Memori Smartphone Penuh? Coba Cara Ini

Bagi kamu yang memiliki smartphone dengan dengan kapasitas memori yang terbilang kecil, pastinya kamu sering mengalami masalah seperti ini, ya memoi penuh. Banyaknya aplikasi yang terinstal dan juga banyaknya data yang tersimpan seperti foto, video membuat memori di smartphone kamu cepat sekali penuh.
Memori Smartphone Penuh
Nah, tentu kamu pernah melihat atau membaca tutorial Hapus cache atau file sampah, cara ini bisa kamu gunakan di smartphone Android kamu untuk “mengakali” sempitnya ruang penyimpanan yang ada. Memang, saat ini banyak smartphone yang memiliki kapasitas memori internal yang cukup besar namun kamu juga harus mengeluarkan budget yang lebih untuk memilikinya. Kamu bisa saja menambahkan microSD untuk menambahkan kapasitas memori di smartphone kamu. Namun, biasanya data dari aplikasi yang diinstal akan terpasang di memori internal, tentunya itu jadi masalah ketika kamu menginstal banyak aplikasi namun kapasitas memori internal kurang memadai.

Yang perlu kamu perhatikan yaitu smartphone dengan memori internal 64GB atau bahkan lebih kecil. Para pengguna smartphone dengan kapasitas memori internal tersebut harus sering mengosongkan sebagian ruang penyimpanan dengan membersihkan cache jika rajin menyimpan data.

Baca juga: Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Selain berguna untuk melonggarkan ruang penyimpanan, membersihkan cache juga dapat meningkatkan kinerja smartphone kamu. Apalagi caranya tidak terlalu susah, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Simak ulasan caraseobali.com berikut ini.
cara membersihkan cache di hp
Pertama silahkan buka Settings > Storage, lalu tap di setiap kategori yang terdaftar (Foto dan video, Musik dan audio, Games, Film dan TV, serta aplikasi lain). Kemudian, kamu akan melihat daftar aplikasi di setiap kategori.

Tap sekali, kamu akan melihat informasi yang berkaitan ke aplikasi tertentu. Kemudian, bersihkan memori dengan tap opsi Clear cache di bawah nama aplikasi.

Namu yang perlu kamu perhatikan, jangan mencoba untuk tap Clear storage sebab akan menghapus data yang kamu simpan di perangkat. Jadi ingat ya, tap lah Clear cache untuk menghapus cache hingga 0B.

Baca juga: Tips Menghemat Memori Android Tanpa Slot Eksternal MicroSD

Anda akan cepat terbiasa melakukan hal itu. Dengan cara ini juga, Anda bisa menghapus file sampah dari aplikasi browser, dan lagi, cara ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Mudah kan?