Inilah Deretan Smartphone Baru yang Akan Meluncur Bulan September 2019

Inilah Deretan Smartphone Baru yang Akan Meluncur Bulan September 2019

Saat ini ternyata sudah memasuki kuartal ketiga di tahun 2019 ini, maka beberapa merek ponselpun bersiap untuk meluncurkan jagoan barunya untuk mempertahankan pangsa pasari. Dan banyak smartphone kelas flagship yang dikabarkan sudah siap diluncurkan pada bulan September ini.

Kemudian ditambah dengan adanya IFA 2019 di Jerman (6-11 September) ini adalah sebuah pameran teknologi terbesar yang ada di Eropa, yang mana sejumlah vendor dikabarkan akan memperkenalkan smartphone barunya masing-masing

Kalian pasti sudah penasaran apa saja deretan smartphone yang akan dirilis bulan September secara global. Dan tentu beberapa di antaranya mungkin saja akan dijual di Indonesia.

Inilah Deretan Smartphone Baru yang Akan Meluncur Bulan September 2019


1. Nokia 5,6 dan 7 versi update 

Kabarnya HMD Global akan menggelar acara sehari sebelum pada pembukaan acara IFA. Lalu beberapa model Nokia untuk kelas menengah dikabarkan akan segera di-upgrade, yakni Nokia 5, Nokia 6, dan Nokia 7. Smartphone 5G Nokia pertama yang juga akan diperkenalkan.

Dan perlu kalian ketahui bahwa smartphone 5G Nokia pertama adalah Nokia 9.1 PureView yang juga akan tersedia dalam model LTE. Jadi menurut rumor yang beredar, Nokia 9.1 PureView akan ditenagai oleh chip Snapdragon 855.

Lalu pada bagian depan Nokia 9.1 PureView dikabarkan akan mengusung desain punch hole untuk wadah kamera selfie, yang mirip dengan Nokia X71. kemudian ponsel ini juga disebut akan menjalankan sistem operasi Android 10.

2. LG V60 ThinQ

Inilah Deretan Smartphone Baru yang Akan Meluncur Bulan September 2019

Pada beberapa waktu lalu, LG telah merilis teaser sebuah smartphone dengan dua layar. Kemudian ada yang mengatakan nama ponsel tersebut yakni LG V60 ThinQ, kemudian ada juga yang menerka V50S ThinQ yang akan berganti nama sebagai G8X ThinQ sebagai nama global.

Jadi, apapun nama resminya nanti, yang pasti smartphone ini merupakan penerus LG V50 ThinQ yang juga akan didukung konektivitas 5G. Konsep dua layar LG V60 ThinQ lebih mirip dengan layar lipat Galaxy Fold ataupun Huawei Mate X. Akan tetapi bagaimana mekanisme tentu baru akan diketahui jika sudah resmi diluncurkan pada 6 September nanti.

3. Sony Xperia 2

Dikabarnya Sony akan merilis penerus Xperia 1 yaitu Xperia 2 pada hari pertama IFA. Tapi, banyak rumor yang menyebutkan bahwa spesifikasinya bakal menurun dari "kakaknya". Contoh misalnya dari resolusi layar yang turun dari 3840 x 1644 di Xperia 1 menjadi 2880 x 1234 di Xperia 2. nah hal itu dikarenakan Sony masih mempertahankan layar dengan rasio aspek 21:9, namun sementara ini masih banyak smartphone yang mempunyai rasio aspek 19:9.

Selanjutnya bentang layar Xperia 2 lebih kecil, yakni 6,2 inci, kalau dibandingkan 6,5 inci dari milik Xperia 1. Lalu baterainya juga cuma berkapasitas 3.000 mAh, menurun dari 3.330 mAh di Xperia 1. Akan tetapi untuk otak perangkat, Sony masih akan mengandalkan chip Snapdragon 855. 

4. Samsung Galaxy Fold

Inilah Deretan Smartphone Baru yang Akan Meluncur Bulan September 2019

Ini merupakan smartphone yang paling ditunggu-tunggu rilisnya yakni Galaxy Fold yang sudah diperkenalkan pada Februari lalu. Galaxy Fold ini yang seharusnya meluncur di pasaran pada bulan April lalu harus ditunda sebab banyak pengulas gadget yang mengeluhkan masalah layar. Smartphone layar lipat pertama Samsung itu kabarnya akan dirilis 6 September 2019.

5. Apple iPhone 11

Inilah Deretan Smartphone Baru yang Akan Meluncur Bulan September 2019

Tidak bisa di pungkiri, bulan September seakan telah menjadi jadwal tetap Apple untuk meluncurkan iPhone. Jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya, peluncuran iPhone pasti selalu hampir bersamaan dengan hari buruh di AS. Dan pada tahun ini juga hampir sama, menurut undangan yang disebar Apple, iPhone 11 akan debut pada 10 September, sepekan setelah hari buruh. Maka kemungkinan akan ada tiga model yang akan dirilis.

Yang pertama adalah iPhone 11 yang akan menggantikan iPhone XR, lalu iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang menggantikan iPhone XS dan XS Mas secara berturut-turut. Dan banyak rumor lainnya juga menyebutkan Apple akan merombak kamera belakang dengan modul persegi. Nah kamera tersebut diisi oleh tiga kamera dan satu LED Flash yang tersusun zig-zag. Lalu pada lini iPhone 11 juga akan dibekali iOS 13.

6. Huawei Mate 30

Seperti yang telah kita ketahui, Huawei saat ini berada di tengah skorsing pemblokiran oleh pemerintah AS, namun Huawei tetap akan meluncurkan Mate 30 pada 19 September mendatang di Munich, Jerman. Ini merupakan smartphone pertama Huawei yang dirilis pasca diblokir pemerintah AS bulan Mei lalu. Seperti pada tahun lalu, Huawei Mate akan diperkirakan meluncur dalam dua model yakni Mate 30 dan Mate 30 Pro. Kemudian kedua model akan dibekali chip Kirin 990.

Jika diperhatikan tentu berdeda dengan lini Mate tahun lalu, pada rumornya menyebutkan pada bingkai kamera belakang Mate 30 akan berbentuk melingkar dengan empat kamera yang terusun simetris lengkap dengan LED Flash. Dua kamera tersebut beresolusi 40 megapiksel, masing-masing berfungsi sebagai kamera utama dan ultra-wide, lalu telephoto 8 megapiksel untuk 5x optical zoom, dan sensor ToF untuk efek bokeh. Layar Mate 30 juga disebut akan punya refresh rate 90 Hz.

7. OnePlus 7T dan 7T Pro

Inilah Deretan Smartphone Baru yang Akan Meluncur Bulan September 2019

Pada pekan terahir bulan September, OnePlus dipastikan akan meluncurkan OnePlus 7T dan 7T Pro. Duo ini digadang lebih baik jika dibandingkan dengan OnePlus 7 dan justru akan lebih mirip spesifikasinya dengan OnePlus 7 Pro. Seperti layar dengan refresh rate 90 Hz dan bentang layar 6,67 inci dengan panel AMOLED untuk versi "Pro". Sementara OnePlus 7T reguler akan dibekali layar berbentang 6,5 inci.

Kemudian untuk bentuk modul kamera juga akan berubah drastis. Bukan vertikal, bingkai kamera melingkar, seperti Mate 30. Alih-alih tersusun simetris, tiga kamera belakang akan tersusun horisontal di dalam bingkai tersebut. Kemudian chip Snapdragon 855 dan RAM 8GB kemungkinan akan ditanamkan di sektor hardware.

Ok teman-teman, mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan, Semoga bermanfaat dan terimakasih.