Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul di Semua HP Android

Seperti yang kita ketahui WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan dengan jumlah pengguna terbanyak saat ini. Cukup dengan koneksi internet, kamu sudah bisa bertukar pesan, melakukan panggilan telepon dan juga video call dengan siapa saja dan dimana saja.

Tetapi dibalik kemudahan dan fitur-fitur canggih yang ada, aplikasi WhatsApp juga mempunyai berbagai kendala.

Salah satu dari kendala yang sering terjadi dan hampir pernah dialami oleh semua pengguna WhatsApp adalah notifikasi WA tidak muncul saat ada pesan masuk.

Nah, oleh sebab itu pada artikel kali ini, saya akan membahas penyebab notifikasi WA tidak muncul sekaligus solusinya.
Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul di Semua HP Android

Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi WA yang Tidak Muncul


1. Koneksi Intenet Tidak Stabil

Saat sebuah ponsel tidak terhubung ke jaringan internet yang stabil, bikin aplikasi WhatsApp kesulitan untuk mengirim ataupun menerima pesan masuk serta menampilkan notifikasi.

Untuk dapat memakai WhatsApp secara maksimal, pastikan ponsel kamu mempunyai koneksi intenet yang baik.

Cara mudah untuk memeriksa stabil atau tidaknya koneksi internet yang ada di ponsel Android yaitu dengan cara membuka situs apapun di aplikasi browser yang ada di perangkat kamu.

Jika situs yang kamu akses tidak kunjung terbuka, itu tandanya ada yang bermasalah dengan koneksi internet ponsel kamu. Segera atur ulang setelan jaringan internet ponsel kamu.
Baca juga: Cara Verifikasi Nomor Telepon Di WhatsApp

2. Notifikasi Ponsel di Nonaktifkan

Penyebab beerikutnya yaitu disebabkan fitur notifikasi ponsel kamu dalam keadaan nonaktif.

Apa lagi hampir semua smartphone keluaran sekarang sudah disisipi dengan fitur Do Not Disturb yang berguna mematikan semua notifikasi yang masuk.

Fitur ini sebenarnya berguna saat sedang bermain game online atau sedang melakukan aktivitas digital lainnya dan tak mau terganggu dengan adanya notifikasi yang masuk.

Untuk mangaktifkan ataupun menonaktifkan fitur Do Not Disturb ini sangatlah gampang. Swipe layar dari atas kebawah untuk memunculkan deretan menu yang ada di panel notifikasi.

Selanjutnya kamu cari fitur DND pada daftar icon menu yang ada. Supaya notifikasi saat ada pesan WhatsApp masuk kembali muncul, pastikan kamu mematikan fitur tersebut.

3. Izin Notifikasi WhatsApp Dalam Keadaan OFF

Apabila fitur DND telah dinonaktifkan tadi notifikasi pesan masuk WhatsApp tak juga muncul, mungkin saja kamu lupa memberikan izin aplikasi WhatsApp untuk memunculkan notifikasi.

Caranya masuk ke menu Setting > Aplikasi & Notifikasi > cari aplikasi WhatsApp > Notifikasi Aplikasi > lalu aktifkan Toggle On Izin Titik Notifikasi.

Apabila ketiga cara diatas telah kamu lakukan tapi notifikasi WA masih tidak muncul, sebaik restart ponsel kamu lalu install ulang aplikasi WhatsApp.

Selamat mencoba.