah permintaan untuk saling berbagi lokasi.

Coba kamu buka aplikasi Google Maps yang ada di HP kamu, disana kamu akan melihat Fitur bernama "Location Sharing", bahkan dapat saling berbagi lokasi selama 3 hari dan sangat berguna untuk memantau pergerakan orang tersebut, keren kan?

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.
cara melacak lokasi hp seseorang dengan google maps

Cara Melacak Lokasi HP Seseorang Dengan Google Maps


1. Buka Aplikasi Google Maps

Yups, langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya membuka aplikasi Google Maps, kemudianu klik tanda garis tiga di bagian atas, tepatnya di pojok kiri, kemudian pilih location sharing.
cara melacak posisi hp seseorang dengan google maps
klik tanda garis tiga, lalu pilih location sharing
Baca juga: cara melacak lokasi lewat email

2. Tentukan Durasi Berbagi Lokasi

Kemudian, kamu klik kolom yang bertuliskan "Mulai/Get Started" dan atur berapa waktu untuk saling berbagi lokasi.

8 jam merupakan waktu maksimal untuk saling berbagi lokasi, jadi dalam jangka waktu tersebut kamu dapat saling melihat posisi dengan seseorang.

Apabila tidak mempunyai kontak HP dari seseorang yang ingin kamu ajukan permintaan berbagi lokasi, kamu dapat pilih untuk copy url link nya di kolom "copy to clipboard".

cara melacak lokasi hp dengan google maps
klik kolom mulai/get started, lalu atur waktu yang ingin ditentukan.
Artikel terkait: cara melacak lokasi lewat nomor hp

3. Kirim via Link Atau Kontak HP

Apabila kamu telah selesai menentukan berapa lama untuk berbagi lokasi, kamu dapat langsung kirim lewat kontak HP yang sudah tertera dibawahnya.

Selain kontak HP, kamu dapat bagikan link yang sudah di copy ke media sosial seperti Facebook, Line, Whatsapp, dan lain-lain

cara mencari lokasi hp dengan google maps
Contoh kirim via kontak HP (kiri), via Whatsapp (kanan)

4. Berhasil! 

Jika kamu sudah kirim permintaan untuk berbagi lokasi lewat kontak HP atau pun platform lainnya. Dan mereka menanggapi dengan mengklik link url yang sudah dibagikan. Maka nanti akan muncul posisi seseorang tersebut, beserta tentang seberapa jauh jarak dan status baterai HP-nya.
cara cek lokasi hp dengan google maps
Selain posisi, informasi seputar jarak dan status baterai juga akan tampak
Itulah langkah cepat tentang cara melacak lokasi hp seseorang dengan google maps. Semoga kamu bisa melakukannya dengan mudah. Terima kasih, senang bisa berbagi informasi menarik untuk kamu dan semoga bermanfaat.