Cara Jitu Memperkuat Sinyal Smartphone

Sinyal jaringan yang buruk tentunya sangat menggangu komunikasi yang kita lakukan. Tidak hanya itu akses informasi dengan internet juga menjadi terganggu.

Penyebabnya biasanya terdapat gangguan dari provider yang menyediakan layanan tersebut. Selain itu faktor lokasi juga mempengaruhi dan juga faktor lainnya.

Nah, ada beberapa tips cara jitu memperkuat sinyal smartphone. Apa saja itu? Silahkan simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini.

Cara Jitu Memperkuat Sinyal Smartphone

Cara Jitu Memperkuat Sinyal Smartphone


Pakai Wi-Fi

Menariknya Wi-Fi tidak hanya jadi solusi dikala sinyal di smartphone buruk namun juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Teknologi itu disebut VoWiFi, yang mana sistem ini mirip denganVoLTE.

Cari Lokasi Lain

Cara ini kerap kali dilakukan oleh pengguna yang berada di tempat dengan jangkauan sinyal yang lemah. Sebab tidak semua daerah di Indonesia terjangkau sinyal dari provider. Jika tidak memungkinkan untuk kalian berpindah lokasi, kalian bisa mencari lokasi yang terbuka supaya mendapatkan sinyal yang lebih kuat.

Jangan Menutupi Antena Sinyal

Usahakan jangan menggunakan case tambahan yang tebal atau benda lain yang menutupi smartphone, sebab hal tersebut memungkinkan antena sinyal kesulitan menerima sinyal.

Reset Jaringan dan Restart Smartphone

Merestart smartphone merupakan salah satu cara jitu untuk mengatasi masalah jaringan yang lemah. Jika masih belum berhasil, coba lakukan reset jaringan dengan cara buka pengaturan > jaringan > cari opsi untuk mengatur ulang.

Upgrade OS

Jika memungkinkan untuk upgrade OS smartphone kalian, sebaiknya segera dilakukan. Sebab dengan upgrade OS, permasalahan pada versi OS sebelumnya sudah diperbaiki pada versi yang baru.

Pakai Provider Lain

Cara ini merupakan langkah akhir jika kalian tidak kunjung mendapatkan sinyal yang kuat. Sebab provider yang ada tidak bisa menjangkau semua lokasi terutama lokasi terpencil. Dengan mencoba menggunakan provider lain kemungkinan bisa membantu, sebab biasanya ada salah satu provider yang kualitas sinyalnya lebih bagus ketimbang provider yang lain.