Cara Setting Baterai Saver Schedule Di Android 10

Android menghadirkan banyak fitur yang menargetkan penggunaan baterai sedemikian rupa untuk penggunaan semaksimal mungkin. Sistem Penghemat baterai (Baterai Saver) cukup banyak membantu, seperti:

  • Hanya Perbarui konten aplikasi saat aplikasi terbuka.
  • Menonaktifkan layanan lokasi saat layar mati.
  • Mencegah aplikasi bekerja di background.
  • Berhenti mendengarkan  "OK Google, " dan mengharuskan kamu menggunakan Google Assistant secara manual.

Cara Setting Baterai Saver Schedule Di Android 10

Cara Setting Baterai Saver Schedule Di Android 10

Sebelum hadirnya Android 10 (atau yang biasa dikenal juga sebagai Android Q), kamu hanya dapat mengkonfigurasi persentase masa pakai baterai yang akan memicu penghematan baterai. Dengan dirilisnya Android 10, fitur ini menambahkan AI, untuk pengalaman yang jauh lebih baik. Hal ini dilakukan melalui jadwal. Ada tiga opsi untuk jadwal Penghemat baterai (Baterai Saver Schedule):

  1. No schedule (ini akan menonaktifkan Saver).
  2. Based on your routine.
  3. Based on percentage.

Penjadwalan Berdasarkan Rutinintas di mana AI berperan dalam hal ini. Fitur ini akan mempelajari, selama periode waktu, bagaimana kamu menggunakan perangkat kamu dan jadwal penghemat baterai yang sesuai dengan aktifitas kamu dengan perangkat kamu. Faktor kunci di sini adalah rutinitas. AI tidak hanya meneliti bagaimana kamu menggunakan ponsel kamu, tetapi juga ketika Anda melakukan pengisian daya. Setelah kamu menetapkan fitur ini, penting bagi kamu untuk mengisi daya perangkat pada jadwal reguler. Setelah AI mempelajari jadwal kamu, maka kamu dapat mengaktifkan mode Penghemat baterai yang sesuai.
Baca juga: Redmi Note 8 Pro, HP Berkamera 64 MP & Baterai Tahan 3 Hari
Fitur ini bekerja dengan baik, asalkan Anda dapat menerapkan penjadwalan yang rutin.

Cara Mengaktifkan Penjadwalan Berdasarkan Rutinintas (the routine-based schedule)

Mengaktifkan Penjadwalan Berdasarkan Rutinintas cukup sederhana. Saya akan menunjukkan pada pixel 3 yang menjalankan Android 10.

  • Buka aplikasi setelan (Settings).
  • Ketuk baterai (Battery) > Penghemat baterai (Battery Saver).
  • Ketuk Atur jadwal (Set A Schedule) > Berdasarkan rutinitas Anda (Based On Your Routine)

Cara Setting Baterai Saver Schedule Di Android 10

Itu saja yang harus kamu lakukan. Sekarang kamus dapat kembali keluar dari pengaturan ini atau keluar dari aplikasi pengaturan. Sampai disini AI akan mulai mempelajari rutinitas kamu dan akhirnya dapat beralih perangkat ke mode Penghemat baterai hanya bila diperlukan.

Kamu dapat memilih untuk menuju ke rute persentase, tetapi jika kamu benar-benar ingin memberikan baterai di perangkat Android kamu bekerja secara optimal, hal terbaik yang bisa kamu lakukan saat ini adalah menggunakan pilihan rutin dalam Battery Saver scheduler.